PENERAPAN MODEL PBL BERBANTU MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA IIIB SD SUPRIYADI SEMARANG

Authors

  • Wisik Agung Novanto Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Universitas PGRI Semarang
  • Karsono Karsono Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 8 kelas III SD Supriyadi Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IIIB SD Supriyadi Semarang sebanyak 27 terdiri dari 11 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Variabel bebas Model Problem Based Learning, variabel terikat partisipasi dan hasil belajar pada pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan partisipasi serta hasil belajar siswa pada tema 8 kelas IIIB SD Supriyadi Semarang. Pada prasiklus skor nilai keaktifan peserta didik sebesar 2,85. Setelah dilakukan tindakan dalam tiga siklus keaktifan siswa meningkat menjadi 3,67. Saran dari peneliti, pendidik perlu menggali dan berlatih ketrampilan bertanya tingkat tinggi yang mampu mengungkap dan menggali nilai yang ada dalam diri peserta didik serta guru harus mampu berkreativitas dalam menggunakan media yang tersedia.

References

Ali, M. & Asrori, M. (2014). Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Jannah, A. R., Rahmawati, I., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 342-350.

Muslich, M. (Ed. ). (2012). Melaksanakan PTK itu mudah ( Classrom action research) pedoman praktis bagi guru profesional. Edisi 1, Cetakan ke 6. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Safitri, F. N., Reffiane, F., & Subekti, E. E. (2020). Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Terhadap Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 492-498.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori and Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Published

2022-01-29

Issue

Section

Articles