Jibaku: Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen dan Akuntansi
https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jibaku
<div class="body"> <div class="description"> <div style="border: 2px #444F71 solid; padding: 3px; background-color: #f0ffff; text-align: left;"> <ol> <li class="show">Nama Jurnal: Jibaku: Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi</li> <li class="show">Singkatan: Jibaku</li> <li class="show">Frekuensi: January &July</li> <li class="show">ISSN: Print - | Online 2776-5865</li> <li class="show">Editor in Chief:Jaya Ramadaey Bangsa, SE., M.M</li> <li class="show">DOI: 10.35473/Jibaku</li> <li class="show">Akreditasi : -</li> <li class="show">Penerbit: Universitas Ngudi Waluyo Faculty of Economics, Law and Humanities</li> </ol> </div> <p>Jibaku: Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi is a journal of business, management, and accounting published by the Faculty of Economics, Law and Humanities, Universitas Ngudi Waluyo. Jibakua is published two times annually in January and July. We welcome mainly research-based articles concerned with business, management, and accounting studies.</p> </div> </div>en-US[email protected] (Jaya Ramadaey Bangsa)[email protected] (Eko Nur Hermansyah)Fri, 04 Oct 2024 10:07:35 +0000OJS 3.3.0.13http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Analisis pada Pelaku Bisnis dalam Rekrutmen Karyawan Marketing Digital di Kabupaten Sumenep
https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jibaku/article/view/3194
<p><em>Indonesia has entered the era of digitalization, people are starting to trade digitally. Online markets are increasingly becoming a big hope for making quick profits, switching from convenience stores to online stores is becoming commonplace for business people. This is a challenge for business people to find human resources who are able to operate computers or can make sales online or what is called digital marketing. Digital marketing is expected to be able to promote existing products in a business in the digital world with the ability to dominate the digital market. Sumenep is a city that is geographically located at the eastern tip of Madura Island. Business actors in Sumenep are starting to switch to online markets which require digital marketing in their business ventures. The results of the discussion from the interviewees can be concluded that 75% of business actors in Sumenep Regency utilize the online market by retaining old employees and conducting training, while the other 25% by recruiting new employees.</em></p> <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p>Indonesia sudah memasuki era digitalisasi, masyarakat mulai berdagang secara digital. Pasar Online semakin menjadi harapan besar untuk mendapatkan keuntungan yang cepat, peralihan dari convenience store ke toko online menjadi hal yang lumrah bagi para pelaku usaha. Hal ini menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis untuk mencari sumber daya manusia yang mampu mengoperasikan komputer atau dapat melakukan penjualan secara online atau yang disebut dengan digital marketing. Pemasaran digital diharapkan mampu mempromosikan produk yang ada pada suatu bisnis di dunia digital dengan kemampuan menguasai pasar digital. Sumenep merupakan kota yang secara geografis terletak di ujung timur Pulau Madura. Pelaku usaha di Sumenep mulai beralih ke pasar online yang membutuhkan pemasaran digital dalam usaha bisnisnya. Hasil pembahasan dari narasumber dapat disimpulkan bahwa 75% pelaku usaha di Kabupaten Sumenep memanfaatkan pasar online dengan cara mempertahankan pegawai lama dan melakukan pelatihan, sedangkan 25% lainnya dengan merekrut pegawai baru.</p>Mohammad Firlie Pranata, Nur Qoudri Wijaya, Moh. Baqir Ainun
Copyright (c) 2024
https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jibaku/article/view/3194Wed, 31 Jul 2024 00:00:00 +0000Pengaruh Pemasaran Media Sosial, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus UMKM Pengrajin Pandai Besi Kudus)
https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jibaku/article/view/3333
<p><em>Consumer purchase intention is a key factor influencing purchasing decisions in a competitive business environment. This study aims to analyze, evaluate, and identify the effects of social media marketing, price, and product quality on consumer purchase intentions in the blacksmithing SMEs in Kudus. Using quantitative techniques with a descriptive approach and a sample of 100 blacksmithing SMEs, the research findings indicate that social media marketing and product quality have a positive and significant impact on purchase intentions, while price has a negative and significant impact. Simultaneously, social media marketing, price, and product quality collectively have a positive and significant effect on consumer purchase intentions</em></p> <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p>Minat beli konsumen adalah faktor kunci yang memengaruhi keputusan pembelian dalam lingkungan bisnis yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mengidentifikasi pengaruh pemasaran media sosial, harga, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada UMKM pengrajin pandai besi di Kudus. Menggunakan teknik kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan sampel sebanyak 100 pengrajin pandai besi, hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran media sosial dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sedangkan harga memiliki pengaruh negatif dan signifikan. Secara simultan, pemasaran media sosial, harga, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.</p>Ayu Puspita Sari, Ahmad Ali
