STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KELAS V SD N SOJOMERTO 01 KABUPATEN BATANG – INDONESIA DAN FEU ROOSEVELT COLLEGE .INC MARIKINA METRO MANILA – FILIPINA

Authors

  • Nur Septya ningrum Universitas PGRI Semarang
  • Khusnul Fajriyah Universitas PGRI Semarang
  • Kiswoyo Kiswoyo Universitas PGRI Semarang

Abstract

Media pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar ikut membantu guru memperkaya wawasan anak didik. Aneka macam bentuk dan jenis media pendidikan yang digunakan oleh guru menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi anak didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan Pengembangan Media Pop Up Book terhadap hasil belajar Tematik siswa Kelas 2 SD Negeri Sidomulyo 1. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian dan pengembangan atau research and development. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas 2 SD Negeri Sidomulyo 1. Data dalam penelitian ini didapatkan dari observasi, angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari validator ahli materi Bapak M. Yusuf Setia Wardana, M.Pd dengan jumlah nilai 30 persentase 93,75% . Validator ahli materi menyatakan bahwa media pop up book tersebut sudah memenuhi kriteria pemilihan media pembelajaran yaitu materi yang diajarkan sesuai dengan Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran. Berdasarkan hasil dari validator ahli media oleh bapak Rofian, S.Pd., M.Pd dengan jumlah nilai 37 persentase 92,5% . Validator ahli materi menyatakan bahwa media pop up book tersebut sudah memenuhi kriteria pemilihan media pembelajaran yaitu warna menarik, gambar yang digunakan sudah beragam, luwes, praktis. Dengan demikian, Pengembangan media pembelajaran Pop Up Book diterima untuk diterima untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran tematik tema pengalamanku terhadap hasil belajar siswa kelas 2 SD Negeri Sidomulyo 1


Kata Kunci: effectivitas, Pop Up Book, komparasi

Author Biography

Kiswoyo Kiswoyo, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Daryanto.(2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hartono, R. (2013). Ragam Model mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: DIVA Press.

Kustandi, C. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Safri, Meilia, Sanaky, H. AH. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2021-06-28

Issue

Section

Articles