Peran Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini di TKTQ Al Hikmah Boyolali

The Role of Teacher Professionalism in Increasing the Independence of Early Childhood at TKTQ Al Hikmah Boyolali

Authors

  • Qoriatul Zahro Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Miftahul Nur Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum
  • Dewi Muthmainnah Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum
  • Aisyah Azzahra Insitut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta
  • Elina Intan Apriliani Insitut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2879

Abstract

This research aims to find out the role of teacher professionalism in increasing the independence of young children at TKTQ Al Hikmah Boyolali and what factors hinder the development of children's independence. The method used is descriptive qualitative. The research subjects used were class teachers and the principal at TKTQ Al Hikmah Boyolali. Data collection techniques use interview and observation techniques. The results of the research conducted show that the role of teacher professionalism in increasing children's independence at TKTQ Al Hikmah Boyolali is very good where teachers carry out 6 roles that can help develop children's independence, including; role in providing positive understanding, role in getting children to be neat, role in providing games, role in giving children choices according to their interests, role in building communication with the child's parents. Meanwhile, the factors that hinder the development of children's independence are internal factors (different children's characters) and external factors (parental parenting and environment).

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran profesionalisme guru dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di TKTQ Al Hikmah Boyolali serta apa saja faktor yang menghambat perkembangan kemandirian anak. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru kelas dan Kepala Sekolah di TKTQ Al Hikmah Boyolali. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peran profesionalisme guru dalam meningkatkan kemandirian anak di TKTQ Al Hikmah Boyolali sudah sangat baik  dimana guru menjalankan 6 peranan yang dapat membantu mengembangkan kemandirian anak, antara lain; peran dalam memberikan pemahaman positif, Peran dalam membiasakan anak untuk rapi Peran dalam memberikan permainan, Peran dalam memberikan anak pilihan sesuai dengan minat, Peran dalam membangun komunikasi dengan orangtua anak Sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam perkembangan kemandirian anak ada faktor intemal (karakter anak yang berbeda) dan faktor ekstemal (pola asuh orangtua dan lingkungan).

References

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2006. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Bumi Aksara

Desmita.2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hurlock, E.B. 1990. Perkembangan Anak (Terjemahan Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Erlangga.

Islami, A. W., Dkk. ( 2021). Peran Guru Dalam Penanaman Perilaku Mandiri Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bina Sari Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 10 (2) :1-8

Komala. Mengenal dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh

Orang Tua dan Guru, Jurnal Tunas Siliwangi, Vo. 1 No. 1 Oktober 2015, hlm. 32.

Muthahhirah, Muthiah. 2017. “Deskripsi Metode Pembelajaran Dalam Penanaman Kemandirian Pada Anak Kelompok A Di TKIT Nurul Islam Gamping Sleman Yogyakarta.” Pendidikan Guru PAUD S-1 6 (7): 713–22.

Nurhafidzah (2011) Pengaruh Pembelajaran Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Pembangunan Kota Bengkulu.

Salina, Eva, M. Thamrin, dan Sutarmanto. 2014. “Faktor-Faktor Penyebab Anak Menjadi Tidak Mandiri Pada Usia 5-6 Tahun Di Raudatul Athfal Babussalam.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 3 (6).

Sunarty, Kustiah. 2016. “Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Kemandirian Anak.” Journal of Educational Science and Technology (EST) 2 (3): 152–60.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Qoriatul Zahro, Miftahul Nur, Dewi Muthmainnah, Aisyah Azzahra, & Elina Intan Apriliani. (2024). Peran Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini di TKTQ Al Hikmah Boyolali: The Role of Teacher Professionalism in Increasing the Independence of Early Childhood at TKTQ Al Hikmah Boyolali. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 192–197. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2879

Issue

Section

Articles