Copyright (c) 2024
https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jibaku/article/view/3333Wed, 31 Jul 2024 00:00:00 +0000Pengaruh Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Arista Mart 2 Semarang
https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jibaku/article/view/3345
<p><em>The aim of this research is to determine and explain the influence of Product Completeness and Service Quality on Consumer Satisfaction. The form of this research is quantitative research with a survey approach. This research data was obtained by distributing 100 questionnaires to respondents, regarding the Influence of Product Completeness and Service Quality on Consumer Satisfaction using a quantitative method with a sampling technique using incidental sampling. The results of this research show that (1) Product Completeness has a positive and significant effect on consumer satisfaction; (2) Service Quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction; (3) Product Completeness and Service Quality simultaneously have a positive and significant effect on consumer satisfaction.</em></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Data penelitian ini diperoleh dengan membagikan 100 kuesioner kepada responden, tentang Pengaruh Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dengan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel memakai sampling incidental. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kelengkapan Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen; (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen; (3) Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.</p>Sanniyah Apriyani, Ahmad Dwi Nurdiyanto, Hesti Ristanto
Copyright (c) 2024
https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jibaku/article/view/3345Wed, 31 Jul 2024 00:00:00 +0000Analisis Sistem Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagang dengan Penerapan Akuntansi (Studi Kasus CV Narodoji Bhranta Adyapi)
https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jibaku/article/view/3346
<p><em>In the business world, along with technological developments that will have a big influence on the economy, if a company is unable to keep up with the competition of other companies, the company will suffer undesirable things. The CV Narodoji Bhranta Adyapi company is a company that operates in the distributor sector, the company carries out performance activities in sending merchandise. Internal Control System according to the committee of sponsoring organizations, the definition of internal control is a process carried out by company directors, management and other rational employees to achieve goals. The formulation of the problem in this research is how the process of applying accounting to the internal control system for merchandise inventory is. The aim of this research is to analyze the company's internal control system for merchandise inventory.</em></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Dalam dunia usaha seiring dengan perkembangan teknologi yang akan membawa pengaruh begitu besar terhadap perekonomian, maka jika perusahaan tidak mampu mengimbangi persaingan perusahaan lain maka perusahaan akan menanggung hal yang tidak diinginkan. Perusahaan CV Narodoji Bhranta Adyapi merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang distributor, perusahaan tersebut melakukan aktivitas kinerja melakukan pengiriman barang dagang. Sistem Pengendalian Internal menurut committee of sponsoring organizations , definisi pengendalian intrtnal merupakan sebuah proses, yang dilakukan oleh direksi perusahaan, manajemen, dan pegawai lainnya yang rasional atas tercapainya tujuan. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana proses penerapan akuntansi pada sistem pengendalian internal persediaan barang dagang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem pengendalian internal persediaan barang dagang pada perusahaan.</p>Fahma Hanifah, Fitri Dwi Jayanti
Copyright (c) 2024
https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jibaku/article/view/3346Wed, 31 Jul 2024 00:00:00 +0000Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Latar Belakang Keluarga terhadap Minat Berwirausaha dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Mahasiswa FEBI UIN Salatiga)
https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jibaku/article/view/3302
