Peningkatan Konsentrasi Belajar dengan Yoga Anak

Authors

  • Maria Skolastika Kobesi Universitas Ngudi Waluyo
  • Kartika Sari Universitas Ngudi Waluyo
  • Ari Andayani Universitas Ngudi Waluyo
  • Silvia Devi Anggraeni Universitas Ngudi Waluyo
  • Yunita Eka Saputri Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Children’s yoga

Abstract

The biggest challenge for children with the pandemic is the growing risk that affects the development of cognitive, behavioral and emotional abilities and even experiences physical danger that can result in a decrease or delay in overall growth and development, so that it can affect children's lives in the future. Obstacles that are often faced by parents in the learning period at home are related to the concentration of children's learning because the home environment and teaching materials are often not controlled by parents. Many methods are currently being used to increase the concentration of learning in children, one of which is by using children's yoga. Yoga is an activity that directs a person to concentrate, regulate breath, calm the mind, with certain poses. The purpose of this community service is to help increase the concentration of children's learning at home during the pandemic with the children's yoga method. This activity consists of 3 stages, namely stage 1 providing material, stage 2 video playback and online mentoring of children's yoga practice practices, and stage 3 evaluating the application of children's yoga. The success of yoga counseling activities in overcoming children's learning concentration difficulties is strongly influenced by the willingness of participants to listen to the material to be understood and the availability of participants in trying to apply it in their daily lives. This yoga counseling activity in overcoming children's learning difficulties is carried out by children aged 6-12 years or elementary school age by listening to the material and asking questions and evaluating activities. After evaluating the counseling activities about yoga in overcoming learning concentration in children aged 6-12 years, the participants seemed to already know yoga movements that can be used to overcome learning concentration in elementary school-aged children.

Abstrak

Tantangan terbesar pada anak dengan adanya pandemi adalah tumbuhnya risiko yang berpengaruh pada perkembangan kemampuan kognitif, perilaku dan emosional bahkan juga mengalami bahaya fisik yang dapat mengakibatkan penurunan atau keterlambatan tumbuh kembang secara keseluruhan, sehingga dapat mempengaruhi kehidupan anak di masa depan. Kendala yang sering dihadapi orang tua dalam masa pembelajaran di rumah adalah berkaitan dengan konsentasi belajar anak karena lingkungan rumah dan materi ajar sering kali tidak dikuasai orang tua. Banyak metode yang dilakukan sekarang ini untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak salah satunya dengan menggunakan yoga anak. Yoga adalah sebuah aktivitas yang mengarahkan seseorang untuk berkonsentrasi, mengatur nafas, menenangkan pikiran, dengan pose-pose tertentu. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu meningkatkan konsentrasi belajar anak di rumah pada masa pandemi dengan metode yoga anak. Kegiatan ini terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap 1 pemberian materi, tahap 2 pemutaran video dan pendampingan praktek gerakan yoga anak bersama secara daring, dan tahap 3 evaluasi penerapan yoga anak. Keberhasilan kegiatan penyuluhan yoga dalam mengatasi kesulitan konsentrasi belajar anak ini sangat dipengaruhi oleh kebersediaannya peserta dalam menyimak materi untuk dipahami dan ketersediaannya peserta dalam mencoba menerapkannya dalam kesehariannya. Kegiatan penyuluhan yoga dalam mengatasi kesulitan belajar anak ini dilakukan oleh anak-anak usia 6-12 tahun atau usia sekolah dasar dengan menyimak materi dan tanya jawab serta melakukan evaluasi kegiatan. Setelah dilakukannya evaluasi kegiatan penyuluhan tentang yoga dalam mengatasi konsentrasi belajar pada anak usia 6-12 tahun tersebut, peserta tampak sudah mengetahui gerakan-gerakan yoga yang dapat digunakan dalam mengatasi konsentrasi belajar pada anak usia sekolah dasar.

References

Chotimah, husnul. (2017). Pengaruh terapi yoga terhadap Konsentrasi Belajar Siswa.

Eliyyil Akbar. (2020).Anak Usia Dini Bersahabat Dengan COVID-19 diakses jatim times 18 april 2020.

Ketut Gunarta. (2017). Implementasi pembelajaran Yoga dalam meningkatkan konsentrasi belajar di sekolah Dasar Negeri 1 Sumatera.

Komitor, J.B., & Adamson, E.(2015). The Complete Idiot’s Guide to Yoga with Kids. USA: Alpha Books.

Maryanto, Sugeng, dkk..(2020). Buku Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat. LPPM Universitas Ngudi Waluyo Semarang

Ni Putu Erlina.(2018), Yoga Asanas Sebagai Penunjang Konsentras Belajar Siswa, Jurnal yoga dan kesehatan Volume 1 no 2 September 2018hal 166-171.

Wirmayani, P, Supriyadi. (2017). Pengaruh Yoga Terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak Sd Negeri Di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana

Downloads

Published

2021-08-17