PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN REJOSARI 03 SEMARANG

Authors

  • Nur Azimatul Khusnah
  • Henry Januar Saputra
  • Singgih Adhi Prasetyo

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dimasa pandemi guru belum menggunakan aplikasi yang mampu berinteraksi langsung dengan siswa, sehingga siswa kurang paham akan materi yang diberikan guru saat pembelajaran dan menyebabkan nilai siswa dibawah Ketuntasan Kriteria Maksimum Belajar(KKM).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa besar pengaruh pembelajaran daring menggunakan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa. Pemilihan Metode yang digunakan desain one grup pretest-posttest design dengan Populasi penelitian siswa kelas IVA SDN Rejosari 03 Semarang. Data yang diperoleh melalui test (pretest dan postest), wawancara dan documentasi. Diperoleh nilai pretest rata-rata 61 dan nilai rata-rata posttest 80. Uji t Pretest-postest dilakukan untuk mengetahui adanya peningkatan pada hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data pada hasil belajar pretest dan posttest dengan uji-t bahwa diperoleh thitung = 6,035 > ttabel = 2,0129 dengan taraf signifikan sebesar 5%. maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan Pengaruh Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Rejosari 03 Semarang.

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

____________. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.. Jakarta: Rineka Cipta.

Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo†dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK, VI, 99–105.

Mayasari, F., Dwita, D., Jupendri, J., Jayus, J.,Nazhifah, N., Hanafi, K., & Putra, N. M. (2019).Pelatihan Efektif Media Pembelajaran Google Classroom Bagi Guru Man 2 Model Pekanbaru. JurnalPengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 18-23.

Nurhayati, A. (2017). “Penerapan STAD Berbantu Kuartet Card Dalam Mata Pelajaran IPA Materi Energi Dan Perubahan Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Wonosari Tahun Pelajaran 2016/2017â€. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI.

Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran berorientasi standard proses pendidikan. Jakarta: Kencana

Subekti, E. & Eka, S. (2019). Statistika Penelitian. Semarang:UPGRIS.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://kelembagaan.ristekdikti.go.id. Diakses pada 9 Oktober 2019.

Wicaksono, M. D. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii. INSPIRASI: JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL, 17(1).

Published

2022-01-29

Issue

Section

Articles