Peran Media Digital terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di Kober Al-Urwatul Wutsqa

The Role of Digital Media on Language Ability Early Childhood in Kober Al-Urwatul Wutsqa

Authors

  • Fini Welsa Agustin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Qonita Qonita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2800

Keywords:

Perkembangan Bahasa, Media Digital

Abstract

One indicator of development in early childhood is language development, however, a lack of stimulation for children can cause developmental disorders in early childhood. One of the stimulations in the digital era is the use of digital media, digital media is an audio-visual media which is calculated to be able to improve language skills in early childhood, where the use of digital media can help increase children's knowledge of vocabulary and color knowledge. , numbers, and text. This article aims to explain the role of digital media in early childhood language skills. Research on the role of digital media on young children's language skills uses a type of qualitative research in which data and information are obtained by collecting data through observation activities and case studies involving young children. The research results reveal that language skills in early childhood can be improved by using effective tools in the form of digital media, which need to be used wisely and under adult supervision. Language development in early childhood requires support from parents and educators by utilizing digital media, where in using digital media it is important to develop appropriate guidelines for parents and educators. Based on the previous explanation, it can be concluded that digital media has an important role as a development tool for young children, as long as it is used with full awareness of its impact and prioritizing healthy and in-depth social interactions in the language learning process.

 

ABSTRAK 

Salah satu indikator perkembangan pada anak usia dini ialah perkembangan bahasa tetapi, dengan kurangnya stimulasi pada anak dapat menyebabkan gangguan perkembangan terhadap anak usia dini. Salah satu stimulasi di era digital ialah dengan pemanfaatan media digital, media digital merupakan suatu media audio visual yang diperhitungkan mampu meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia dini, yang mana dengan adanya pemanfaatan media digital dapat membantu dalam meningkatkan pengetahuan anak tentang kosa kata, pengetahuan terhadap warna, angka, dan teks. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan peran media digital terhadap kemampuan berbahasa anak usia dini. Penelitian peran media digital terhadap kemampuan berbahasa anak usia dini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang mana dalam memperoleh data dan informasinya didapatkan dengan mengumpulkan data melalui kegiatan observasi dan studi kasus yang melibatkan anak usia dini. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan bahasa pada anak usia dini dapat ditingkatkan dengan menggunakan alat yang efektif berupa media digital, yang mana dalam penggunaannya perlu digunakan dengan bijak dan dalam pengawasan orang dewasa. Perkembangan bahasa pada anak usia dini perlu diberikannya dukungan dari orang tua dan pendidik dengan memanfaatkan media digital, yang mana dalam pemanfaatan media digital tersebut penting untuk mengembangkan pedoman yang tepat bagi orang tua dan pendidik. Berdasarkan penjelasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa media digital memiliki peran penting sebagai alat bantu perkembangan terhadap anak usia dini, asalkan dalam penggunaannya digunakan dengan penuh kesadaran akan dampaknya dan dengan mengutamakan interaksi sosial yang sehat dan mendalam dalam proses pembelajaran bahasa.

References

Fitria, N., Amelia, Z., & Hidayat, N. R. (2021). Kemampuan Keaksaraan melalui Media Digital “Bermain Keaksaraan” pada Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 36–49. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.6781

Juniarti, F., & Jumiatin, D. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini Di Ra Al Hidayah Bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(5), 1. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i5.p1-6

Kamilah, U., Rihlah, J., Fitriyah, F. K., & Syaikhon, M. (2020). Pengaruh Perilaku Kecanduan Gawai terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 61–67. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1685

Kurniasih, E. (2019). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 87–91.

Nurfitriani, D. (2023). PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MENURUT STTPA USIA 0-6 TAHUN. Prosiding Lokakarya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo, 3.

Priyoambodo, G. A. E., & Suminar, D. R. (2021). Hubungan Screen Time dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini : A Literature Review. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(5), 327. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i5.119

Taulany, H., & Prahesti, S. I. (2019). Media Pembelajaran Wayang Huruf untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 71. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.361

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Welsa Agustin, F., Qonita Qonita, & Edi Hendri Mulyana. (2024). Peran Media Digital terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di Kober Al-Urwatul Wutsqa : The Role of Digital Media on Language Ability Early Childhood in Kober Al-Urwatul Wutsqa. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 73–77. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2800

Issue

Section

Articles