DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU JEPANG DALAM PLAYLIST APLIKASI STREAMING MUSIK SPOTIFY “CITY POP ˈ80S”

Authors

  • Cherrylia Septa Makadolang Universitas Ngudi Waluyo
  • Umi Handayani Universitas Ngudi Waluyo

Abstract

Lirik lagu merupakan salah satu karya sastra sejenis puisi yang memiliki nilai estetika yang ditampilkan lewat penggunaan diksi dan gaya bahasa yang ada di dalamnya. Untuk menganalisis penggunaan diksi dan gaya bahasa pada teks sastra yang dalam hal ini adalah lirik lagu, teori yang digunakan adalah teori stilistika yaitu pendekatan untuk mengkaji pemakaian unsur-unsur bahasa lewat sudut pandang linguistik pada suatu karya sastra. Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan diksi yang bermakna konotasi dan denotasi serta gaya bahasa pada lirik lagu Jepang pada media pemutar musik, spotify tepatnya yang terdapat dalam playlist “City Pop '80s†yang berisi lagu-lagu Jepang bergenre City Pop yang dirilis dan populer di era 1980-an. Tahap penelitian diawali dengan menentukan sumber data berupa delapan lirik lagu pilihan lewat teknik simak-catat kemudian dilanjutkan dengan tahap penyajian data dalam bentuk tabel data yang berisi diksi pada lirik lagu orisinal  yang diasumsikan mengandung diksi dan gaya bahasa. Selanjutnya pada tahap analisis data dilakukan dengan cara mentranskip lirik lagu dan mengamati bagian dari lirik lagu tersebut, kata per kata, kalimat per kalimat, kemudian bait per bait yang mengandung diksi dan gaya bahasa sesuai dengan ciri-ciri, kategori dan jenisnya kemudian menginterpretasikan hasil temuan dari analisis data berdasarkan landasan teori tentang diksi dan gaya bahasa. Hasil dari penelitian ini ditemukan pada kedelapan lirik lagu pilihan berupa diksi bermakna denotasi sebanyak 2 data dan bermakna konotasi sebanyak 8 data, kemudian gaya bahasa anafora sebanyak 2 data, antitesis sebanyak 1 data,, hiperbola sebanyak 1 data, metafora sebanyak 4, metonimia sebanyak 1 data, personifikasi sebanyak 6 data, repetisi sebanyak 1 data, simile sebanyak 3 data, dan sinestesia sebanyak 1 data.

Kata Kunci: diksi , gaya bahasa, stilistika, lirik lagu, city pop

References

Semi, M. A. (1993). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa

Atmazaki. (2007). Ilmu Sastra: Teori Dan Terapan. Padang: UNP Press.

Discogs - Music Database and Marketplace. â“’2022 https://www.discogs.com(Diakses pada Juni 2022)

Endraswara, S. (2003). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Goo 辞書 Online Dictionary. https://dictionary.goo.ne.jp/ (Diakses pada Mei 2022)

Kamus Besar bahasa Indonesia. (2016). KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kamus (Diakses pada Maret 2022)

Lyric Translation.â“’2022. https://lyricstranslate.com/ (Diakses pada Januari 2022)

Moeliono, A. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Seto, Ken-ichi. (2015). Nihongo No Retorikku. Japan : Inawami

Spotify®. City Pop '80s (Playlist). ⓒ2022 https://open.spotify.com/playlist/37i9dQZF1DWW28hvtiO3j9 (diakses pada Januari 2022)

Winarso, Bambang. (2016). Berkenalan dengan Layanan Streaming Musik, Spotify. https://dailysocial.id/post/apa-itu-spotify. (Diakses pada 3 Februari 2022)

Published

2022-11-04