Dampak Pembelajaran Online di Masa Pandemi COVID-19 terhadap Kesehatan Mental Siswa PAUD di Indonesia

Authors

  • Helena Ayatasya Kusuma Cantika Rumah Sakit Daerah K.R.M.T. Wongsonegoro, Kota Semarang
  • Yesita Novia Hertina Rumah Sakit Daerah K.R.M.T. Wongsonegoro, Kota Semarang
  • Cipta Pramana Universitas Tarumanagara Jakarta,Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Rumah Sakit Daerah K.R.M.T. Wongsonegoro, Kota Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1801

Keywords:

Covid-19, Kesehatan Mental Siswa, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Bulan Maret tahun 2020, WHO mendeklarasikan bahwa infeksi coronovirus baru SARS-CoV-2 yang kemudian disebut sebagai Covid-19 dinyatakan sebagai pandemic global karena telah menyebar ke sebagian besar penduduk di seluruh dunia. Penyebaran yang begitu cepat dan virulensi yang sangat tinggi, maka oleh Lembaga kesehatan dunia (WHO) termasuk pemerintah Indonesia melakukan kebijakan pembatasan social (social distancing) dan pembatasan fisik (physical distancing) untuk mencegah penularan infeksi coronavirus tersebut. Kebijakan ini tentu membawa dampak luas bagi sendi-sendi kehidupan manusia di dunia baik kesehatan, sosial, ekonomi termasuk Pendidikan. Tulisan ini akan membahas dampak pembatasan kedua hal tersebut terhadap proses pembelajaran di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terhadap kesehatan mental peserta didik dan mencari solusi untuk mengatasinya.

References

Ansari, A., Purtell, K.M., 2017. Activity settings in full-day kindergarten classrooms and children’s early learning. Early Child. Res. Q. 38, 23–32. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2016.09.003

Aprianti, N., Sugito, S., 2022. Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Literature Review. J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini 6, 2785–2794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1663

Bakken, L., Brown, N., Downing, B., 2017. Early Childhood Education: The Long-Term Benefits. https://doi.org/10.1080/02568543.2016.1273285 31, 255–269. https://doi.org/10.1080/02568543.2016.1273285

Chen, M., Kennedy, A.I., Meinck, S., Rožman, M., 2022. International Findings : Communication, feedback, and assessment, in: Meinck, S., Fraillon, J., Striethol, R. (Eds.), The Impact of the COVID-19 Pandemic on Education: International Evidence from the Responses to Educational Disruption Survey (REDS) UNESCO. pp. 84–106.

Cucinotta, D., Vanelli, M., 2020. WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Biomed. 91, 157–160. https://doi.org/10.23750/abm.v91i1.9397

Darmiyanti, A., Supriadi, O., Nurlaeli, A., 2021. The Impact of the Covid-19 Pandemic on Language and Social Development for Early Childhood Children age 4-6 years in Karawang District. Indones. J. Early Child. Educ. Stud. 10, 27–32.

Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Sudjatma, A., Indrawan, M., Haryanto, B., Mahfud, C., Sinapoy, M.S., Djalante, S., Rafliana, I., Gunawan, L.A., Surtiari, G.A.K., Warsilah, H., 2020. Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Prog. Disaster Sci. 6. https://doi.org/10.1016/j.pdisas.2020.100091

Indonesian Pediatric Society, 2020. Rekomendasi IDAI Selama Anak Menjalani Sekolah Dari Rumah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Kementerian Pendidikan Nasional, 2020. SE No 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana COVID-19 di Indonesia. Sekr. Nas. SPAB (Satuan Pendidik. Aman Bencana) 1–16.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D.K., Andriani, F., 2020. Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini 5, 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Muhdi, Nurkolis, Yuliejantiningsih, Y., 2020. The Implementation of Online Learning in Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic. JPUD - J. Pendidik. Usia Dini 14, 247–261. https://doi.org/10.21009/jpud.142.04

Munastiwi, E., 2020. Colorful Online Learning Problem of Early Childhood Education. AL-TA’LIM J. 27, 227–235. https://doi.org/10.15548/jt.v27i3.663

PP No. 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) [JDIH BPK RI] [WWW Document], n.d.

Pramana, C., 2020. Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indones. J. Early Child. J. Dunia Anak Usia Dini 2, 115–124. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557

Pramana, C., Herawati, S., Santi, N., Rosreri, Maryani, L.P.E.S., Dachliana, O.R., 2020. The first case of COVID-19 in Semarang, Indonesia: A case report. Int. J. Pharm. Res. 12. https://doi.org/10.31838/ijpr/2020.12.02.249

Puspita, H.D., 2021. The role of parents in educating children during online classes. ETUDE J. Educ. Res. 1, 69–75.

Pyle, A., Prioletta, J., Poliszczuk, D., 2018. The Play-Literacy Interface in Full-day Kindergarten Classrooms. Early Child. Educ. J. 46, 117–127.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Cantika, H. A. K., Hertina, Y. N., & Pramana, C. (2022). Dampak Pembelajaran Online di Masa Pandemi COVID-19 terhadap Kesehatan Mental Siswa PAUD di Indonesia. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 318–328. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1801

Issue

Section

Articles