Implementasi Strategi Pemasaran Lembaga dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di PAUD Berbasis Pesantren

Authors

  • Tiara Permata Bening UIN SUNAN KALIJAGA
  • Erni Munastiwi UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1700

Keywords:

Pemasaran PAUD Pesantren

Abstract

The purpose of the study was to determine the implementation of the agency's marketing strategy in increasing the number of students in Islamic boarding school-based PAUD. Descriptive qualitative research method. Research resource persons are 3 teachers, 1 student guardian and 1 school principal. Data collection techniques through observation and interviews. The data analysis technique uses the Miles Hubberman model, the following stages: data reduction, data presentation, and conclusions. Validity test using confirmability test. The results showed that the implementation of marketing strategies carried out in pesantren-based institutions, especially TA Al Manaar Ngabar implemented 5 stages of marketing strategies. The following stages: First, identify the market by collecting the needs, expectations, and responses of the community. The second is market segmentation by grouping the market into groups that strengthen emotionally on the basis of quality, alumni, and educators as well as considering the aspect of religiousity. The third is product differentiation, namely providing superior programs that differentiate other institutions. Fourth, market communication is carried out through print media, social media, and directly to parents and the community. The fifth provides education, care, security, health, and nutrition services.

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran lembaga dalam meningkatkan jumlah peserta didik di PAUD berbasis pesantren. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Narasumber penelitian guru  3 orang, wali murid 1 orang dan kepala sekolah 1 orang. Teknik pengumpulan data  melalui observasi dan wawancara. Teknnik analisis data menggunakan model Miles Hubberman, tahapan berikut: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pemasaran yang dilaksanakan di lembaga berbasis pesantren khususnya TA Al Manaar Ngabar menerapkan 5 tahap strategi pemasaran. Adapun tahap berikut: Pertama, identifikasi pasar dengan cara mengumpulkan kebutuhan, harapan, dan respon masyarakat. Kedua, segmentasi pasar dengan cara mengelompokkan pasar menjadi kelompok yang menguatkan emosional atas dasar kualitas, alumni, dan pendidik serta mempertimbangkan segi religiousitas. Ketiga, diferensiasi produk yaitu menyediakan program unggulan yang menjadi pembeeda lembaga lain. Keempat, komunikasi pasar dilakukan melalui media cetak, sosial media, dan secara langsung kepada orang tua dan masyarakat.. Kelima, memberikan layanan pendidikan, pengasuhan, keamanan, kesehatan, dan gizi.

References

Amelia, S., & Salama, H. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Orang Tua Siswa Di Paud Al-Hidayah Pertiwi. Al-Musyarakah: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1).

Anam, K. (2013). Strategi Pemasaran dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.2.159-170

Aziz, T. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed.). Duta Media Publishing.

Dadan, S. (2021). PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Teori dan Praktik Pembelajaran. KENCANA.

Fadlilah, A. N., & Masfiah, S. (2021). Implementasi Strategi Marketing Mix Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Tk Al Huda Kota Malang. Journal Evaluasi, 5(1), 94. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.575

Fajarrini, A., & Ernawati, F. (2020). Pemasaran Jasa Pendidikan Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1), 27.

Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal As-Sibyan, 1(1), 40–52. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7159

Jannah, N., Nurhayati, N., & ... (2021). Manajemen Pemasaran Lembaga PAUD pada Masa Pandemi Covid-19. … : Journal of Islamic Early …, 4(2), 223–234. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/12906%0Ahttp://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/viewFile/12906/6948

Kariman. (2017). Kariman , Volume 05 , Nomor 01 , Juni 2017 | 65 Kacung Wahyudi. 05, 65–82.

Khasanah, A. (2015). Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Di Sd Alam Baturraden. El-Tarbawi, 8(2), 161–176. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art4

Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200

Mahardhani, A. J., & Sekarningrum, D. F. (2021). JDPP. 9(2).

Mentari, E. G., & Purwaningsih, W. (2018). Manajemen Strategi Pemasaran dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan di TK An Nur 1 Yogyakarta. Al Athfal, 7(5), 1–2. http://content.ebscohost.com/ContentServer.asp?EbscoContent=dGJyMNLe80Sep7Q4y9f3OLCmr1Gep7JSsKy4Sa6WxWXS&ContentCustomer=dGJyMPGptk%2B3rLJNuePfgeyx43zx1%2B6B&T=P&P=AN&S=R&D=buh&K=134748798%0Ahttp://amg.um.dk/~/media/amg/Documents/Policies and Strategies/S

Mubarok, N. (2017). Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista. I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 3(1), 73–92.

Mukhtar, M. (2017). Pemasaran Dan Upaya Dalam Mempengaruhi Harapan Stakeholder Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.621

Mundir, A. (2016). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah. 7, 27–40.

Neneng Nurmalasari, & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Jurnal.Unigal.Ac.Id, volume 4(3), 543.

Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985

Patiung, D. (2019). Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Pada Satuan Paud. 2, 129–134.

Pratiwi, I., & Munastiwi, E. (2020). Analisis Strategi Management Pemasaran Paud. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2). http://www.journal.pps-pgra.org/index.php/Ijiece/article/view/192

Raharjo, I. B., & Yulianto, D. (2020). Pengelolaan Aktivitas Ekstrakurikuler Seni Musik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 127–138. https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.15218

Rahayu, N. (2020). Implementasi Strategi Marketing mix dalam pemasaran jasa pendidikan di TK Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(9), 91.

Rahman, S. A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pada Lembaga Kursus dan Bimbingan Belajar Education Zone. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 2(2), 158–163. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v2i2.634

Rizqina, A. L., & Suratman, B. (2020). Manajemen Ekstrakurikuler Pada Peserta Didik Di Paud It Alhamdulillah Yogyakarta. Ejournal, Cakrawla: Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 116–128.

Sulianti et al, A. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 54–65. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020.pp54-65

Suyitno. (2021). Strategi Hubungan Masyarakat (Public Relation) dalam Peningkatan Pemasaran Lembaga Pendidikan. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213–5220. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Syah, I. J. (2018). JCE ( Journal of Childhood Education ). Journal Of Childhood Education, 2(2), 147–175.

Turmudzi, I., Manajemen, J., Tinggi, S., Ekonomi, I., Negara, K., & Timur, J. (2017). Strategi Pemasaran di Lembaga Pendidikan Islam ( Studi Kasus di MTs Ihsanniat Jombang ). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 7(1 Februari), 188–196.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Utami, Y. T. (2020). Marketing Program Pendidikan Luar Sekolah. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 04, 51–62. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/8193

Downloads

Published

2022-09-05

How to Cite

Bening, T. P., & Munastiwi, E. (2022). Implementasi Strategi Pemasaran Lembaga dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di PAUD Berbasis Pesantren. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 466–480. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1700

Issue

Section

Articles