Peningkatan Konsentrasi Belajar dengan Yoga Anak

Authors

  • Fitria Primi A Universitas Ngudi Waluyo
  • Angrelinge Oksindyo Universitas Ngudi Waluyo
  • Siti Suwarsih Universitas Ngudi Waluyo
  • Sulistya Darma Universitas Ngudi Waluyo
  • Selfi Oktasida Universitas Ngudi Waluyo
  • Yusriani Al H Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Yoga Anak, Konsentarasi belajar anak, orang tua

Abstract

The Covid-19 pandemic does not only affect adults. Even children don't escape this problem. The obstacles that parents often face during the learning period at home are related to the children's learning concentration because the home environment and teaching materials are often not controlled by the parents. Many methods are currently being used to increase learning concentration in children, one of which is by using child yoga. Child yoga is a technique that allows children to concentrate on learning which is specifically applied by parents in parenting. The purpose of community service is to help increase the concentration of children's learning at home during the pandemic with child yoga methods. This activity consists of 3 stages, namely stage 1, measuring the concentration of learning, stage 2, providing application assistance material and stage 3 evaluating the application of children's yoga. Initial results when given the questionnaire showed that the concentration level of children in the Kemantren Village (15 respondents) for the good concentration category was 36% while those who concentrated sufficiently were 64%. The companion implementation was carried out for one week with the results of the evaluation, namely that there was a concentration of children's learning that concentrated well by 68. % while those who concentrate enough are 32%. The conclusion from this community service is that the children's yoga method can be applied by parents to increase learning concentration in children.

 

Abstrak

Pandemi  Covid-19 tidak hanya berdampak pada orang dewasa. Anak-anak pun tidak luput dari masalah ini. Kendala  yang sering dihadapi orang tua dalam masa pembelajaran di rumah adalah berkaitan dengan konsentasi belajar anak karena lingkungan rumah dan materi ajar sering kali tidak dikuasai orang tua. Banyak metode yang dilakukan sekarang ini untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak salah satunya dengan menggunakan yoga anak. Yoga anak  adalah teknik yang membuat anak bisa konsentrasi dalam belajar yang secara khusus diterapkan oleh orang tua dalam mengasuh anak. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu meningkatkan konsentrasi belajar anak di rumah pada masa pandemi dengan metode yoga anak. Kegiatan ini terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap 1 pengukuran konsentarasi belajar tahap 2 pemberian materi pendampingan penerapan dan tahap 3 evaluasi penerapan yoga anak. Hasil awal saat diberikan kuisoner menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi pada anak-anak di Desa Kemantren (15 responden) untuk kategori berkonsentrasi baik sebesar 36 % sedangkan yang berkonsentrasi cukup  sebesar 64%. Pendamping penerapan dilakukan selama satu minggu dengan hasil evaluasi yaitu terjadi pada konsentrasi belajar anak berkonsentrasi baik sebesar 68 . % sedangkan yang berkonsentrasi cukup  sebesar 32 %. Kesimpulan dari pengabdian masyarakat ini bahwa metode yoga anak dapat diterapkan orangtuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada anak.

Author Biographies

Fitria Primi A, Universitas Ngudi Waluyo

Kebidanan Program Sarjana

Angrelinge Oksindyo, Universitas Ngudi Waluyo

Kebidanan Program Sarjana

Siti Suwarsih, Universitas Ngudi Waluyo

Kebidanan Program Sarjana

Sulistya Darma, Universitas Ngudi Waluyo

Kebidanan Program Sarjana

Selfi Oktasida, Universitas Ngudi Waluyo

Kebidanan Program Sarjana

Yusriani Al H, Universitas Ngudi Waluyo

Kebidanan Program Sarjana

References

Chotimah, husnul (2017),Pengaruh terapi yoga terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Smpn 25 kelas vii-viii malang. undergraduate (s1) thesis, university of muhammadiyah Malang.

Dedi rahma. (2020), Cara Meningkatkan Konsentrasi Anak Saat Belajar dari Rumah, digital network marketing.

Eliyyil Akbar, (2020),Anak Usia Dini Bersahabat Dengan COVID-19 diakses jatim times 18 april 2020.

Haggen Ingunn, Nayar Usya s, (2014), Yoga for children and young people’s mental health and well- being: research review and reflections on the mental health potentials of yoga.

Harlina,(2019), Penerapan Yoga Dalam Menstimulasi Kemampuan Disiplin Anak Usia Dini, jurnal pg-paud fkip universitas sriwijaya, Volume 6 Nomor 2 (2019) Halaman 130- 135.

Komitor, J.B., & Adamson, E. (2015). The Complete Idiot’s Guide to Yoga with Kids. USA: Alpha Books.

Ni Putu Erlina, (2018), Yoga Asanas Sebagai Penunjang Konsentrasibelajar Siswa, Jurnal yoga dan kesehatan Volume 1 no 2 September 2018hal 166-171.

Sahasi, G. (2015). A Replicated Study on he Effect of Yoga on Cognitive Functions. Indian Psychological Review, 27 (1-4), 33-35.

Sugesti hesti, Amrullojh jaidul f, Natalia veronika, (2017), Gambaran faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar anak, di smspn 45 bandung 2017, stikes darma husada bandung.

Wirmayani putu, Supriyadi, (2017),Pengaruh yoga terhadap kemempuan konsentrasi belajar anak SD Negri Denpasar, jurnal psikologi udayana vol 4 no 2 2017 460-473 Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Udayana.

Published

2020-08-11