PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE DEMONSTRASI DI TK TUNAS MEKAR II PINGIT KECAMATAN PRINGSURAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Nur Rahmawati TK Tunas Mekar Ii Pingit

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Tunas Mekar II Pingit. Penelitian ini dilakukan karena peneliti melihat kemampuan motorik halus pada anak yang belum sesuai harapan. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Kelas B TK Tunas Mekar II Pingit Kecamatan Pringsurat melalui penerapan metode demonstrasi. Sedang Manfaat yang akan diperoleh yaitu Anak-anak akan lebih aktif, kreatif, merasa senang dan kemampuan motorik halus dapat berkembang secara optimal seiring dengan tugas perkembangan yang diharapkan, Guru akan memperoleh sejumlah pengalaman baru, wawasan yang lebih mendalam tentang metode demonstrasi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan motorik halus yang dimiliki anak, serta sebagai salah satu rujukan yang tepat bagi guru apabila kelak dikemudian hari mempunyai kesulitan yang serupa atau hampir sama,bagi orang tua Sebagai tambahan wawasan baru bagi orang tua bagaimana cara membantu guru dalam mengatasi masalah yang terjadi serta membantu guru dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pada diri anak dan bagi peneliti sendiri untuk mengetahui cara menerapkan praktik langsung untuk meningkatkan kemampuan motorik halus dengan penerapan metode demonstrasi pada anak. Dalam Penelitian ini menggunakan metode Observasi dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik halus anak. Sedang metode dokumentasi digunakan untuk mendokumentasikan kegiatan maupun hasil kegiatan siswa. Pada saat dilaksanakan pengamatan dengan metode demontrasi untuk meningkatkan kemampuan motorik halus TK Tunas Mekar II Pingit dengan jumlah siswa 19 anak, Peneliti mencatat pada pra siklus yaitu 32 %. Maka dilakukan penelitian perbaikan, tujuanya untuk mengetahui peningkatan anak terhadap pengembangan motorik halus. Perbaikan dilakukan dengan PTK dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Pada pembelajaran siklus I dengan kegiatan melukis dengan benang dan finger painting dengan pewarna makanan.  Pada pembelajaran siklus II dengan kegiatan melukis dengan cat air dan finger painting dengan jenangan warna. Pada Siklus I mencapai 47 % dan Siklus II naik menjadi 79 %. Simpulan dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Tunas Mekar II Pingit.

References

Abdurrahman. (1988). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.

Acep, Y. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Familia.

Moeslichatun. (2012). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantittif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Sujiono, B. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka.

Published

2022-01-29

Issue

Section

Articles