Pengaruh Metode Read Aloud Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Lisan Pada Kelompok B di TK At-Taqwa Penjaringan Kota Surabaya

The Influence of the Read Aloud Method on Oral Communication Ability in Group B at At-Taqwa Kindergarten Penjaringan, Surabaya City

Authors

  • Dessy Fitri Anisa Universitas Negeri Surabaya
  • Mallevi Agustin Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Kartika Rinakit Adhe Universitas Negeri Surabaya
  • Melia Dwi Widayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2787

Keywords:

Komunikasi Lisan, Metode Read Aloud, Kelompok B

Abstract

This research was motivated by the low oral communication skills of group B children at the At-Taqwa Penjaring Kindergarten, Surabaya City. Therefore, the researcher aims to conduct research to determine the effect of the read aloud method on oral communication skills in group B. The number of samples used in this research was 26 children consisting of 12 children in class B1 and 14 children in class B2. This research uses a quantitative approach with the experimental design used, namely quasi experimental with True Experiment Design. The hypothesis testing method used is the Wilcoxon Signed Ranks Test. Based on the results of the analysis, the value obtained showed a result of 0.001, where this value was smaller than the significance level α 0.05, so it was decided that Hypothesis 0 (H0) was rejected and the alternative hypothesis (Ha) was accepted. So that there was an influence of the read aloud method on the oral communication skills of group children. B at At-Taqwa Kindergarten Penjaringan, Surabaya City.

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berkomunikasi lisan pada anak kelompok B di TK At-Taqwa Penjaring Kota Surabaya. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode read aloud terhadap kemampuan berkomunikasi lisan pada kelompok B. jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 26 anak yang terdiri dari kelas B1 sejumlah 12 anak dan B2 sejumlah 14 anak. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen yang digunakan yaitu quasi experimental dengan True Experiment Design. Metode pengujian hipotesis yang digunakan yaitu Wilcoxon Macthed Pairs Test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai menunjukkan hasil perolehan 0.001 dimana nilai tersebut lebih kecil dari taraf signifikan α 0.05, maka didapat diputuskan bahwa Hipotesis 0 (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha ) diterima.sehingga adanya pengaruh metode read aloud terhadap kemampuan berkomunikasi lisan anak kelompok B di TK At-Taqwa Penjaringan Kota Surabaya.

References

Andini, Y. T., & Widayanti, M. D. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Tk Bias Yogyakarta. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 4(2), 206. Https://Doi.Org/10.29062/Tarbiyatuna.V4i2.424

Eko Priyantini, L. D., & Yusuf, A. (2020). The Influence Of Literacy And Read Aloud Activities On The Early Childhood Education Students’ Receptive Language Skills. Journal Of Primary Education, 9(3), 295–302. Https://Doi.Org/10.15294/Jpe.V9i3.39216

Endahwati, M., Bachri, B. S., & Izzati, U. A. (2022a). Efektivitas Metode Pembelajaran Read Aloud Dengan Media Buku Cerita Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Dan Ekspresif Pada Anak Usia Dini. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 163. Https://Doi.Org/10.33578/Pjr.V6i1.8496

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan. Https://Doi.Org/10.52850/Jpn.V22i2.3824

Hidayat. (2020). Penerapan Pola Asuh Orang Tua Pada Komunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, Pegasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini, 1(1), 33–46.

M., Ningrum, M., Reza, M., & Cahya Maulidiyah, E. (2019). The Effect Of Show And Tell Method On Children’s Confidence. 382(Icet), 96–98. Https://Doi.Org/10.2991/Icet-19.2019.23

Ningrum, P. &. (2018). Hubungan Outdoor Learning Dengan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B Di Tk Setya Harapan Surabaya Mallevi Agustin Ningrum. 1–7.

Trelease, J. (1985). The Read-Aloud Handbook.

Widayanti, M., Komalasari, D., & Fitri, R. (2023). Pelatihan Penyusunan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Literasi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Guru Paud Di Kecamatan Prigen. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 14–18. Https://Doi.Org/10.26740/Jpm.V3n1.P14-18

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Anisa, D. F., Ningrum, M. A., Adhe, K. R., & Widayanti, M. D. (2024). Pengaruh Metode Read Aloud Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Lisan Pada Kelompok B di TK At-Taqwa Penjaringan Kota Surabaya: The Influence of the Read Aloud Method on Oral Communication Ability in Group B at At-Taqwa Kindergarten Penjaringan, Surabaya City. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 138–146. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2787

Issue

Section

Articles