Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun melalui Kegiatan Memegang Pensil

Authors

  • Laela Safitri Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1441

Abstract

Early  childhood  education  is  a  place  for  golden  age  children  to  develop  the  basic foundations,  because  according  to  psychologists,  early  childhood  only  comes  once and cannot  be  repeated,  which  is  very  decisive  for  the  development  of  further  human qualities. Motor skills are movements of the body or body parts that are intentional, automatic,  fast  and  accurate.  These  movements  are  a  coordinated  series  of  hundreds of  complex  muscles.  These  motor  skills  can  be  grouped  according  to  the  size  of  the muscles   and   related   body   parts,   namely   fine   motor   skills.   Children's   fine   motor movements  such  as  writing  will  be  needed  by  children  when  they  go  to  school. However,  the  ability  of  a  child  to  perform  certain  motor  movements  will  not  be  the same  as  other  children  even  though  they  are  the  same  age.  Most  children  aged  5-6 years  are  very  happy  to  write,  this  activity  children  will  be  able  to  express  whatever they  see  in  the  form  of  simple  doodles,  but  the  scribbles  have  meaning

ABSTRAK
Pendidikan anak usia dini adalah tempat bagi anak usia emas untuk mengembangkan fondasi dasar, karena menurut para ahli psikologi, usia dini hanya datang sekali dan tidak dapat diulang lagi, yang sangat menentukan untuk pengembangan kualitas manusia selanjutnya. Keterampilan Motorik adalah gerakan-gerakan tubuh atau bagian - bagian tubuh yang disengaja, otomatis, cepat dan akurat. Gerakan - gerakan ini merupakan rangkaian koordinasi dari beratus-ratus otot yang rumit. Keterampilan motorik ini dapat dikelompokkan menurut ukuran otot-otot dan bagian-bagian badan yang terkait, yaitu keterampilan motorik halus (fine motor skill). Gerakan motorik halus anak seperti menulis akan diperlukan anak saat ia bersekolah nanti. Namun demikian, kemampuan seseorang anak untuk melakukan gerakan motorik tertentu tak akan sama dengan anak lain walaupun meraka usianya sama. Sebagian besar anak usia 5-6 tahun sangat senang menulis, kegiatan tersebut anak akan dapat mengekspresikan apapun yang dilihatnya dalam bentuk coret- coretan sederhana, akan tetapi coretan tersebut memilki arti.

 

References

Yulianti, Ni Made. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menguhubungkan Titik dengan Menggunakan Media Alat Tulis. Jurnal Kolaboratif Sains, 4(2), 67 - 68. https://doi.org/10.31934/jom.v4i2.1780

Aisy, Rohadati, Adinda. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 8 (2), 142-143. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28813

Muhiyatul, Huliyah. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1) , 61-63. http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v7i1

Oktavianingsih, Eka. (2018). Pengembangan Program Pelibatan Orang Tua dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Of Early Childhood Care & Education, 1(2),6-7. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.231

Sobry, Gustian M. (2017). Peran Smartphone dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 8-9. http://dx.doi.org/10.29210/02222jpgi0005

Ismawati. (2019). Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Of Early Childhood Education, 2(1), 10-11. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9223

Aghnaita. (2017). Perkembangan Fisik – Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). Jurnal Pendidikan Anak, 3(2),225-226. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-09

Fitriyani, Rohyana. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 26-27. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Khaironi, (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University,2(1),26-27. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Sulaiman. I (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Of Early Childhood Education, 2 (1), 20-25. https://doi.org/10.24252/nananeke.v21.9385

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Safitri, L. (2022). Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun melalui Kegiatan Memegang Pensil. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 492–502. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1441

Issue

Section

Articles