Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru di TKIT Nurussalam Grogol

The Influence of Emotional Intelligence on Teacher Performance at TKIT Nurussalam Grogol

Authors

  • Dimas Hanif Adi Baskoro 5Insitut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta
  • Tri joko Susilo Insitut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta
  • Elina Intan Apriliani Insitut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta
  • Faiz Ridwan Romadlon Insitut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta
  • Dzikiri Khoirul Amin Insitut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2799

Abstract

The aim of this research is to determine the correlation between Emotional Intelligence and the performance of TKIT Nurussalam Grogol Sukoharjo teachers. The type of research used is descriptive research with a quantitative, correlational approach. The research subject was the TKIT Nurussalam Grogol Sukoharjo teacher. Meanwhile, the data collection method in this research uses a questionnaire. The sample and population in this study were 24 TKIT Nurussalam Grogol teachers. Meanwhile, the sample used 8 teachers at the school. Statistically, the researcher's hypothesis is called H1, while H0 is the opposite of the researcher's hypothesis, which means that H0 is that there is no relationship between emotional intelligence (eQ) and the performance of TKIT Nurussalam Grogol teachers for the 2023/2024 academic year. Researchers also carried out normality tests, normality tests using the Kolmogorov-Smirnov test. It is known that the significant value is 0.988, from here it is clear that the significance value is greater than 0.05, which means the data is normally distributed. After carrying out normality and hypothesis tests, and because the coefficient value is negative, the direction of the relationship between these 2 variables is not in the same direction. And from the resulting output it is known that the significance value is 0.588, and because the significance value is greater than 0.05, it means that there is an insignificant relationship between emotional intelligence. with teacher performance at TKIT Nurussalam Grogol Sukoharjo for the 2023/2024 academic year. Then to conclude the output results above, if ρ count > ρ table then Ho is rejected. From the existing data, if N = 8 and α 5% then the ρ table is 0.738, so it can be concluded that Ho is accepted, namely there is no relationship between emotional intelligence (eQ) and the performance of TKIT Nurussalam Grogol teachers for the 2023/2024 academic year.

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Korelasi antara Kecerdasan Emosional Terhadap kinerja guru TKIT Nurussalam Grogol Sukoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuatitatif yang berjenis korelasional. Subjek penelitian adalah Guru TKIT Nurussalam Grogol Sukoharjo. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Sampel dan populasi pada penelitian ini adalah Guru TKIT Nurussalam  Grogol sebanyak 24. Sedangkan sampel menggunakan 8 orang guru di sekolah tersebut. Secara statistic maka hipotesis peneliti ini disebut dengan H1 ,Sedangkan H0 adalah kebalikan dari hipotesis peneliti yang berarti H0 adalah Tidak ada hubungan antara kecerdasan emosi (eQ) dengan kinerja guru TKIT Nurussalam Grogol tahun ajaran 2023/2024. Peneliti juga melakukan uji normalitas,uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Diketahui bahwa nilai signifikan sebesar 0.988 ,dari sini Nampak jelas bahwa nilai signifikasi lebih besar dari 0.05,yang berarti data berdistribusi normal. Setelah melakukan uji normalitas dan hipotesis, Dan karena nilai koefisien negative maka arah hubungan 2 variabel ini tidak searah.dan dari output yang dihasilkan diketahui nilai signifikasi sebesar 0.588,dan karena nilai signifikasi lebih besar dari 0.05 maka artinya ada hubungan yang tidak signifikan  antara kecerdasan emosi dengan kinerja guru di TKIT Nurussalam Grogol Sukoharjo tahun ajaran 2023/2024. Kemudian untuk menyimpulkan hasil output di atas,jika ρ hitung > ρ table maka Ho ditolak. Dari data yang ada bila N = 8 dan α 5%  maka ρ  table sebesar 0.738,sehingga bisa disimpulkan bahwa Ho diterima yaitu Tidak ada hubungan antara kecerdasan emosi (eQ) dengan kinerja guru TKIT Nurussalam Grogol tahun ajaran 2023/2024.

References

Ekowati, S., Finthariasari, M., Yulinda, A. T., & Sonitra, S. (2020). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan spiritual terhadap kinerja guru SDN Kecamatan Pino Bengkulu Selatan. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS), 1(1), 10-19..

Nilamartini, Syamsuri, A. S., & Jusriadi, E. (2021). Pengaruh kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru di SMP Islam Athirah 1 Makasar. Competitiveness, 10(1), 1–17. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/competitiveness/article/download/4848/pdf

Verdian Islahi, M. ., & Mukhroji. (2023). Pengaruh Pendidikan Pelatihan (Diklat), Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Era Pandemi Covid-19 : Studi Kasus Pada Guru TK di Kabupaten Brebes Selatan. Jurnal El-Hamra : Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 8(1), 31–40. Retrieved from https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/elhamra/article/view/109

Abas, M. F., Mardani, R. M., & Priyono, A. A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosinal dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 9(21).

Novianti, R. (2020). Aulad : Journal on Early Childhood Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Komunikasi Guru di Taman Kanak - Kanak. 3(2), 61–68. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.57

Ramanda, D., Rini, R., & Oktaria, R. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 77–84. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.22255

Wahyuni, I. W., Raihana, R., Utami, D. T., Lubis, A. N., & Anriani, E. (2021). Kecerdasan Emosi dan Kompetensi Sosial Guru PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 172–178. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.105

Zebua, S. N., Siahaan, E., & Erlina, E. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kreativitas, dan Kemampuan Menyesuaikan Diri Terhadap Kinerja Guru SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3509–3519. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.923

Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung : Alfabeta, Cetakan ke-9, 2010), h. 118.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.2006 .Hal.47

Joko Subando, Teknik Analisis Data Kuantitatif(Teori dan Aplikasi dengan SPSS). Klaten: Lakeisha, 2021), h. 32

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Dimas Hanif Adi Baskoro, Tri joko Susilo, Elina Intan Apriliani, Faiz Ridwan Romadlon, & Dzikiri Khoirul Amin. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru di TKIT Nurussalam Grogol : The Influence of Emotional Intelligence on Teacher Performance at TKIT Nurussalam Grogol. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 186–191. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2799

Issue

Section

Articles