Kesulitan Belajar Menggambar Proporsi Tubuh Wanita Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Ilustrasi Mode Pada Mahasiswa Desain Fashion Universitas Ngudi Waluyo

Authors

  • RIKA APRILIYANI Universitas Ngudi Waluyo

Abstract

ABSTRACT

 

Fashion design has now become one of the primary needs for human life, apart from protecting, its nature can also support daily appearance and all activities and activities in it. Not only is it a necessity, fashion design is now a science that is loved by people many young people, including the city of Semarang, is known for its storehouse of creative design works, especially in the aspect of fashion design which is mushrooming everywhere. Created with the aim of meeting consumer needs for art products, design also has branches.

A fashion designer is required to master body proportions. Anatomical drawings can help in realizing designs requested by consumers. Designs that are outlined in body proportions will look beautiful and attractive and the details are clear because they match the anatomy of the human body. The comparison of each part of the clothing and the size of the model drawn in proportion will be easy for other people to understand.

Kata kunci: Menggambar proporsi tubuh manusia, ilustrasi mode

Abstrak

       Desain fashion kini telah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi kehidupan manusia, selain melindungi, sifatnya juga dapat menunjang penampilan sehari-hari dan segala kegiatan maupun aktivitas di dalamnya. Bukan hanya menjadi salah satu kebutuhan, desain fashion pun kini merupakan ilmu yang telah digandrungi oleh banyak kalangan anak muda, tidak terkecuali untuk kota Semarang yang memang dikenal dengan gudangnya kreativitas karya-karya desain, terutama pada aspek desain fashion-nya yang menjamur di mana-mana. Diciptakan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan produk seni, desain pun memiliki cabang-cabang.

      Seorang desainer busana sangat dituntut untuk menguasai gambar proporsi tubuh. Gambar anatomi dapat membantu dalam mewujudkan desain yang diminta oleh konsumen. Desain yang dituangkan dalam proporsi tubuh akan tampak indah dan menarik serta jelas detailnya karena sesuai dengan anatomi tubuh manusia. Perbandingan pada setiap bagian busana serta ukuran modelnya yang digambar pada proporsi akan mudah dipahami oleh orang lain.

 

Downloads

Published

2024-07-02

Issue

Section

Articles