Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Kotak Pintar Kelompok B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14

Improving the Ability to Recognize Letters through Smart Box Media Group B2 at Kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 14

Authors

  • Nurul Anjani Fieana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Fidrayani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Fidrayani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Miratul Hayati Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2802

Keywords:

mengenal huruf, usia 5-6 tahun, media kotak pintar

Abstract

The ability of young children to recognize letters is the ability to recognize and grasp the signs in writing that consist of alphabet letters symbolizing language sounds. According to the findings of the observations, some children's ability to detect letters did not develop optimally. The purpose of this study is to use smart box media to increase the capacity to recognize letters in the B2 group at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Sawangan. This is classroom action research (PTK), with 24 youngsters participating: 12 females and 12 boys. Observation and documenting strategies are used to obtain data. A quantitative descriptive method was taken to analyze the data. The study's findings revealed that using smart box media improved children's capacity to recognize letters, as evidenced by an 11.8% increase in average percentage score from 57.99% to 69.79%. From cycle I to cycle II, the good category increased by 11.81% from 69.79% to 81.60%. Based on these findings, smart box media can improve children's capacity to recognize letters; it can also be utilized in the classroom to develop children's curiosity about media, as well as by teachers for learning.

 

ABSTRAK

Kemampuan anak usia dini dalam mengenal huruf adalah kemampuan untuk mengenali dan memahami tanda-tanda dalam tulisan yang terdiri dari huruf-huruf alfabet yang melambangkan bunyi-bunyi bahasa. Berdasarkan hasil observasi, kemampuan mengenal huruf pada beberapa anak belum berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan media kotak pintar untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada kelompok B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Sawangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan jumlah peserta 24 anak: 12 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Strategi observasi dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kotak pintar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf, yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor rata-rata sebesar 11,8% dari 57,99% menjadi 69,79%. Dari siklus I ke siklus II, kategori baik meningkat 11,81% dari 69,79% menjadi 81,60%. Berdasarkan temuan ini, media kotak pintar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf, media ini juga dapat digunakan di dalam kelas untuk mengembangkan keingintahuan anak terhadap media, dan juga oleh guru untuk pembelajaran.

References

Apriana, Sri Winda, Sukmawati, and M. Yusran Rahmat. 2023. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Kegiatan Jemur Huruf Kelompok B TK Karya Banri Kabupaten Bulukumba.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 09(04). doi: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1679.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, and Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revi. Jakarta: Bumi Aksara.

Basori. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Kotak Pintar Di TK Mujahadah.” Jurnal Al-Abyadh 3(2):52–58.

Bromley, Karen D’Angelo. 1992. Language Arts: Exploring Connections. 2nd editio. Boston: Allyn and Bacon.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2012. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. II. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Fidrayani. 2015. Penerapan Expert Model Concept Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Dan Prestasi Akademik Siswa Kelas V SDN Sogaten Madiun. Disertasi. Universitas Negeri Malang.

Harnanto, Sugeng. 2016. “Alat Peraga Kotak Belajar Ajaib (Kobela) Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA 3(1):33–42.

Hayati, Fitriah, and Fatimah. 2019. “Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Bakiak Di Kelompok B TK Raudhatul Ilmi Tijue Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie.” Jurnal Buah Hati 6(1):53–61.

Islamiati, Reni, Dwi Prasetiyawati, and Ratna Wahyu Pusari. 2023. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf.” PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 12(1):155–62. doi: 10.26877/paudia.v12i1.15681.

Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Mahnun, Nunu. 2020. “Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran).” Jurnal Pemikiran Islam 37(1). doi: 10.4236/ce.2020.113020.

Pratiwi, Destri Rachma, Rizky Drupadi, and Ulwan Syafrudin. 2020. “Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Perumahan Guru Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara.” Jurnal Pendidikan Anak 6(2):89–97. doi: 10.23960/jpa.v6n2.22256.

Purwati, Baiq. 2019. “Meningkatkan Kemampun Membaca Permulaan Melalui Kegitan Bermain Kartu Huruf Bergamabar Pada Kelompok B TK Pertiwi Terara.” Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains 1(1):123–40.

Purwati, Tia. 2021. “Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Se-Kecamatan Tempilang Bangka Belitung.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 10(5):360–69.

Puspitasari, Kenti, and Nurul Khotimah. 2013. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Kotak Pintar Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi 1 Balongbesuk Kec. Diwek Kab. Jombang.” Jurnal PAUD Teratai UNESA 2(3):1–7.

Rahayuningsih, Sheila Septiana, Tritjahjo Danny Soesilo, and Mozes Kurniawan. 2019. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 9(1):11–18. doi: 10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18.

Salwanur, Syafruddin, and Arsyad Said. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Kata Pada Anak Kelompok A PAUD Terpadu Qalbun Salim Kalukubula Kabupaten Sigi.” Jurnal Kolaboratif Sains 1(1).

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Seefeldt, Carrol, and Barbara A. Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, Dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT. Indeks.

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Fieana, N. A., Fidrayani, Fidrayani, & Miratul Hayati. (2024). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Kotak Pintar Kelompok B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 : Improving the Ability to Recognize Letters through Smart Box Media Group B2 at Kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 14. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 62–72. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2802

Issue

Section

Articles