Perancangan Desain UI/UX Untuk Aplikasi E-learning UMKM Manado dengan Penerapan Metode Design Thinking

Authors

  • Nurul Rizkyani Universitas Sam Ratulangi
  • Ade Yusupa Universitas Sam Ratulangi
  • Dhiva Runkat Universitas Sam Ratulangi
  • Luis Manoppo Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Di tengah perkembangan teknologi digital saat ini, penerapan e-learning muncul sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas layanan dan keterampilan UMKM. Namun, banyak aplikasi e-learning yang masih menghadapi masalah terkait desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX), yang dapat menghambat efektivitas serta kepuasan pengguna.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain UI/UX yang optimal bagi aplikasi e-learning yang ditujukan untuk UMKM di Manado, dengan mengadopsi metode Design Thinking. Proses penelitian dilakukan melalui lima tahap: empati, definisi masalah, ideasi, prototyping, dan pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain UI/UX yang mudah digunakan dan fungsional dapat meningkatkan pengalaman pengguna, mempermudah akses informasi, dan mendukung efektivitas pembelajaran.

Pendekatan ini juga memungkinkan UMKM di Manado untuk memaksimalkan potensi digital mereka, meskipun dengan keterbatasan sumber daya. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi berarti dalam membantu UMKM mengatasi tantangan digital melalui desain aplikasi yang lebih intuitif dan efektif, yang pada gilirannya berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

Kata kunci:

UMKM, e-learning, UI/UX, Design Thinking, Manado, transformasi digital, pengalaman pengguna.

 

Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) play a very important  role in the Indonesian economy, especially in creating jobs and driving regional economic growth. Amidst the current development of digital technology, the implementation of e-learning has emerged as one solution to improve the quality of services and skills of MSMEs. However, there are still many e-learning applications that face obstacles related to user interface (UI) and user experience (UX) design that can hinder user effectiveness and satisfaction.

This study aims to design an optimal UI/UX design for an e-learning application aimed at MSMEs in Manado, by adopting the Design Thinking method. The research process was carried out through five stages, namely empathy, problem definition, ideation, prototyping, and testing. The results of the study show that easy-to-use and functional UI/UX design can improve user experience, facilitate access to information, and support learning effectiveness.

This approach also allows MSMEs in Manado to maximize their digital potential, even though they have limited resources. Therefore, this study makes a significant contribution in helping MSMEs overcome digital challenges through smarter and more effective application design, which in turn has the potential to drive sustainable local economic growth.

Keywords:

UMKM, e-learning, UI/UX, Design Thinking, Manado, digital transformation, user

References

Aeni, Wiwik Akhirul, and Ade Yusupa. 2018. “Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk Sma.” Jurnal Kwangsan 6(1): 1. doi:10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.6.

Chorwanda, Axeldo, Ganggas Adyaksa, Dwi Budi Santoso, and Jeffri Alfa Razaq. 2024. “Perancangan UI / UX Aplikasi E-Learning Kampus Universitas.” 5(3): 2402–12.

Dewi, Riska Sintia, Rahmat Fauzi, and Nopendri Nopendri. 2023. “Perancangan Uiux Android Untuk Meningkatkan Kepedulian Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah Dan Lingkungan.” Rang Teknik Journal 6(2): 24–36. doi:10.31869/rtj.v6i2.3636.

Dumalang, Jovianto Marcellino, Chriestie E.J.C Montolalu, and Dodisutarma Lapihu. 2023. “Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Makanan Berbasis Mobile Pada UMKM Di Kota Manado Menggunakan Metode Design Thinking.” Jurnal Ilmiah Informatika dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM) 2(2): 41–52. doi:10.58602/jima-ilkom.v2i2.19.

Mahardika, I Gede Aditya, I Gede Juliana Eka Putra Putra, and Tiawan Tiawan. 2022. “Solusi Inovatif Dengan Pendekatan Design Thinking Untuk Menggali Potensi Ekonomi Desa (Studi Kasus Bumdes Artha Kara Mas).” Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom) 5(2): 197. doi:10.37600/tekinkom.v5i2.532.

Munthe, Asmaira, M. Yarham, and Ridwana Siregar. 2023. “Peranan UMKM Terhadap Perekonomian Indonesia.” Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi 2(3): 593–614.

Nur Wulandari, Dewi Ayu, Sunarti Sunarti, and Taat Kuspriyono. 2023. “Design UI/UX Menggunakan Metode Design Thingking Pada Website UMKM Hendz Florist Aglonema.” Jurnal Infortech 5(1): 22–29. doi:10.31294/infortech.v5i1.15376.

Prayogi, Yosef Agil, and Nina Setiyawati. 2024. “Perancangan Ui/Ux Pada Aplikasi E-Learning Umkm Salatiga Menggunakan Metode Design Thinking.” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) 9(1): 402–15. doi:10.29100/jipi.v9i1.4218.

Soedewi, Sri. 2022. “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci.” Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual 10(02): 17. doi:10.34010/visualita.v10i02.5378.

Yusupa, Ade, Agung Sutrisno, and , Bernard J. D. Sitompul. 2021. “Penyuluhan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Kota Manado.” Jurnal Lentera - Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2(2): 16–20. doi:10.57207/lentera.v2i2.25.

Downloads

Published

2025-04-28