ANALISIS KESALAHAN EJAAN TEKS BIOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 6 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.35473/po.v2i2.336Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan bentuk kesalahan ejaan pada teks biografi peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian yang digunakan adalah dengan cara mengklasifikasikan jenis kesalahan ejaan yang terdapat dalam teks biografi peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat catat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode agih, yang alat penentunya merupakan bagian dari bahasa itu sendiri. Teknik dasar dalam metode agih adalah teknik bagi unsur langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan ejaan teks biografi peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2018/2019 meliputi: kesalahan penggunaan huruf kapital, kesalahan penggunaan huruf miring, kesalahan penulisan kata, dan kesalahan penggunaan tanda baca.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Keraf, G. (1997). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende: Nusa Indah.
Mulyono, A. (2017). Analisis Kesalahan Konjungsi pada Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1Weleri Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Musmulyadi. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan Pada Penulisan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas VIIIA SMPN 10 Poleang Selatan. Jurnal Bastra Volume 3 Nomor 3, Desember 2016.
Nataliasari, W. D. (2014). Analisis Kesalahan Ejaan pada Surat Dinas di Balai Desa Butuh Krajan, Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sari, W. N. (2016). Analisis Kesalahan Berbahasa Teks Cerita Ulang Biografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Magetan. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Teori dan Praktik. Surakarta: Yama Pustaka.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Tarigan, H. G. (1984). Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Tarigan. (1988). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan. (1994). Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tim Penulis. (2014). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kemendikbud.
Tim Litbang Kebahasaan Genesis. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Frasa Lingua.
Toyidin. (2013). Sastra Indonesia Puisi Prosa Drama. Subang: Pustaka Bintang.
Waridah, E. (2017). Ejaan Yang Disempurnakan Edisi Terbaru. Jakarta: Bmedia.
Wibowo, I. (2016). Analisis Kesalahan Ejaan dan Kalimat dalam Teks Cerita Pendek Karya Siswa Kelas IX SMP Kanisius Kalasan Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Shanata Dharma.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License-ShareAlike 4.0 (CC-BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)