MODEL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SMP BERDASARKAN KARAKTERISTIK LINGKUNGAN SEKOLAH

Authors

  • Nur Hidayat Universitas PGRI Semarang
  • Sudargo Sudargo Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto
  • Muniroh Munawar Universitas PGRI Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengkaji faktor-faktor yang dapat menunjang dan menghambat implementasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran di SMP Kota Semarang, 2) mengkaji karakteristik lingkungan SMP di Semarang, dan 3) mendesain model pengembangan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran di SMP berdasarkan karakteristik lingkungan sekolah. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian pengembangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa model pengembangan Pendidikan Karakter di SMP berdasarkan karakteristik lingkungan sekolah memiliki Langkah kajian karakteristik, perencanaan (kurikulum), pelaksanaan pembelajaran melalui pembiasaan, dan evaluasi proses dan hasil belajar serta refleksi. Dari implementasi juga menunjukkan adanya penumbuhan karakter siswa, yaitu sebesar 5,50%.

References

Darise, G. N. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Sebagai Solusi Alternatif Pendidikan Di Indonesia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Iqra', 13(2), 41-53.

Elfia, D. (2022). Pelaksanaan Pembinaan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Di SDN 131/IV Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Gustiranda, H., Syamsuri, S., & Purnama, S. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Budaya Sekolah di SMPN 8 Teluk Keramat Kabupaten Sambas. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 78-87.

Maulida, M., Wati, M., & An'nur, S. (2015). Pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan karakter dalam mendukung implementasi Kurikulum 2013. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 11-19.

Mukharoh, L., & Ningsih, T. (2022). Peran Lingkungan Madrasah Dalam Pembentukan Karakter Siswa MIM 2 Slinga Kaligondang Purbalingga. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(1).

Mulyasa, E. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Bumi Aksara.

Nadya, A., & Adhari, N. R. (2022). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Diradikalisasi Generasi Muda. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 6(2), 33-42.

Rahmatiani, L. (2020, September). Pendidikan kewarganegaraan sebagai pembentuk karakter bangsa. In Seminar Nasional Kewarganegaraan (Vol. 2, pp. 87-94).

Sholekhah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-6.

Yuristia, A. (2017). Keterkaitan Pendidikan, Perubahan Sosial Budaya, Modernisasi dan Pembangunan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 1(1).

Published

2022-01-29

Issue

Section

Articles