<p><em>This study aims to explain the influence of entrepreneurship education and family background on entrepreneurial interest with locus of control as a moderation variable carried out in students of the Faculty of Islamic Economics and Business, State Islamic University of Salatiga. This research includes quantitative research processed using SPSS 23. The population in this study is 2,154 active students of the 2020-2022 batch. . The sample in this study uses a purposive sampling technique, namely student data that has been selected with criteria according to the research and then uses the slovin formula and a sample of 100 students is obtained. This study uses a moderated regression analysis (MRA) method. The results of the test prove that (1) Entrepreneurship education has a positive and significant effect on entrepreneurial interest; (2) Family background has a positive and significant effect on entrepreneurial interest; (3) Locus of control is not able to moderate the relationship between entrepreneurship education and entrepreneurial interest; (4) Locus of control is not able to moderate the relationship between family background and entrepreneurial interest. </em></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pendidikan kewirausahaan dan latar belakang keluarga terhadap minat berwirausaha dengan <em>locus of control </em>sebagai variabel moderasi yang dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Salatiga. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang diolah menggunakan SPSS 23. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif angkatan 2020 – 2022 sebanyak 2.154 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>purposive sampling </em>yaitu data mahasiswa yang sudah diseleksi dengan kriteria sesuai dengan penelitian kemudian menggunakan rumus slovin dan didapat sampel sebanyak 100 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode analisis moderasi atau <em>moderated regression analysis </em>(MRA). Hasil dari pengujian membuktikan bahwa (1) Pendidikan kewirausahaan berpengaruh secara positif signifikan terhadap minat berwirausaha; (2) Latar belakang keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha; (3) <em>Locus of control </em>tidak mampu memoderasi hubungan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha; (4) <em>Locus of control </em>tidak mampu memoderasi hubungan latar belakang keluarga terhadap minat berwirausaha.</p>Kirana Ramadhanti, Rina Rosia
Copyright (c) 2024
https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jibaku/article/view/3302Tue, 20 Aug 2024 00:00:00 +0000Peran Kepemimpinan dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Tenaga Kerja
https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jibaku/article/view/3420
<p><em>This study aims to highlight the importance of leadership in human resource management (HRM) and its impact on productivity, job satisfaction, and the retention of quality employees. The research focuses on understanding how leadership within the HRM context influences employee performance, the effects of leadership styles on job satisfaction, and their implications for organizational effectiveness. The methodology employed is a descriptive qualitative approach and a literature review, which aids in exploring the vital role of leadership in HRM and its impact on productivity, job satisfaction, and the retention of quality employees. The findings indicate that effective leadership in HRM can enhance productivity by providing clear direction, motivation, and appropriate support to employees. The results also reveal that leadership style significantly influences employee job satisfaction by creating a positive work environment, offering recognition, and facilitating career development. Furthermore, supportive management practices such as career development and inclusive work environments play a crucial role in retaining quality employees. The implications of this study emphasize the importance of developing effective leadership and implementing supportive management practices to enhance organizational performance and retain a competent and committed workforce.</em></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pentingnya peran kepemimpinan dalam manajemen sumber daya manusia (SDM) serta dampaknya terhadap produktivitas, kepuasan kerja, dan retensi tenaga kerja berkualitas. Fokus penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana kepemimpinan dalam konteks SDM mempengaruhi kinerja karyawan, efek gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja, dan implikasinya terhadap efektivitas organisasi. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan studi pustaka, yang membantu dalam mendalami peran vital kepemimpinan dalam SDM serta dampaknya pada produktivitas, kepuasan kerja, dan retensi tenaga kerja berkualitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan efektif dalam manajemen SDM dapat meningkatkan produktivitas dengan memberikan arahan yang jelas, motivasi, dan dukungan yang tepat kepada karyawan. Temuan juga mengungkapkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, dengan menciptakan lingkungan kerja positif, memberikan pengakuan, dan fasilitasi pengembangan karir. Selain itu, praktik manajemen yang mendukung seperti pengembangan karir dan lingkungan kerja yang inklusif berperan penting dalam mempertahankan karyawan berkualitas. Implikasi dari penelitian ini menyoroti pentingnya pengembangan kepemimpinan yang efektif dan implementasi praktik manajemen yang mendukung untuk meningkatkan kinerja organisasi dan mempertahankan tenaga kerja yang kompeten dan berkomitmen.</p>Isra Prihantini, Hilmi Maulana Setya Darmawan , Restu Damar Ichwandani, Muhammad Ma'Ruf Saifullah , Julinta Eka Ariyani, Renita Ayu Listiyani, Rahmania Argita Dwijayanti , Ferdinand Raynanta Putra , Akmal Abi Sayfan Assidiq
Copyright (c) 2024
https://jurnal.unw.ac.id/index.php/jibaku/article/view/3420Wed, 31 Jul 2024 00:00:00 +0000