Persepsi Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Dessy Anggreiny Saragih Universitas Pelita Harapan
  • Dewi Tjhin Universitas Pelita Harapan
  • Dylmoon Hidayat Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1411

Keywords:

Persepsi, Orang Tua, Karakter, Anak Usia Dini, Kecerdasan Jamak

Abstract

The purpose of this study was to find out about the perceptions of parents in the implementation of early childhood character education programs at school I CHAMPS ACADEMY during distance learning during this covid-19 pandemic. The research uses a quantitative approach with survey research methods, parents who have early childhood who are taking distance learning as respondents in this study and totaling 19 people. The research instrument was developed from 4 indicators of early childhood character education, namely spiritual character, moral character, social character and environmental care character. The indicator is developed into 30 question items. Questionnaires were distributed to respondents via Google Forms. The results of the four research indicators are that all of them are at a very high percentage value and it means that it can be concluded that the perception of parents in the implementation of early childhood character education during distance learning is in very good condition. From the 15 values of characters, the following are implemented in early childhood at I CHAMPS ACADEMY school consists of honesty, discipline, tolerance and peace, confidence, independence, helping, cooperation, respect and politeness, responsibility, hard work, humbleness, and care for environment.  All of these characters have been applied well in learning at school.
ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang persepsi orang tua dalam implementasi program pendidikan karakter anak usia dini di sekolah I CHAMPS ACADEMY selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 ini. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey pada orang tua yang memiliki anak usia dini yang sedang mengikuti pembelajaran jarak jauh sebagi responden dalam penelitian ini dan berjumlah 19 orang. Instrumen penelitian dikembangkan dari 4 indikator pendidikan karakter anak usia dini yaitu karakter spiritual, karakter moral, karakter sosial dan karakter kepedulian lingkungan. Indikator dikembangkan ke dalam 30 item pertanyaan. Angket pertanyaan dibagikan kepada responden malalui Google Form. Hasil penelitian dari keempat indikator penelitian ini adalah semuanya berada pada nilai persentase yang sangat tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi orang tua dalam implementasi pendidikan karakter anak usia dini ini selama pembelajaran jarak jauh dalam kondisi yang sangat baik. Dari 15 nilai karakter yang ada, karakter yang telah diterapkan pada anak usia dini di sekolah I CHAMPS ACADEMY meliputi kejujuran, disiplin, toleransi dan cinta damai, percaya diri, mandiri, tolong menolong, kerjasama dan gotong royong, hormat dan sopan santun, tanggung jawab, kerja keras, rendah hati, dan peduli lingkungan. Semua karakter ini telah diteapkan dengan baik dalam pembeljaran di sekolah.

References

Aisyah, A., Salehudin, M., Yatun, S., Komariah, D. L., Aminda, N. E. R., Hidayati, P., ... & Yani, Y. (2021). Persepsi Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 60-75.

Ary Kristiyani. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Di PG-TPA Alam Uswatun Khasanah Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, Nomor 3 Oktober 2014.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.1770 7

Creswell, J. W. 2012. Educational Research; Planning, Conduction and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Education. Inc

Direktorat pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2012. Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Hartiningsih, S. (2015). Revitalisasi lagu dolanan anak dalam pembentukan karakter anak usia dini. 18(12), 247– 259.

Hertanto, E. 2017. Perbedaan Skala Likert Lima Skala dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. Metodologi Penelitian, 1(1), 1-4.

Hendy Puspita Primasari. Tantangan dalam pembelajaran PAUD pada masa Pandemi. http://news.koranbernas.id/berita/detail/tantangan-dalam-pembelajaran-paud-pada-masa-pandemi. 14 Juni 2020

Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. www.kemdikbud.go.id. diakses pada 19 Agustus 2020

Kurniawan, S. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq al-Karimah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 197. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i 2.1792

Hartati, Sofia. How To Be a Good Teacher and To Be a Good Mother. (Jakarta: Enno Media, 2007)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115-123.

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30– 37. https://doi.org/10.25299/althariqah.2020.vol5(1).4854

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Saragih, D. A., Tjhin, D., & Hidayat, D. (2022). Persepsi Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 577–596. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1411

Issue

Section

Articles