ANALISIS KESALAHAN EJAAN TEKS BIOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 6 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Sigit Prasetyo Universitas PGRI Semarang
  • Nanik Setyawati
  • Azah Nayla

DOI:

https://doi.org/10.35473/po.v2i2.336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan bentuk kesalahan ejaan pada teks biografi peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2018/2019.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian yang digunakan adalah dengan cara mengklasifikasikan jenis kesalahan ejaan yang terdapat dalam teks biografi peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat catat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode agih, yang alat penentunya merupakan bagian dari bahasa itu sendiri. Teknik dasar dalam metode agih adalah teknik bagi unsur langsung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan ejaan teks biografi peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2018/2019 meliputi: kesalahan penggunaan huruf kapital, kesalahan penggunaan huruf miring, kesalahan penulisan kata, dan kesalahan penggunaan tanda baca.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Dalman, H. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Keraf, G. (1997). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende: Nusa Indah.

Mulyono, A. (2017). Analisis Kesalahan Konjungsi pada Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1Weleri Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Musmulyadi. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan Pada Penulisan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas VIIIA SMPN 10 Poleang Selatan. Jurnal Bastra Volume 3 Nomor 3, Desember 2016.

Nataliasari, W. D. (2014). Analisis Kesalahan Ejaan pada Surat Dinas di Balai Desa Butuh Krajan, Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sari, W. N. (2016). Analisis Kesalahan Berbahasa Teks Cerita Ulang Biografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Magetan. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Teori dan Praktik. Surakarta: Yama Pustaka.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Tarigan, H. G. (1984). Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Tarigan. (1988). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan. (1994). Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Penulis. (2014). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kemendikbud.

Tim Litbang Kebahasaan Genesis. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Frasa Lingua.

Toyidin. (2013). Sastra Indonesia Puisi Prosa Drama. Subang: Pustaka Bintang.

Waridah, E. (2017). Ejaan Yang Disempurnakan Edisi Terbaru. Jakarta: Bmedia.

Wibowo, I. (2016). Analisis Kesalahan Ejaan dan Kalimat dalam Teks Cerita Pendek Karya Siswa Kelas IX SMP Kanisius Kalasan Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Shanata Dharma.

Published

2019-12-30