Komik Literasi Berbasis Kearifan Lokal: Media Pengembangan Karakter dalam Membangun Profil Pelajar Pancasila pada Anak Usia Dini

Literacy Comics Based on Local Wisdom: Character Development Media in Building Pancasila Student Profiles in Early Childhood

Authors

  • Roudlotun Ni'mah Universitas Nahdltun Ulama Sunan Giri
  • Ahmad Farid Utsman Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2951

Keywords:

Komik literasi berbasis kearifan lokal, Media Pengembangan Karakter, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

The aim of this research is to develop literacy comic learning media based on local wisdom of Tuban culture for group B children at RA Mambaul Islam in order to instill children's character values to build a Pancasila student profile. The type of method used by researchers is R&D (Research and Development) with the ADDIE development model. The validity test was assessed based on media experts, material experts, language experts, RA Mambaul Islam teachers, and 15 parents of group B RA Mambaul Islam students. The results of the percentage of media experts were 85% in the valid category, the percentage of material experts was 91% in the very valid category, and the percentage of language experts was 76% in the valid category. The test results for RA Mambaul Islam teachers were 88% with a very valid category and 15 parents of group B RA Mambaul Islam students had a percentage of 90% with a very valid category. From these results, it can be concluded that literacy comics based on local wisdom of Tuban culture in education instilling children's character values to build Pancasila student profiles in early childhood are valid and suitable for use in children's learning at RA Mambaul Islam.

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran komik literasi berbasis kearifan lokal budaya tuban untuk anak kelompok B di RA Mambaul Islam  guna menanamkan nilai karakter anak untuk membangun profil pelajar Pancasila. Jenis metode yang digunakan peneliti adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Uji validitas dinilai berdasarkan dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru RA Mambaul Islam, dan 15 orang tua siswa kelompok B RA Mambaul Islam. Hasil presentase ahli media sebesar 85% dengan kategori valid, presentase ahli materi sebesar 91% dengan kategori sangat valid, dan presentase ahli bahasa sebesar 76% dengan kategori valid. Hasil uji coba terhadapat guru RA Mambaul Islam sebesar 88% dengan kategori sangat valid dan 15 orang tua siswa kelompok B RA Mambaul Islam sebesar presentase 90% dengan kategori sangat valid. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa komik literasi berbasis kearifan lokal budaya tuban dalam edukasi menanamkan nilai karakter anak untuk membangun profil pelajar Pancasila pada anak usia dini valid dan layak digunakan dalam pembelajaran anak di RA Mambaul Islam.

References

Aditya, M. L. N., Sujana, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2023). Media Video Pembelajaran Desa Penglipuran Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58534

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan prestasi belajar Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93.

Apriani, S. (2023). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA KOMIK PENDEKATAN HOLISTIK KEBIDANAN JOMIS ( Journal of Midwifery Science ) PENDAHULUAN Seks , Ketika mendengar kata tersebut kebanyakan orang langsung berpikiran negative yang beranggapan tentang hubungan atar pr. JOMIS (Journal of Midwifery Science), 7(2).

Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 1. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.32650

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Hakim, A. F. (2018). PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT-ALAT PEMBAYARAN INTERNASIONAL PADA MATERI PEREKONOMIAN TERBUKA Alfian Furqon Hakim. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7, 204–212. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/10517/10209

Hasyim, W., Suharyat, Y., & Noerhidayah. (2009). PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Abd . Wahid Hasyim * Yayat Suharyat * Noerhidayah *. Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–12. http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/edukasi/article/view/690) diakses 24 Februari 2021

Husni Thamrin. (2013). Kearifan Lokal dalam Pelestarian Lingkungan (The Lokal Wisdom in Environmental Sustainable). Kutubkhanah, 16, 47–59.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Isu, B., & Pembelajaran, P. (2023). PROSIDING Seminar Nasional dalam Jaringan (Issue January 2021).

Ita, E. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.889

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.

Khoeriah, N. D., Nuryati, E., Samsudin, E., Mahpudin, A., & Nasir, M. (2023). Implementasi Manajemen PAUD Berbasis Pendidikan Sentra & Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di TK Kemala Bhayangkari 30 STIK. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 525–541. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.566.Implementation

LAGHUNG, R. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950

Majid, N. (2020). Strategies for Strengthening Character Through Mappatulung Local Wisdom in Actualizing Pancasila Values in the Muara Badak Coastal Area. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 432(Esic 2019), 92–99. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200417.020

Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Nasrulloh, M. F., Hanik, S., & Satiti, W. S. (2020). E-Comic Learning Media Based Problem Based Learning In Subject of Linear Equation System. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 2(1), 34–40. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v2i1.34-40

Niland, N., Pearce, A. P., Naumann, D. N., O’Reilly, D., Series, P. B., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Orsini, R. J., Medicine, T., Kalkman, J. P., Sataloff, R. T., Johns, M. M., Kost, K. M., Maiti, Bidinger, Assistance, H., Mitigate, T. O., Eroukhmanoff, C., & Licina, D. (2020). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Jurnal Falasifa, 167(1), 1–5. https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitisation-theory-an-introduction/

Ningrum, M. A., Hasibuan, R., Mas’udah, M., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563–574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3730

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Nurkholishoh, S., & Da’warul Choiro, U. (2022). Peran Permainan Tradisional Bakiak Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 142–152. https://doi.org/10.32665/abata.v2i1.340

Puspita Dewi, L., & Rachman, B. (2023). Penanaman Moral dan Karakter Anak Usia Dini dari Nilai-Nilai Pancasila dengan Metode Nyata Belajar di Ranah PAUD. Indonesian Journal of Society Engagement, 3(3), 130–144. https://doi.org/10.33753/ijse.v3i3.100

RAHAYUNINGSIH, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Rahmita, Y., Solfiah, Y., & Chairilsyah, D. (2021). Pengembangan Media Komik Digital untuk Media Pelajaran Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Al-Azhar 54 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 10331–10338. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2621%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/2621/2286

Rasmini, N. W. (2023). STEM : Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal Tri Ramana terhadap Capaian Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5719–5732. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5283

Rosa, N. N., & Retnaningsih, L. E. (2022). Pelatihan Permainan Tradisional Melayu Pada Guru Ra Se-Kota Tanjungpinang Sebagai Media Penanaman Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 266. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1151

Saputro, Dwi, A. (2015). Aplikasi Komik sebagai Media. Muaddib, 05(ISSN 2088-3390), 01.

Soedarso, N. (2015). Komik: Karya Sastra Bergambar. Humaniora, 6(4), 496. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i4.3378

Syaputra, E. (2019). Local Wisdom for Character Education: A Study of Character Values in Tabot Tradition in Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 136. https://doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.2245

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Ni’mah, R., & Ahmad Farid Utsman. (2024). Komik Literasi Berbasis Kearifan Lokal: Media Pengembangan Karakter dalam Membangun Profil Pelajar Pancasila pada Anak Usia Dini: Literacy Comics Based on Local Wisdom: Character Development Media in Building Pancasila Student Profiles in Early Childhood. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 40–50. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2951

Issue

Section

Articles