PENCAMPURAN WARNA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKANPENGENALAN WARNA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Pendekatan saintifik di taman Kanak-Kanak dapat dilaksanakan dengan suasana yang menyenangkan bagi anak melalui pengamatan, menanya,mengumpulkan informasi, penalaran, dan mengkomunikasikan sesuai pengetahuan anak.Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan pengetahuan warna dan ketrampilan pencampuran warna serta perubahan prilaku anak TK Negeri Sendangmulyo dengan pendekatan saintifik.Pendekatan yang digunakan penelitian ini dengan pendekatan kualitatif karena dalam penelitian ini lebih mengutamakan deskriptif analistik untuk memecahkan konsep-konsep didalamnya.Dengan mengandalkan pengamatan,peran serta ( partisipant observation ), dan wawancara pendalaman ( indeth interwiew) sebagai instrumen. “ ( Bogdan.1982:13 )
Dengan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 PAUD, hasil belajar anak mengalami peningkatan baik dalam pengetahuan dan ketrampilan anak dalam mencampur warna serta perubahan prilaku anak yang semakin antusian dalam pembelajaran mengenal warna dengan suasana yang asyik dan menyenangkan bagi anak. Sehinga dapat mencapai ketuntasan belajar anak sesuai KKM yang ditetapkan.
Kata Kunci: Saintifik, bermain, warna
References
Luluk Asmawati dkk, Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini, Univesitas Terbuka , Jakarta , 2008
Sugianto T Mayke, Bermain Mainan dan Permainan, Jakarta : Fakultas Psikologi Universitas Indonesia , 1995
UU Sisdiknas 2003, Jakarta, Sinar Grafika, 2003
Kemdikbud.2013 .Pengembangan Kurikulum 2013 ,STPPA, KI DAN KD
Kemdikbud.2013Pendekatan saintifik dalam pembelajaran
Permendiknas 146 .2014
Permendiknas 137 .2014.
Undang-undang Republik Indonesia no 20 Tahun 2003 Tentang Sisttem Pendidikan Nasional.Bandung.Citra Umbara
Merdeka Belajar Program Kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.