ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI MUNTUNG TEMANGGUNG

Authors

  • Eva Nurdiana Hidayanti Universitas PGRI Semarang
  • M. Yusuf Setia Wardana Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima Artharina Universitas PGRI Semarang

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah khususnya soal cerita matematika. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas III dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah-langkah Polya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan  pemecahan  masalah matematis siswa kelas III dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah-langkah polya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara tes tertulis, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah-langkah Polya pada siswa kelas III SD N Muntung Temanggung dengan kategori “baik†dengan presentase sebesar 69%. Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kemampuan memahami masalah sebesar 80% dengan kategori baik. (2) Kemampuan merencanakan pemecahan masalah sebesar 69% dengan kategori baik. (3) Kemampuan melaksanakan rencana pemecahan masalah sebesar 67% dengan kategori baik. (4) Kemampuan memeriksa kembali jawaban sebesar 61% dengan kategori baik.

References

Aji, R. E. W., & Mahmudi, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 7(3), 46-54.

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2).

Hidayah, S. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita spldv berdasarkan langkah penyelesaian polya. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 29, pp. 182-190).

Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi bangun ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82-90.

Rahmawati, N., & Maryono, M. (2018). Pemecahan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Berdasarkan Model Polya pada Siswa Kelas VIII MTs Materi Pokok SPLDV. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 23-34.

Goenawan, R., & Harmini, S. (2017). Pemecahan masalah matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soegeng, A.Y. (2017). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Wati, R. W., & Sary, R. M. (2019, October). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 1, No. 1, pp. 378-386).

Wardana, M. Y. S., & Rifaldiyah, Y. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Pemecahan Masalah Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(1), 19-26.

Published

2022-01-29

Issue

Section

Articles