ANALISIS MANFAAT PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BAHASA INGGRIS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA

Authors

  • Septiana Puji Wahyuningsih Universitas PGRI Semarang

Abstract

Saat ini pandemi covid-19 telah menghambat proses pembelajaran secara tatapmuka di sekolah, untuk mengurangi hambatan tersebut pembelajaran secara online menjadi suatu cara yang dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk mengatasi masalah tersebut. Menjelaskan sebuah materi membutuhkan pendalaman yang lebih dalam, terutama dalam pembelajaran bahasa Inggris. Diwaktu pandemi covid-19 saat ini banyak guru yang memanfaatkan media pembelajaran untuk digunakan dalam pertemuan jarak jauh yaitu dengan cara pembelajaran secara online. Pemanfaatan media dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, meningkatkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan berpengaruh secara psikologis kepada siswa (Hamalik, 1986; Budiman dkk, 2020; Safitri dkk, 2019). Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara  membuat siswa memahami materi bahasa Inggris melalui pemanfaatan media pembelajaran Youtube, untuk mengetahui media pembelajaran youtube bermanfaat terhadap pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Menurut Sugiyono (2012:15) Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan trianggulasi,analisis data bersifat induktif/kualitatif dan hasil penelitian menekankan makna dari pada generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti pembelajaran bahasa Inggris berlangsung dalam  tiga tahap yaitu pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pemanfaatan youtube terjadi pada tahap kegiatan inti, pada tahap kegiatan inti peneliti menyampaikan materi pembelajaran bahasa Inggris dengan memanfaatkan  media youtube melalui zoom, video pembelajaran bahasa Inggris yang ditayangkan dalam pembelajaran bahasa inggris tentang materi “Toysâ€. Pemanfaatan media pembelajaran youtube dalam pembelajaran online bahasa Inggris dikelas II SDN Mojoagung 01 menunjukkan bahwa media youtube memiliki manfaat terhadap pemahaman siswa.

References

Anggraeni,D K. (2021). Peran Aplikasi Youtube Dalam Menunjang Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Era New Normal. http://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/105, Diakses 20 Mei 2021.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta:Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Budiman, M. A. (2017). The Role of Technology (Social Media) in Exploration Study Lesson at Elementary School Teacher Education Program. Proceeding Learning Technologies In Education: Issues And Trends, 18.

Budiman, M. A., Widyaningrum, A., &Azizah, M. (2020). Song Media For Improving Spelling Learning Of Student Primary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4).

Hamalik, O. (2003). Media Pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti

Handayani, D. (2020). â€Pemanfaatan YouTube Pada Saat pandemi Covid-19 Untuk Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Meningkatan Vocabulary Dan Pemahaman Siswaâ€http://jupendik.or.id/index.php/jupendik/article/view/33/18. Diakses pada 5 November 2020 pukul 15.35.

Munadi,Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Ratminingsih, N. M. (2017). Metode Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: Rajawali Pers.

Safitri, A. Z., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A.

(2019). Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Question Card untuk Meningkatkan Pemahaman Tema Kayanya Negeriku. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 281-288.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2022-01-29

Issue

Section

Articles