Efektifitas Media Video Tutorial untuk Meningkatkan Skill Menjahit Busana Anak pada Mahasiswa S1 PGPAUD

Authors

  • Noor Laila Ramadhani Universitas Ngudi Waluyo
  • Swantyka Ilham Prahesti Ngudi Waluyo University

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1701

Keywords:

Media, Video Tutorial Skill, Busana Anak

Abstract

Peneliti menggunakan media video tutorial, sebagai strategi untuk meningkatkan skill menjahit busana anak pada mahasiswa S1 PG-PAUD di Universitas Ngudi Waluyo. Mahasiswa sebagai calon pendidik PAUD harus mempunya skill lebih untuk menata fashion anak agar lebih fasionable. Media video tutorial menjahit busana pesta anak dijadikan media untuk meningkatkan skill menjahit mahasiswa PGPAUD. Pada kenyataannya selama ini calon pendidik PAUD maupun pendidik PAUD dalam mempersiapkan fashion anak yang digunakan untuk pestas panggung atau karnaval lebih banyak membuat pada penjahit. Adanya latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan agar calon pendidik PAUD mampu membuat busana untuk anak didiknya tanpa membuat ke penjahit, selain itu juga dapat menambah skill calon pendidik PAUD agar dapat lebih berkreativitas dalam mempersiapakan busana untuk anak didik nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifkah penggunaan media video tutorial untuk meningkatkan skill menjahit busana pesta anak pada mahasiswa SI PGPAUD di Universitas Ngudi Waluyo. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode eksperimen yang berbentuk Quasi Eksperiment dengan jenis one group pretest-posttest design (Arikunto, 2014). Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan uji willcoxonsign rank test. Hasil penelitian menyatakan bahwa video tutorial dapat meningkatkan skill menjahit busana anak pada Mahasiswa S1PGPAUD di mata kuliah Tata Busana.

Author Biography

Noor Laila Ramadhani, Universitas Ngudi Waluyo

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Arief S Sadiman, dkk. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arsyad. (2016). Media Pembalajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hadijah, Pengembangan Bahan Ajar Pola Dasar Busana Wanita Pada Program Studi D3 tata Busana. http:journal.um.ac.id/index.php/teknologikejuruan.journal.um.ac.id>Home>vol 36, No 1(2013)

Hasanah, Uswatun.,(2013) Membuat Busana Anak,. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Joseph, Helen Amstrong. (2010) Patternmaking for Fashion Design, New Jersey 07458. Pearson Education, Inc.Publishing

Muliawan, Porrie. (2012). Konstruksi Pola Busana Wanita. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Rikarno, R. (2018). Pemanfaatan Handpone Android Sebagai Media Produksi Video Tutorial Pembelajaran Seni. Melayu Arts and Performance Journal, 1(1), 73–87

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta (Vol. 1).

Suharsimi, A. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Ramadhani, N. L., & Prahesti, S. I. (2022). Efektifitas Media Video Tutorial untuk Meningkatkan Skill Menjahit Busana Anak pada Mahasiswa S1 PGPAUD. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 384–391. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1701

Issue

Section

Articles