PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMI KELAS IV SD N 3 BANJARSARI

Authors

  • Anggita Larassanti
  • Muhammad Arief Budiman
  • Ariestika Damayani

Abstract

Konteks Penelitian yang mendorong penelitian ini berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada ibu Ela Astutik, S.Pd., Guru mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IV di SD N 3 Banjarsari, beliau mengatakan bahwa proses pembelajaran online pada mata pelajaran bahasa inggris sangat berpengaruh untuk guru, siswa, dan orang tua. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pembelajaran Bahasa Inggris di masa pandemi bagi guru, siswa, orang tua dan prosesnya di SD N 3 Banjarsari? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa inggris SD N 3 Banjarsari dimasa pandemi dan pengaruh bagu guru, siswa, orang tua. Metode penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mapel Bahasa Inggris, orang tua, dan siswa kelas IV SD N 3 Banjarsari. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi, wawancara,dan angket. Hasil analisis dan pembahasan dari data yang diperoleh bahwa pengaruh proses pembelajaran online pada mata pelajaran bahasa inggris yaitu memiliki beberapa pengaruh untuk guru,siswa,dan orang tua. Pengaruh untuk guru pada proses pembelajaran daring dan luring adalah pada pembelajaran daring guru dibuat sibuk untuk menyiasati pelaksanaan pembelajaran yang efektif bagi peserta didik.  Lalu pengaruh bagi siswa pada hasil belajar yaitu nilai rata –rata pembelajaran daring dan luring didapat hasil pada pembelajaran luring nilai rata-rata siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa inggris adalah 91,selanjutnya pada nilai pembelajaran daring nilai rata- rata siswa yaitu 79,31. Lalu pengaruh bagi orang tua yaitu tugas menjadi bertambah karena harus mendampingi anak saat proses pembelajaran berlngsung. Berdasarkan hasil penelitian ini saran dapat disampaikan adalah adalah guru hendaknya dapat mengembangkan pembelajaran yang dapat membuat kondisi belajar efektif dan berinovasi,sedangkan sekolah hendaknya lebih memfasilitasi guru dalam pelaksanaan pembelajaran terutama pada pembelajaran daring, dan guru dapat memberikan motivasi kepada siswa pada saat pembelajaran agar siswa tetap memiliki semangat yang tinggi walaupun dilakukan secara daring.

References

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Ma’sumah. S. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Petahana Kabupaten Kebumen. Skripsi. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi pendekatan kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosida Karya.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakary

Poerwandari, E. K. (2005). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia (edisi.Ketiga). Depok: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suharto, B. (1997). Pendekatan dan teknik dalam proses belajar mengajar. Tarsito.

Published

2022-01-29

Issue

Section

Articles