A IMPLEMENTASI METODE WATERFALL PADA WEBSITE PENGINAPAN NURMEGA JAYA KOTA SUKABUMI

IMPLEMENTATION OF THE WATERFALL METHOD ON THE NURMEGA JAYA LODGING WEBSITE, SUKABUMI CITY

Authors

  • Latief Abdul Rojaq Latief Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asriyanik Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • 3Fathia Frazna Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Penginapan memberikan jasa kepada para tamu dan pengunjung agar mendapatkan kepuasan secara menyeluruh. Penginapan juga memberikan pelayanan seperti kecepatan, kecekatan, keramahan, sopan santun, dan kemudahan. Pada bisnis penginapan juga banyak yang dapat ditawarkan kepada tamu yang datang antara lain seperti pelayanan sewa kamar penginapan, rekreasi keluarga, laundry, dan pelayanan makanan, minuman.Dalam proses pengembangan website dapat dilakukan dengan beberapa metode SDLC (software development life cycle). Metode-metode SDLC diantaranya yaitu: Metode Waterfal, Iterative Model, Incremental Model, V Model, Spiral Model, Agile Model, Rapid Aplication Development, Prototyping Model, Big bang Model. kelebihan Metode Waterfall Struktur yang sederhana dan mudah dimengerti, Setiap fase memiliki dokumen dan deliverable yang jelas, Tahapan proses pengembangannya tetap (pasti), mudah diaplikasikan, dan prosesnya teratur, Software yang dikembangkan dengan metode ini biasanya menghasilkan kualitas yang baik, Dokumen pengembangan sistem sangat terorganisir, karena setiap fase harus terselesaikan dengan lengkap sebelum melangkah ke fase berikutnya. Kekurangan Pengujian dilakukan setelah fase pengembangan selesai, sehingga perubahan yang dibutuhkan mungkin sulit dan mahal. (Pricillia, T. 2021).Metode ini melakukan pendekatan secara sistematis dan berurutan, sehingga dianggap kuno tetapi paling banyak di pakai. Mengapa disebut waterfall karena harus menunggu sampai selesainya tahap sebelumnya dan berjalan secara berurutan. Sekitar tahun 1970 Winston Royce pertama kali memperkenalkan rekayasa perangkat lunak yang termasuk ke dalam model generic, metode ini lebih dikenal sebagai “Linear Sequental Model”. Untuk membangun software yang berurutan, metode klasik ini bersifat sistematis. Penulis melakukan analisis dan pengamatan terhadap proses Reservasi Penginapan di Nurmega Jaya Kota Sukabumi, sehingga penulis dapat mengetahui permasalahan yang ada di tempat tersebut dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan apa saja dalam bahan penelitian untuk membangun sebuah perangkat lunak berupa aplikasi berbasisi web ini guna menjadi pemecahan masalah yang ada. Tahapan ini dilaksanakan pada minggu ke-1 hingga minggu ke 4 di bulan Desember pada tahap ini membantu penulis untuk pengumpulan data sekaligus memudahkan dalam proses pembuatan aplikasi.Dengan menggunakan sistem aplikasi ini, Proses Reservasi Penginapan di Nurmega Jaya menjadi lebih mudah dan cepat, Dengan menggunakan sistem aplikasi ini, dapat memudahkan Resepsionis untuk mengelola informasi detail kamar yang telah terjual, Meningkatkan pelayanan kepada tamu yang datang dan memudahkan tamu saat melakukan pencarian informasi mengenai kamar yang tersedia.

References

Pratama, Y. E. (2007). Sistem Informasi Reservasi Kamar Hotel Berbasis Web Menggunakan Java Server Page. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta.

SOLIHAH, S. I., Hidayat, M., & Lestarini, D. (2021). APLIKASI RESERVASI HOTEL BERBASIS WEB PADA HOTEL MAQDIS PALEMBANG (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Hamidah, H., Rizan, O., & Wahyuningsih, D. (2019). Implementasi Aplikasi Reservasi Hotel Berbasis Mobile Application. JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), 5(3), 338-343.

Giptia, M. (2018). SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA ADMINISTRASI PADA HOTEL MANGKUTO KOTA PAYAKUMBUH BERBASIS WEB.

Andika Rahmayanti, S. (2019). LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA PT TAMARINDO NUSA HOTEL (IBIS TAMARIN).

Suhatsyah, M., & Apriyana, R. (2020). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Kamar Hotel Horizon Di Kabupaten Karimun Berbasis Web. JURNAL TIKAR, 1(1), 87-103

Nawassyarif, N., Santika, Y., & Sofya, N. D. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Reservation Hotel Berbasis Web (Studi Kasus Hotel Tambora Sumbawa). Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks), 4(2), 87-93.

Sardiarinto, S., & Andriani, A. (2015). Rancang Bangun Sistem Reservasi Hotel Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus: Hotel Bizz YOGYAKARTA. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(1), 491039.

Alfarisi, S. (2022, January). RANCANG BANGUN SISTEM APLIKASI PEMESANAN KAMAR PADA HOTEL MAHARANI. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 6, No. 1).

Kasih, J., & Suprato, G. S. (2017). Sistem Reservasi on Line dan Penerapan Metode Servqual pada Hotel TriJaya Cirebon. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 3(1).

Pricillia, T. (2021). Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD). Jurnal Bangkit Indonesia, 10(1), 6-12.

Dwanoko, Y. S. (2016). Implementasi software development life cycle (sdlc) dalam penerapan pembangunan aplikasi perangkat lunak. Jurnal Teknologi Informasi: Teori, Konsep, dan Implementasi, 7(2), 143003.

Budi, D. S., & Abijono, H. (2016). Analisis Pemilihan Penerapan Proyek Metodologi Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak. Teknika, 5(1), 24-31.

Downloads

Published

2024-04-01