ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP MORAL SISWA KELAS 4 SDN UNDAAN KIDUL 01 DEMAK

Authors

  • Lu’luatuz Zuafah Universitas PGRI Semarang
  • Kiswoyo Kiswoyo Universitas PGRI Semarang
  • Ferina Agustini

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin canggih menghadirkan suatu permainan dalam suatu jaringan internet (game online). Dan saat ini game online sudah memasuki pada dunia anak, hal tersebut dapat dilihat dari maraknya siswa sekolah dasar yang menggunakan game online. Kegiatan bermain  Game online tentunya memberikan suatu dampak tersendiri bagi penggunanya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana tingkat kecanduan dalam bermain game online dan untuk mendeskripsikan dampak game online  terhadap moral siswa pada siswa kelas 4 SDN Undaan Kidul 01 Demak. Jenis penelitian ini kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner/angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kecenderungan untuk bermain game online dengan perolehan terbanyak 85% atau 17 siswa ketagihan game online dan 70% atau 14 siswa siswa yang semakin hari semakin lama untuk bermain game online. Tingkat kecanduan siswa dalam bermain game online yaitu rata-rata setiap hari dalam seminggu dengan persentase terbanyak diperoleh 60%, dan rata-rata 5 jam lebih dalam sehari dengan presentase terbanyak diperoleh 55%. Dan dalam bermain game online terdapat dampak terhadap moral siswa. Dimana lebih banyak didapatkan dampak negatif daripada dampak positif. Adapun dampak positifnya yaitu siswa dapat berpengalaman dan memiliki keterampilan dalam bidang ilmu teknologi dan dapat dijadikan sebagai hiburan untuk siswa. Sedangkan dampak negatifnya yaitu tingkat emosional siswa meningkat dan sulit terkontrol, siswa menjadi lupa waktu, siswa suka minta uang keperluan untuk game online, siswa menjadi suka berbohong (tidak jujur), siswa kurang peduli dengan lingkungan sekitar, mengganggu kesehatan siswa, dan siswa menjadi pemalas dan sering mengabaikan kegiatan penting lainnya.

References

Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran guru dalam mengatasi kecanduan game online. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1).

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 120-123.

Budiningsih, C. A. (2013). Pembelajaran Moral. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hasanah, E. (2019). Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Kohlberg. JIPSINDO, Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(2), 131-145.

Kustiawan, A. A., & Andy, W. B. (2019). Jangan Suka Game Online Pengaruh Game Online dan Tindakan Pencegahan. Magetan: CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Mertika M., & Mariana, D. (2020). Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar. Journal of Education Review and Research, 3(2), 99-104.

Nurlaela. (2017). Dampak Game Online Terhadap Moral Anak di Desa Maili Kecamatan Maili Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Toemalebbi, (1), 93-104.

Soegeng Ysh, A. Y. (2017). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, I., Arrosyid, H., Ramadhanti, W., & Utami, R. D. (2019).

Ketergantungan Game Online terhadap Perubahan Perilaku Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of The URECOL, 306-310.

Published

2022-01-29

Issue

Section

Articles