Penerapan Yoga Anak untuk Anak Pra Sekolah
Keywords:
Yoga for Kids, preschoolAbstract
The growth and development is a process which experienced by the individuals since its fetus untill adult. Yoga or meditation is a alternative way which can stimulate the rough motor skills that kids can obtain good growth and development. The purpose of this research is to introduce Yoga for kids to people furthermore they can give the stimulation that kids can get good of growth and development. The respondents in this research who participate are Ten mother-children which age four until six years old from East Java, Central Borneo, Jambi and Lampung. The implementation of this research used education provision and Yoga online training by WhatsApp methods. Media used in this research were PowerPoint Presentation which to healt elucidation and videos for Yoga training for kids. Implementation of this research was consist of pre-test, material delivered and post-test. The result of this research showed that in pre-test Eight out of Ten Mom’s respondents had no experience before about kids for yoga. As far as gave an elucidation and training about Yoga for kids, the result showed all the respondents have a good knowledge with Yoga for kids. The respondents were actively involved and very enthusiastic as long as the implementation. Based on the research could be concluded that knowledge were highly increased which quite significant in respondents after the health elucidation by using PowerPoint Presentations as the media also there were an increasing ability of the parents when they practiced the movements of Yoga for kids after the training given before by using video as the media.
Abtsrak
Tumbuh kembang merupakan suatu proses yang dialami oleh individu dari janin hingga dewasa. Yoga atau meditasi merupakan suatu cara alternatif yang dapat menstimulasi motorik kasar sehingga anak dapat memperoleh tumbuh kembang yang baik. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memperkenalkan yoga anak kepada masyarakat terutama ibu yang mempunyai balita agar ibu dapat memberikan stimulasi untuk anaknya sehingga dapat mengoptimlakan tumbuh kembang anak. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah 10 ibu dan anak usia 4–6 tahun yang berasal dari Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Jambi, dan Lampung. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode pemberian pendidikan dan pelatihan yoga berbasis daring melalui aplikasi WhatsApp. Media yang digunakan video berupa video materi dan dan video untuk pelatihan yoga anak. Pelaksanaan penelitian terdiri dari pretest, penyampaian materi, diskusi, dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest diperoleh hasil 8 dari 10 orang tua memiliki pengetahuan yang kurang terhadap yoga anak. Setelah diberikan informasi dan pelatihan yoga untuk anak, didapatkan hasil bahwa seluruh responden memiliki pengetahuan yang baik tentang yoga pada anak. Responden terlibat aktif dan memiliki antusiasme tinggi selama pelaksanaan. Berdasarkan hasil pengabdian kepada masyarakat dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan ketrampilan pose yoga pada anak setelah diberikan pendidikan kesehatan menggunakan media video.
References
Harliana, 2019. Penerapan Yoga Dalam Menstimulasi Kemampuan Disiplin Anak Usia Dini.
Fauziah. 2012. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Pengaruh Nutrisi Prakonsepsi,Terhadap Tingkat Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Konsumsi Makanan Sehat Wanita Pranikah.
Kinasih AS.(2010). Pengaruh Latihan Yoga Terhadap peningkatan Kualitas Hidup. Jurnal Psikologi.
Maulana, H.D.J. (2009). Promosi kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran : EGC.
Mustafa, M.I., M Chodzirin dan L Sayekti (2019) Formulasi Model Perkuliahan Daring
Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Jurnal of Information Technology Vol1, No 2
Notoatmodjo S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta : 10-18.
……………… 2005. Promosi Kesehatan. PT. Bhineka Cipta. Jakarta
Patmonodewo S. 2008. Pendidikan anak pra sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Safari, Triantoro & Saputra, Eka Nofrans, 2012. Manajemen Emosi Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif Dalam Hidup Anda. Jakarta : Titik PT Bumi Aksara.
Widyastuti Maria & Agnesia Christina, 2020. Upaya Memaksimalkan Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Universitas Katolik Darma Cendika.
Widya Sena, I. G. M. (2018). Kinesiologi Yoga Asanas (Kunci Kebahagiaan Tubuh, Pikiran Dan Jiwa). Jurnal Yoga Dan Kesehatan, 1(Kinesiologi yoga), 15–21.
Wirayasa MA. (2010). Yoga Untuk Anak. Bali Yoga Teacher edisi 13 Juli 2010. Bali: Penerbit Yayasan Bali India Fondation.
Zuhdy T, 2011. Karakteristik dan Pemilihan Media Pembelajaran dalam E-Learning. Cendekia Vol. 9 No. 2 Juli–Desember 2011.