ANALISA TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM MANGA : NEW GAME! Vol. 1-2

Authors

  • Adhitia Putra Perdana Santoso Universitas Ngudi Waluyo
  • Teguh Santoso Santoso Universitas Ngudi Waluyo

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial, selalu berkomunikasi saat berinteraksi dan menjalin hubungan dengan manusia lain. Tujuan dari berkomunikasi selain untuk berinteraksi yang akhirnya menghasilkan sebuah peristiwa tutur. Tindak tutur selalu hadir dalam kehidupan sosial masyarakat, seperti saat bersama anggota keluarga, teman, ataupun orang lain. Peristiwa tutur masuk dalam kajian tindak tutur direktif tutur. Salah satu jenis tindak tutur adalah tindak tutur ilokusi direktif, yaitu penutur meminta mitra tutur melakukan sesuatu.

Tujuan penelitian ini adalah yang pertama menjelaskan jenis tindak tutur ilokusi direktif dalam manga: New Game! Vol. 1-2 dan yang kedua menjelaskan makna dari tindak tutur ilokusi direktif tersebut. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut menggunakan kajian pragmatik Searle, teori Namatame. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.

Hasil penelitian rumusan masalah adalah terdapat 5 jenis tindak tutur direktif yaitu perintah やるように, permintaan 持っていかないでくださいよ, larangan 無理しないでね, izin 質問してもいいですかdan anjuran 聞いてあげたほうがいい.



Downloads

Published

2023-04-18

Issue

Section

Articles