Analisis Pengenalan Literasi Digital pada Anak Usia Dini di Era Abad 21

Analysis of Introduction to Digital Literacy in Early Childhood in the 21st Century

Authors

  • Sarifah Hairani Universitas Negeri Surabaya
  • Irena Yolanita Maureen Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Khotimah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.2816

Abstract

Educational applications and technology are developing rapidly to meet the needs of the times. To remain relevant in the modern era, expertise in innovation, digital literacy and learning is required (Adiarsi et al., 2015). According to the Ministry of Education and Culture (2017), digital literacy, especially in early childhood, is an important life skill in the era of modern technology. This research reveals the introduction of digital literacy in early childhood and how it is related to facing technological challenges in the future. The aim of this research is to analyze literature regarding the introduction of digital literacy in early childhood in the modern era. This research will focus on the benefits and problems of using devices, the role of parents, components of introducing digital literacy, learning in schools, and the use of digital literacy tools. Data is collected from primary, secondary and tertiary sources, such as reference books, internet articles, journals and related research; Qualitative literature studies use content analysis methods to test relevant concepts and theories. The research results support the importance of digital literacy in early childhood. If used correctly, use of the device can have a positive impact. Digital literacy, which involves various aspects and approaches to learning, is influenced by parental understanding and is an important skill. Literacy education and "coding kids" have succeeded in improving students' abilities. Guidance is provided to parents and educators through digital literacy kits.

 

ABSTRAK

Aplikasi dan teknologi pendidikan berkembang dengan cepat untuk memenuhi tuntutan zaman. Untuk tetap relevan di era modern, keahlian dalam inovasi, literasi digital, dan pembelajaran diperlukan (Adiarsi et al., 2015). Menurut Kemendikbud (2017), literasi digital, terutama pada anak usia dini, merupakan keterampilan hidup penting di era teknologi modern. Penelitian ini menyelidiki pengenalan literasi digital pada anak usia dini dan bagaimana hal itu berkaitan dengan menghadapi tantangan teknologi di masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis literatur tentang pengenalan literasi digital pada anak usia dini di era modern. Penelitian ini akan berfokus pada manfaat dan masalah penggunaan perangkat, peran orang tua, komponen pengenalan literasi digital, pembelajaran di sekolah, dan penggun.aan alat literasi digital. Data dikumpulkan dari sumber primer, sekunder, dan tersier, seperti buku referensi, artikel internet, jurnal, dan penelitian terkait; studi literatur kualitatif menggunakan metode analisis isi untuk memeriksa konsep dan teori yang relevan. Hasil penelitian mendukung pentingnya literasi digital pada anak usia dini. Jika digunakan dengan benar, penggunaan perangkat dapat berdampak positif. Literasi digital, yang melibatkan berbagai aspek dan pendekatan pembelajaran, dipengaruhi oleh pemahaman orang tua dan merupakan keterampilan penting. Pendidikan literasi dan "coding kids" berhasil meningkatkan kemampuan siswa. Panduan diberikan kepada orang tua dan pendidik melalui kit literasi digital.

References

Adiarsi, G. R., Stellarosa, Y., & Silaban, M. W. (2015). Literasi Media Internet di Kalangan Mahasiswa. Humaniora, 6(4), 470. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i4.3376

Al-Ayouby, M. H. (2017). Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini (Studi di PAUD

dan TK. Handayani Bandar Lampung). http://digilib.unila.ac.id/27131/

Ali, Moh. (2022). “Innovative Leadership Management in Early Children Education.” Jurnal

Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (4): 3007–12. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198.

Alia, T. & I. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan

Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1)

Anggrita, N. L. (2019). Edukasi Literasi Digital pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan

Perangkat Gawai Sehari-Hari.bahasa.Title. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1).

Devi, M. (2021). Penerapan Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia

-5 Tahun di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Dini, K. K. A. U. (2022). Pedoman Literasi Digital Guru untuk Meningkatkan. Jurnal Obsesi:

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4697-4704.

Harjono, H. (2019). Literasi digital: Prospek dan implikasinya dalam pembelajaran

Hasbi, Muhammad. Adiarti, Wulan. Soendjojo, Rahmita P.Dkk.(2020). Toolkit Pemanfaatan

Literasi Digital dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20210918_192630.pdf

Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan gadget oleh anak usia dini pada era revolusi

industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 16-28. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/download/6636/pdf

ISO 690

Kemendikbud. (2017). Gerakan Literasi Nasional Materi Pendukung Literasi Budaya dan

Kewargaan. Kemendikbud: Jakarta.

Munawar, M., Fakhruddin, F., Rifai, A., & Prihatin, T. (2019). Keterlibatan Orangtua dalam

Pendidikan Literasi Digital Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 193-197).

Muryanti, E. (2011). Bahasa inggris untuk anak usia dini.

Nisa, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Thufula,

(1).

Nurhayani, N., & Nurhafizah, N. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia

Dini di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh. Jurnal Basicedu, 6(6), 9333-9343.

Pauweni, A. A., Baehaki, A., Lumbin, N. F., & Aulia, A. (2021). Pengenalan Literasi Digital

pada Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 3(1), 92-104.

Putri, M. S. (2021). Transformasi lingkungan pembelajaran berbasis literasi digital pada anak

usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 408-415. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/38491

Rachmat, I. F., & Hartati. (2020). Literasi Digital Orangtua Anak Usia Dini. Jurnal Jendela

Bunda, 7(2).

Suhendro, E. (2022, December). Coding Kids Sebagai Langkah Pengembangan Literasi Digital

Bagi Anak Usia Dini. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 6, pp. 235-242).

Wardani, E., & Mardiana, D. S. (2023). PENGARUH PEMAHAMAN LITERASI DIGITAL

ORANG TUA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBERIKAN GAWAI KEPADA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Anaking), 2(1), 247-255. https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/ja/article/view/480

Yusuf. (2020). Proses Literasi Digital Bagi Anak (Peserta Didik). https://lpmp- sumut.

kemdikbud.go.id/proses-literasi-digital-bagi-anak-peserta-didik-4/

Zaini, M., & Soenarto. (2019). Persepsi Orangtua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di

Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3.

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Sarifah Hairani, Irena Yolanita Maureen, & Nurul Khotimah. (2025). Analisis Pengenalan Literasi Digital pada Anak Usia Dini di Era Abad 21: Analysis of Introduction to Digital Literacy in Early Childhood in the 21st Century. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 7(1), 215–223. https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.2816

Issue

Section

Articles