Pengaruh Permainan Papan Hitung dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak

Authors

  • Hajeni Hajeni Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Rahmatia Rahmatia Universitas Muhammadiyah Palopo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1667

Keywords:

Permainan, Papan Hitung, Kemampuan Anak

Abstract

This study aims to determine the effect of counting board games on children's numeracy skills in group B at Pinano Kindergarten, Luwu Regency. The design of this research is quantitative research with descriptive statistical data analysis and non-parametric statistics The results showed that there was an effect of counting board games on children's numeracy skills at Pinano Kindergarten based on the research data at the pretest and posttest stages. MB category or 50%, 6 children in the BSH category or 37.50%, 0 children in the BSB category, the posttest stage shows 0 children in the BB category, 2 children in the MB category or 12.50%, 9 children in the BSH or 56.25%, and 5 children in the BSB category or 31.25%. This shows that there is an effect of counting board games on the numeracy skills of group B children at Pinano Kindergarten

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan papan hitung terhadap kemampuan berhitung anak pada kelompok B di TK Pinano Kabupaten Luwu. Desain penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan analisis data statistik deskriptrif dan statistic non parametrik.Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh permainan papan hitung terhadap kemampuan berhitung anak di TK Pinano berdasarkan data hasil penelitian pada tahap pretes dan posttes menunjukkan bahwa pada tahap pretes 2 anak berada pada kategori BB atau 12,50 %, 8 anak berada pada kategori MB atau  50%, 6 anak pada kategori BSH atau 37,50%, 0 anak berada pada kategori berkembang sangat baik, tahap posttes menunjukkan 0 anak pada kategori BB, 2 anak pada kategori MB atau 12,50%, 9 anak pada kategori BSH atau 56,25%, dan 5 anak pada kategori BSB atau 31,25%. Hal ini menunjukkan ada pengaruh permainan papan hitung terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Pinano.

References

Dr. Hj. Khadijah, M. A. dan, & Armanila, S.Pd.I., M. P. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. In Perdana Publishing. Perdana Publishing.

Febiola, K. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28263

Fitria, L. M. (2020). Al Fitrah Al Fitrah. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(3), 119–131.

Hajeni, H., Marhani, M., & Febrianti, L. (2022). Optimalisasi Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3242–3252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2327

Hayati, S. N., & Khamim Zarkasih Putro. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–187.

Mahmud, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183

Meo, H., Meka, M., Rosfinda, K., & Maku, M. (2022). Jurnal Citra Pendidikan ( JCP ) Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tkk Negeri Kisaraghe Kecamatan Bajawa Utara Kabupaten Ngada Program Studi PG-PAUD , STKIP Citra Bakti. 2.

Mulyati, C., Muiz, D. A., & Rahman, T. (2019). Pengembangan Media Papan Flanel Untuk Memfasilitasi Kemampuan Konsep Bilangan Anak Pada Kelompok B. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 59–68. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.362

Nilam Sari, M. F. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka Bergambar Kelompok A1 Tk Bina Kasih. PAUD Lecture, 47(4), 124–134. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x

Nurfiana, B. L. ;, Nurhasanah;, Rachmayani, I. ;, & Suarta, I. N. (2021). Pengembangan Kartu Angka Bergambar Untuk Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Baru Mataram. Jurnal PAUD UNRAM, 1(1), 1–6.

Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 47–57. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185

Ratnawati, S. (2021). Pengembangan Potensi Anak Usia Dini. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, XIII(1). https://ejournal.ibntegal.ac.id/index.php/latahzan/article/view/128

Setianingsih, D. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Kartu Angka Bergambar Pada Anak Usia Dini 4-5. Universitas Muhammadiyah Kendari, 1(1), 12–25. http://jurnal.umnu.ac.id/index.php/sti/index

Susilowati, R., Malik, H. A., & Kusuma, A. P. (2019). Pengaruh Permainan Papan Magnet terhadap Kemampuan Berhitung Awal Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 1–6. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/238

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Wahyuni, R., & Sukmawati, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Papan Flanel Angka Pada Anak Kelompok a Di Tk Mentari Bulogading Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 27. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.13205

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567

Yuliana, S. P., & Ramli, S. A. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Kelompok B Pada Tk Pkk To ’ Lemo Kabupaten Luwu. Tematik, 6(2), 76

Downloads

Published

2022-08-24

How to Cite

Hajeni, H., & Rahmatia, R. (2022). Pengaruh Permainan Papan Hitung dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 421–432. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1667

Issue

Section

Articles