Perkembangan Kreativitas Anak Selama Belajar Dari Rumah (BDR) di Taman Kanak-Kanak Ikal Iqra’ DWP Kota Padang

Authors

  • Dinda Kurnia Putri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1243

Keywords:

Perkembangan Kreativitas, Belajar Dari Rumah (BDR)

Abstract

Usia dini merupakan masa dimana aspek-aspek perkembangan pada anak mesti harus distimulasi dengan optimal. Salah satu aspek perkembangan pada anak usia dini yang harus distimulasi adalah aspek perkembangan kreativitas anak usia dini. Perkembangan kreativitas pada anak usia dini mesti dikembangkan dengan baik hal ini karena pengmbangan krativitas anak usia dini berhubungan dengan pengembangan ide serta gagasan anak dan juga imajinasi anak usia dini. Dikarena wabah pandemik covid-19 proses pembelajaran yang awalnya tatap muka dirubah menjadi proses Belajar dari Rumah (BDR).  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pemerolehan datanya didiapatkan mellaui proses observasi, wawancara serta adanya dokumentasi sebagai adanya penelitian. Perkembangan krativiatas anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Ikal Iqra’ DWP Perum Buloq Kota Padang ini anak berkembangan kreativitasnya dengan baik meski hanya dengan proses pembelajaran yang dialakukan melalui belajar dari rumah. Anak tetap  berkembangan dengan baik hal ini dikarena guru dengan orang tua berkerjasama untuk tetap mengembangkan kreativitas anak menginggat pentingnya pengembangan kreativias anak sejak usia dini.

Author Biography

Dinda Kurnia Putri, Universitas Negeri Padang

Usia dini merupakan masa dimana aspek-aspek perkembangan pada anak mesti harus distimulasi dengan optimal. Salah satu aspek perkembangan pada anak usia dini yang harus distimulasi adalah aspek perkembangan kreativitas anak usia dini. Perkembangan kreativitas pada anak usia dini mesti dikembangkan dengan baik hal ini karena pengmbangan krativitas anak usia dini berhubungan dengan pengembangan ide serta gagasan anak dan juga imajinasi anak usia dini. Dikarena wabah pandemik covid-19 proses pembelajaran yang awalnya tatap muka dirubah menjadi proses Belajar dari Rumah (BDR). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pemerolehan datanya didiapatkan mellaui proses observasi, wawancara serta adanya dokumentasi sebagai adanya penelitian. Perkembangan krativiatas anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Ikal Iqra’ DWP Perum Buloq Kota Padang ini anak berkembangan kreativitasnya dengan baik meski hanya dengan proses pembelajaran yang dialakukan melalui belajar dari rumah. Anak tetap berkembangan dengan baik hal ini dikarena guru dengan orang tua berkerjasama untuk tetap mengembangkan kreativitas anak menginggat pentingnya pengembangan kreativias anak sejak usia dini.

References

Jurnal:

Puspitasari, Biverly. 2015. Menyusun Perencanaaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Educhild. Vol.1 No 1.

Fatimah, Zahro Ifat. 2015. Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi. Siliwangi. Volume 1 No. 1 Oktober.

Asmawati, Luluk. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecedasan Jamak. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 11. Edisi 1. https://doi.org/10.211009/JPUD.111.10 Diakses pada tanggal 12 Februari 2021. Pukul 14.00.

Fakhriyani, Diana Vidya. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains vol. 4, No 2. Diakses Pada Tanggal 9 Januari 2021 Pukul 13.35 WIB.

Buku:

Gumilang, Gilang Surya. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan dan Konseling.Jurnal Fokus Konseling2(2).

Zubaedi. 2017. Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk PAUD dan Sekolah). Depok: PT. Raja Grafindo.

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Pratik Pembelajaran). Padang: UNP Press.

. .2016. Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak). Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Putri, D. K. (2022). Perkembangan Kreativitas Anak Selama Belajar Dari Rumah (BDR) di Taman Kanak-Kanak Ikal Iqra’ DWP Kota Padang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 236–243. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1243

Issue

Section

Articles