ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM SERIAL ANIMASI “NUSSA DAN RARA” KARYA ADITYA TRIANTORO

Authors

  • Hesti Ayu Lestari Universitas PGRI Semarang
  • Ikha Listyarini Universitas PGRI Semarang
  • Eka Sari Setianingsih Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai karakter pada anak-anak sekolah dasar. Dengan  hal tersebut film animasi Nussa dan Rara karya Aditya Triantoro dapat menjadi media penanaman nilai karakter pada anak sekolah dasar yang sangat kreatif dan inovatif sehingga anak tidak bosen dengan menonton film dan dapat meniru nilai karakter yang ada dalam film tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai karakter yang terdapat dalam film animasi Nussa dan Rara karya Aditya Triantoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan sumber data wawancara, dokumentasi dan simak catat. Analisis data dapat dilakukan dengan mendeskripsikan nilai karakter dalam film animasi Nussa dan Rara karya Aditya Triantoro yang meliputi nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

References

Daryanto & Darmiatun. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Devies, E. (2001). Buku Saku: Penemuan. Jakarta: Erlangga.

Martin, Y. A., Soegeng, A.Y Ysh, Listyarini, I. (2020). Analisis Nilai Karakter Pada Lirik Lagu Dalam Buku Lagu-Lagu Pilihan Ismail Marzuki. Indonesian Values and Character Education Journal, 3 (2), 55.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nuraini, C. (2019). KEDIDAKTISAN DI DALAM GENRE FIKSI ANAK “FIKSI REALISTIK†(Film Pendek Berseri Nusa dan Rara). Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(2), 141-144.

Sahlan, A. (2010). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah: Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi. UIN-Maliki Press.

Samani, M., & Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soegeng, A.Y. (2017). Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD). Bandung: Alfabeta.

Undang -Undang Republik Indonesia, Nomor 8, Perfilman Indonesia 2017.

Published

2022-01-29

Issue

Section

Articles