PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENELAAH UNSUR KEBAHASAAN TEKS DISKUSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 2 RANDUDONGKAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Rumusan masalah pada penlitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) dapat meningkatkan hasil belajar menelaah unsur kebahasaan teks diskusi dan bagaimana perubahan sikap perilaku siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Randudongkal melalui model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition). Hasil  belajar menelaah unsur kebahasaan teks diskusi diperoleh rerata kelas pada kondisi awal sebesar 70,6 dengan tingkat ketuntasan klasikal 55%. Pada siklus I, rerata kelas 74 dengan tingkat ketuntasan klasikal 65%. Pada siklus II, rerata kelas 78,6 tingkat ketuntasan klasikal 85%.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Teks Diskusi, dan Model Pembelajaran CIRC.
References
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
(1996). Pedoman Ejaan Bahasa. Jakarta: Indonesia. Pusat Pembinaan dan
Pengembangan Bahasa.
Doyin, M. (2005). Kata Baku Bahasa Indonesia. Semarang: Teras Pustaka.
Kementrian Pendidikan dan kebudayaan
Republik Indonesia. (2014). Bahasa
Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Pembukuan,
Balitbang, Kemdikbud.
Kusumaningrat, H. & Kusumaningrat, P.
(2005). Jurnalistik Teori dan Praktik.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lyman. (2001). Keunggulan Model Pembelajaran CIRC. Http://ghiffard.multiply.
com/Teknik (29 April 2009)
Marsa, A. H. (2009). Mengenal Paragraf. Jakarta: PT. Wangsa Jatra Lestari.