Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini: Literature Review

Authors

  • Agil Wahyu Wicaksono Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Amirotun Nafi'ah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Alif Fadiyah Septia Winona Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Abdul Muhid Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1635

Abstract

The singing method used by teacher in early chilhood in learning activities is fun so that children can more easily remember learning material. This study aims to determine the increase in cognitive abilities in early chilhood through the singing method. The research was conducted using the litarature study method, namely by collecting and searching reference materials from journals and articles based on research variabels. So that the results obtained that the singing method can improve cognitive abilities in early chilhood.

Abstrak

Metode bernyanyi yang digunakan oleh guru pada anak usia dini dalam aktivitas pembelajaran bersifat menyenangkan sehingga anak dapat lebih mudah dalam mengingat materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif pada anak usia dini melalui metode bernyanyi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur, yaitu dengan cara pengumpulan dan pencarian bahan referensi dari jurnal maupun artikel yang berdasarkan dengan variabel penelitian. Sehingga diperoleh hasil bahwa metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia dini.

References

Afifa, F. N., & Gumiandari, S. (2021). Implementasi English Game dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Prasekolah di Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1)

Andriani, J. &, & Daryati, M. E. (2013). Pengaruh Penggunaan Ape Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini: Studi Literatur. Jurnal Recep, 1(2)

Anggraini, W., Nasirun, M., & Yulidesni. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1)

Ansari, M. I. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi pada Pembelajaran Tajwid di Rumah Qur’an An-Nur Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2)

Ayu, C. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Membilang dengan Metode Bermain Media Kartu Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Taqifa Bangkinang. Jurnal PAUD Tambusi, 2(2)

Azizah, V., & Putrianingsih, S. (2021). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Keliling Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas III MI Mujahidin Jati Mulyo Kepung. Jurnal Inovatif, 7(2)

Basri, H. (2020). Kemampuan Kognitif dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan

Filtri, Heleni & Sembiring, A. K. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu di PAUD Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2)

Furoidah, A., & Amalia, M. (2021). Pendampingan Belajar Bahasa Arab melalui Metode Bernyanyi di Musholla Hidayatul Muta’allimat Jember. Journal of Education & Community Service, 1(1)

Hakim, Lukman & Fitria, L. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Sekolah. 3(137)

Hanipudin, S., & Astuti, F. P. (2020). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di RA Baitussalam Wringinharjo Cilacap. Jurnal Edukasi AUD, 6(2)

Hayati, N., Fatimaningrum, A. S., Wulandari, R., & Muthmainnah. (2019). Kegiatan Menyanyi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2)

Herlina, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak tentang Nama-Nama Binatang Ternak dalam Dua Bahasa (Inggris-Indonesia) melalui Metode Bernyanyi. Jurnal Pendidikan Guru dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1)

Holimi, M., & Faizah, N. (2021). Pembelajaran Mufrodat dengan Metode Bernyanyi di Gubuk Baca Kalpataru Dusun Bendrong. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2)

Ilmi, A. F. (2020). Media Nyanyian dalam Penguasaan Kosa Kata Baru Bahasa Arab pada Siswa Kelas Rendah Madrasah Ibtidayah. Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 20(1)

Kamtini, & Sitompul, F. A. (2020). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1)

Khoiruzzadi, M., Barokah, M., & Kamila, A. (2020). Upaya Guru dalam Memaksimalkan Perkembangan Kognitif, Sosial dan Motorik Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1)

Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan Kognitif dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky). Jurnal Madaniyah, 11

Lestari, A. A., & Erik. (2017). Penggunaan Metode Bernyanyi terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris. Jurnal Pelita PAUD

Lutfi, A. B., & Afroni, M. (2021). Efektivitas Metode Bernyanyi dalam Penguasaan Mufradat Bahasa Arab di Kelas VII A Mambaul Ulum Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Bashrah, 1(2)

Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2021). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1)

Mu’min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1)

Murni, D., Hente, A., & Nurmiati. (2020). Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Metode Bernyanyi di Kelompok B TK Al-Khairaat Poi. Early Childhood Education Indonesian Journal (ECEIJ), 3(2)

Nisa, I. K., Rahmi, N., & Walfajri. (2020). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 07 Purbolinggo. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 12(2)

Oktiningrum, M. (2021). Literatur Review: Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Motorik Anak Usia Pra Sekolah. Article History, 188–195

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru, 2

Ridwan, & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Raodhatul Athfal. Jurnal Kependidikan, 13(1)

Subekti, A., Aulya, E. I., Karomah, L., & Farisia, H. (2020). Peningkatan Kognitif melalui Metode Bernyanyi di RA Sunan Ampel Pasuruan. Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 4(2)

Susilawati. (2014). Penerapan Metoda Bernyanyi dalam Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment, 4(2)

Syaikhu, A., & Napis, A. D. (2020). Permainan Tradisional Betawi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di TK Mutiara. Journal of Early Childhood Education, 2

Wahyuni, N., Oktariana, R., & Fitriani. (2021). Efektifitas Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok A di TK Bungong Seuluepok Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1)

Yusmanto. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Bernyanyi di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 2(3)

Downloads

Published

2022-08-24

How to Cite

Wicaksono, A. W., Nafi’ah, A., Winona, A. F. S., & Muhid, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini: Literature Review. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 408–420. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1635

Issue

Section

Articles