Pengaruh Permainan Bisik Berantai dengan Media BATAKA terhadap Kemampuan Komunikasi Lisan pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya

The Effect Of A Chain Whisper Game Using BATAKA On Oral Communication Skills In Group B Children At Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya

Authors

  • Febby Gita Anggraini Universitas Negeri Surabaya
  • Mallevi Agustin Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Kartika Rinakit Adhe Universitas Negeri Surabaya
  • Melia Dwi Widayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2785

Keywords:

Kelompok B, Kemampuan Komunikasi Lisan, Permainan Bisik Berantai

Abstract

This research aims to determine the effect of the chain whisper game using BATAKA on oral communication skills in group B children at Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya. The number of samples used in this study was 28 children consisting of two classes, namely class B1 with 13 children and B2 with 15 children. This research uses a quantitative approach with the experimental design used, namely quasi experimental with nonequivalent control group design. The data collection techniques used were observation, documentation and using data analysis techniques with the Wilcoxon Matched Pairs Test. The results of hypothesis testing with the Wilcoxon Matched Pairs Test using SPSS version 25 for Windows showed that the value was obtained. Based on the results of the analysis, the Asymp value was obtained. Sig. (2-tailed) which is 0.001 with a significant decision-making basis of less than 0.05 or Asymp. Sig. < 0.05 so it was decided that the null hypothesis (Ho) was rejected and the alternative hypothesis (Ha) was accepted. There is a significant difference in the average scores for pre-test activities and post-test activities in the experimental group, where the average score for pre-test activities is 8,47 while the average score for post-test activities is higher, namely 10,9. So it can be concluded that there is an influence of the chain whisper game with BATAKA media on the oral communication skills of group B children at Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bisik berantai dengan media BATAKA terhadap kemampuan komunikasi lisan pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 28 anak yang terdiri dari dua kelas, yakni kelas B1 berjumlah 13 anak dan B2 berjumlah 15 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen yang digunakan yaitu quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan menggunakan teknik analisis data dengan Uji Wilcoxon Matched Pairs. Hasil pengujian hipotesis dengan Uji Wilcoxon Matched Pairs menggunakan SPSS versi 25 for windows mendapatkan hasil yang diketahui bahwa nilai berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0,001 dengan dasar pengambilan keputusan signifikan lebih kecil dari 0,05 atau Asymp. Sig. < 0,05 sehingga diputuskan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) dterima. Terdapat perbedaan nilai rata-rata yang signifikan terhadap kegiatan pre-test dan kegiatan post-test pada kelompok eksperimen, yang dimana nilai rata-rata kegiatan pre-test yaitu 8,47 sedangkan nilai rata-rata dari kegiatan post-test lebih tinggi yaitu 10,9. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan bisik berantai dengan media BATAKA terhadap kemampuan komunikasi lisan pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). “Desain Kuasi Eksperimn Dalam Pendidikan: Literatur Review.” Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2476–2482.

Amaliah, S., Maryani, K., & Khosiah, S. (2022). “Hubungan Menonton Video Youtube Dengan Kemampuan Komunikasi Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 121–132.

Amruddin, Priyanda, R., Agustina, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Anggraini, P., & Ningrum, M. A. (2018). “Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun.” PAUD Teratai, 7(3), 1–6.

Fatin, A. T., Reza, M., Widayanti, M. D., & Komalasari, D. (2022). “Pengembangan Buku Panduan Program Pembelajaran Literasi Baca-Tulis Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal PAUD Teratai, 11(1), 126–135.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Lestari, I. (2021). “Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 3-4 Tahun.” Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 113–118.

Lovita, I., & Ismet, S. (2021). “Studi Permainan Bisik Berantai Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 107–116.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.

Puspitasari, D., & Danaya, B. P. (2022). “Pentingnya Peranan Komunikasi Dalam Organisasi: Lisan, Non Verbal, Dan Tertulis (Literature Review Manajemen).” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 257–268.

Putri, A. A., Reswita, & Nufus, N. (2021). “Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Anak Usia 5-6 Tahun.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 112–117.

Sari, D. A., & Adhe, K. R. (2019). “Evaluasi Program Pengembangan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A TK Taman Ananda Wiyung Surabaya.” PAUD Teratai, 8(3), 1–6.

Sari, M. P., & Khotimah, N. (2021). “Hubungan Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Belajar Dengan Perkembangan Moral Anak.” Kumara Cendekia, 9(3), 193–203.

Sistiarini, R. D., Pramono, & Tirtaningsih, T. M. (2021). “Pengembangan Permainan Sirkuit Animove Untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 46–61.

Teuku, M. (2018). “Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Merduati Banda Aceh.” Jurnal Metamorfosa, 6(2), 193–211.

Triana, R., & Rusmaladewi. (2020). “Pengaruh Permainan Pesan Berbisik Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Kelompok B TK Kusuma Loka Palangka Raya Tahun Ajaran 2019/2020.” Jurnal Pendidikan dan Psikologi Pintar Harati, 16(1), 25–36.

Tyaningsih, R. Y. (2016). “Keterampilan Komunikasi Lisan Calon Guru Matematika Pada Mata Kuliah Proses Belajar Mengajar (MP PBM).” Jurnal Math Educator Nusantara, 2(1), 55–66.

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Anggraini, F. G., Ningrum, M. A., Adhe, K. R., & Widayanti, M. D. (2024). Pengaruh Permainan Bisik Berantai dengan Media BATAKA terhadap Kemampuan Komunikasi Lisan pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya: The Effect Of A Chain Whisper Game Using BATAKA On Oral Communication Skills In Group B Children At Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 86–99. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2785

Issue

Section

Articles