PERSEPSI MASYARAKAT SEMARANG TERHADAP MASAKAN JEPANG
Abstract
Masyarakat konsumsi adalah masyarakat yang memiliki kebiasaan yang konsumtif terhadap barang. Hal ini, dikarenakan konsumsi merupakan kegiatan yang lazim dilakukan untuk kebutuhan hidup. Masyarakat konsumsi ini merupakan target dari negara yang telah menerapkan soft power. Soft power adalah kemampuan untuk menarik perhatian dan mempengaruhi negara lain demi mencapai tujuan untuk mendapatkan keuntungan secara politik dan ekonomi dengan cara lunak melalui budaya. Salah satu bentuk penerapannya yaitu gastrodiplomasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola konsumsi masyarakat di kota Semarang melalui masakan Jepang di warung Wasabi kota Semarang provinsi Jawa Tengah. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu ditemukannya pola konsumsi masyarakat terhadap masakan Jepang di warung Wasabi kota Semarang sebagian besar masuk ke dalam kategori style atau trend.