Stimulasi Perilaku Prososial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Aprilia Wahyuning Fitri Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Irma Dewi Safitri Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1445

Keywords:

Perilaku Prososial, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division), Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Salah satu pengembangan dalam konsep karakter adalah perilaku prososial anak. Namun kurangnya keaktifan anak dalam berperilaku prososial dalam lingkup pembelajaran di kelas. Penggunakan model pembelajaran kooperatif dapat menstimulasi perilaku prososial. Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi perilaku prososial melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal An Nur Sruweng Kebumen. Penelitian Tindakan Kelas ini memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, obervasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 15 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan dengan menggunakan instrumen yaitu lembar observasi. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif yang dapat dilihat dari perilaku prososial anak dan data kuantitatif yang telah dihitung dengan rumus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dalam perilaku prososial terstimulasi. Sebelum dilakukan tindakan semua kegiatan pembelajaran lebih banyak secara individu sehingga perilaku prososial masih rendah, setelah dilakukan penelitian tindakan kelas, meningkat pada siklus I dan siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku prososial anak di RA An Nur Sruweng Kebumen mengalami peningkatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

References

Bambang. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sains Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas V SDN 2 Dolonga. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(3), 1–12.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial, jilid dua (edisi ke sepuluh). Alih Bahasa: Djuwita, R, Dkk. Jakarta: Erlangga.

Beaty, J. J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Fitria, Utomo, H. B., & Dwiyanti, L. (2020). Pembentukan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Permainan Kooperatif. JPP PAUD FKIP Untirta, 7(2), 123–132.

Halimung, H. (2021). Pemanfaatan Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatan Kemampuan Multiple Intelegence Siswa MTs Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(2), 107–118.

Hamdayama, J. (2014). Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Indonesia., Ghalia.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak edisi keenam. Terjemahan Oleh Med Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Jenny I Dengah, J., & I Dengah, J. (2019). Learning Model of Picture Symbols in Improving Language Skills in Early Children. 382(Icet), 205–207. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.52

Johnson, S. R., Seidenfeld, A. M., Izard, C. E., & Kobak, R. (2013). Can classroom emotional support enhance prosocial development among children with depressed caregivers? Early Childhood Research Quarterly, 28(2), 282–290. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2012.07.003

Kendari, A. K. (2019). Permainan Dadu pada Pengembangan Perilaku Prososial Anak. 115–128.

Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: Offset, PT Remaja Rosdakarya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 137, tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. , (2014).

Nasional, D. P. Sistem Pendidikan Nasional. , (2003).

Olivantina, R. A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan perilaku prososial anak kelompok B.

Purba, P. B., & Sinaga, B. (2020). The Effect of Problem Based Learning Model and Cooperative Learning Model Jigsaw type on Creative Thinking Skills Based on Students Learning Motivation. 384(Aisteel), 334–339. https://doi.org/10.2991/aisteel-19.2019.72

Purnawati, Z. (2020). Upaya meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran akuatik di PAUD Al-Fathiyah kelompok B Tahun Pelajaran 2019/2020. UIN Mataram.

Purwanto. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Septania, I. (2013). Perilaku prososial remaja ditinjau dari pola asuh demokratis dan rasa percaya diri. Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Solekhah, A. M., Atikah, T. P., & Istiqomah, M. (2018). faktor-faktor yang mempengaruhi sikap empati terhadap perilaku prososial pada anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Globalâ€. Prosiding Seminar Nasional Kudus: Universitas Muria Kudus.

Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Fitri, A. W., & Safitri, I. D. (2022). Stimulasi Perilaku Prososial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 343–351. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1445

Issue

Section

Articles