Peningkatan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Outdoor Learning Activity di Tk Mardi Rahayu Tegowanuh

Increasing Cooperation for Children Aged 5-6 Years Through Outdoor Learning Activity Games at Mardi Rahayu Tegowanuh Kindergarten

Authors

  • Diah Ayu Sudiyani Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2781

Abstract

The aim of this research is to improve cooperation skills on chikdren aged 5-6 years at Mardi Rahayu Tegowanuh Kindergarten. This research was carried out in two cycles with three meetings in each cycle. The subjects in this research were group B of Mardi Rahayu Tegowanuh Kindergarten, totaling 22 children consisting of 11 boys and 11 girls. The data collection techniquw is by using observation techniques, while the data analysis used is descriptive quantitative. The result of this research are that with outdoor learning activities, childern’s cooperative abilities increase, from an average pre-cycle value of 60.50 %, there is an increase in the first cycle with an average value of 71.87%, in the second cycle the average in crease, increased to 83.80%. This, it is recommended that teachers use outdoor learning activities games to optimally improve their cooperative abilities.

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kerjasama   pada anak usia 5-6 tahun di TK Mardi Rahayu Tegowanuh. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui dua siklus dengan tiga pertemuan di setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B TK Mardi Rahayu Tegowanuh yang berjumlah 22 anak terdiri dari 11 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan Teknik observasi, sedangkan analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa dengan kegiatan permainan outdoor learning activity kemampuan kerjasama   pada anak semakin meningkat, dari rata-rata nilai pra siklus 60,50 % mengalami kenaikan di siklus pertama dengan nilai rata-rata 71,87%, pada siklus kedua rata-rata semakin meningkat menjadi 83,80%. Dengan demikian, maka disarankan kepada guru agar dapat menggunakan kegiatan permainan outdoor learning activity untuk meningkatkan kemampuan kerjasama secara optimal.

References

Aghnaita, A., Norhikmah, N., Aida, N., & Rabi’ah, R. (2022). Rekonstruksi Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini Melalui Konsep “Jati Diri.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3253–3266. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2071

Anggraini, D. D. (2022). Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini.

Dahlan, D. N. A. (2019). Identifikasi dan Optimalisasi Permainan Outdoor dalam Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak di Desa Bakungan Kecamatan Loa Janan. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(2), 99–110. https://doi.org/10.21093/sajie.v1i2.1488

Francisco, A. R. L. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(September).

Herlinda, S. (2018). Pembelajaran Paud Dengan Strategi Out Door. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 67. https://doi.org/10.24014/kjiece.v1i1.5526

Hooson, E. (2020). An investigation to determine how the introduction of outdoor education supports learning in Key Stage One An evaluation of a primary school’s individual approach to outdoor education. Fields: Journal of Huddersfield Student Research, 6(1). https://doi.org/10.5920/fields.677

Kemendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 14.

Manurung, A. K. R., Wulan, S., & Purwanto, A. (2021). Permainan Outdoor dalam Membentuk Kemampuan Ketahanmalangan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1807–1814. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1030

Maulidar, Hayati, F., & Fitriani. (2020). Analisis Penanaman Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B TK Negeri Siti Maryam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–11.

Mulyatiningsih, E. (2012). Modul Metode Penelitian Tidakan Kelas. Bandung Rosdakarya, 1–22. staff.uny.ac.id

Pratiwi, N., & Kurniah, N. (2021). Jurnal PENA PAUD Volume 2 Nomor 1 ( 2021 ) Pages 26-32 Kendala-Kendala Guru PAUD dalam Mengembangkan Keterampilan. 2(November), 26–32.

Purwanto, M. N. (2019). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. In Cross-Cultural Studies (Vol. 56, Issue null). https://doi.org/10.21049/ccs.2019.56..199

ZAHWA, N. A. (2017). Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Ditinjau Dari Urutan Kelahitan Di Kelompok B Ra Al-Karomah Batang. 1–14.

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Diah Ayu Sudiyani. (2024). Peningkatan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Outdoor Learning Activity di Tk Mardi Rahayu Tegowanuh: Increasing Cooperation for Children Aged 5-6 Years Through Outdoor Learning Activity Games at Mardi Rahayu Tegowanuh Kindergarten. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 100–110. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2781

Issue

Section

Articles