KELOGISAN BAHASA YANG TERDAPAT PADA KALIMAT IMPERATIF DI KALANGAN MAHASISWA

Authors

  • Muhamad Ainurrifqi Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak penggunaan ketidaklogisan bahasa dalam kalimat imperatif percakapan sehari-hari dikalangan mahasiswa dan untuk mendiskripsikan kelogisan dan ketidaklogisan bahasa dalam kalimat imperatif pada percakapan sehari-hari dikalangan mahasiswa.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi dengan teknik analisis isi. Peneliti akan melakukan observasi terhadap percakapan sehari-hari dikalangan mahasiswa dengan cara mengamati pembicaraan tentang kalimat perintah yang sering diucapkan dikalangan mahasiswa sehari-hari. Setelah data terkumpul, data dianalisis satu per satu lalu data disajikan dalam bentuk deskripsi secara lugas. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa ketidak logisan dalam kalimat imperatif masih sering terjadi di kalangan mahasiswa. Melalui penelitian ini diharapkan permasalahan ketidak logisan dalam kalimat imperatif dapat diperbaiki dengan adanya kesadaran untuk berbahasa yang baik dan sesuai aturan.

Kata Kunci: bahasa, imperatif, kalimat, kelogisan, mahasiswa

Author Biography

Muhamad Ainurrifqi, Universitas PGRI Semarang

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Amilia, F. (2013). Kelogisan Penamaan Bab dalam Karya Ilmiah. Seminar Nasional dan Launching ADOBSI .

Izhar, I. (2015). Pengungkapan Makna Imperatif dalam Komunikasi Jual Beli. JURNAL PESONA, 1(2).

Jubei, S. (2016). Kelogisan Bahasa: Sebuah Fenomena yang Terabaikan. DEIKSIS, 8(02), 111-121.

Lihwangsium, P. Y. A. (2014). Kelogisan Gagasan Pada Kalimat Dalam Karangan Siswa Kelas Ix A SMP Al–Islam Kartasura (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Malik, A. K. (2011). Jenin-Jenin Kalimat. Modul 3

Trismanto, M. (2010). Berbahasa Dengan Logika. Jurnal Ilmiah , 47

Rahardi, K. R. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Published

2021-01-14

Issue

Section

Articles