Implementasi Pendidikan Seks terhadap Perilaku Anak dalam Bergabung dengan Sesama Berbasis Video Animasi

Implementation Of Sex Education On Children's Behavior In Associating With Peers Based On Animation Videos

Authors

  • Nurhusni Kamil UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fadila Arnisa Harahap UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Lilia Nurramadani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Yuanita Anthon Sope UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2961

Keywords:

Pendidikan Seks;Perilaku Anak; Pergaulan dengan Teman Sebaya; Video Animasi

Abstract

It is necessary to introduce the concept of sex education to children from an early age because this is the basis for children interacting with peers. Sex education in society is usually a taboo subject, but actually it is no longer taboo and needs to be introduced clearly. There are many methods that parents can use. In this study, researchers implemented an introduction to the concept of sex education to children through animated video services. This is because children tend to like things that move and make sounds, such as films or videos, compared to just visualization shows such as story books. This type of research uses qualitative research with a case study approach. The case study is a model that focuses on exploring "limited systems" in particular by extracting detailed and in-depth data. Information obtained from various sources to obtain the desired data. The research was conducted at Kindergarten IB 68, Sungai Rumbai District, Dharmasraya Regency, West Sumatra Province with a research time of 3 months starting from January to March 2023. The subjects in the study were children with an age range of 5-6 years who were selected through a purposive sampling technique. The data analysis techniques used are observation and interviews. The results of the research show that the use of animated videos has an influence on differences in children's behavior in interacting with peers. In this case, the video shown to children is not only shown once but is done several times and observations are made to see the effect on the child's behavior in socializing with peers.

 

ABSTRAK 

Konsep pendidikan seks pada anak perlu diperkenalkan sejak dini karena hal ini menjadi landasan anak dalam berinteraksi dengan teman sebayanya. Pendidikan seks di masyarakat biasanya merupakan hal yang tabu, namun sebenarnya sudah tidak tabu lagi dan perlu diperkenalkan secara jelas. Ada banyak cara yang bisa digunakan orang tua. Pada penelitian ini peneliti menerapkan pengenalan konsep pendidikan seks pada anak melalui layanan video animasi. Pasalnya, anak cenderung menyukai benda-benda yang bergerak dan mengeluarkan suara, seperti film atau video, dibandingkan hanya tayangan visualisasi seperti buku cerita. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus merupakan model yang berfokus pada eksplorasi “sistem terbatas” khususnya dengan mengekstraksi data secara detail dan mendalam. Informasi diperoleh dari berbagai sumber untuk memperoleh data yang diinginkan. Penelitian dilaksanakan di TK IB 68 Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat dengan waktu penelitian selama 3 bulan terhitung pada bulan Januari sampai dengan Maret 2023. Subyek dalam penelitian adalah anak dengan rentang usia 5-6 tahun yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi memberikan pengaruh terhadap perbedaan perilaku anak dalam berinteraksi dengan teman sebaya yaitu anak sudah mulai memahami batasan bersosialisasi dengan teman sebayanya di lingkungan sekitar. Dalam hal ini video yang ditayangkan kepada anak tidak hanya ditayangkan satu kali saja melainkan dilakukan beberapa kali dan dilakukan observasi untuk melihat pengaruhnya terhadap perilaku anak dalam bersosialisasi dengan teman sebayanya. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan peneliti merekomendasikan kegiatan ini kepada guru atau semua lapisan praktisi Pendidikan untuk dapat mengenalkan hal terutama mengenai Pendidikan seks salah satunya dapat menggunakan video animasi. Adapun implikasi dari penelitian ini yaitu hasil penelitian dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengenalkan konsep Pendidikan seks kepada anak. Hasil penelitian dan kelemahan penelitian dapat dijadikan pedoman bagi peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian yang memiliki tema yang sama.

References

Ayling, N. J., Walsh, K., & Williams, K. E. (2020). Factors influencing early childhood education and care educators’ reporting of child abuse and neglect. Australasian Journal of Early Childhood, 45(1), 95–108. https://doi.org/10.1177/1836939119885307

Bus, A. G., Neuman, S. B., & Roskos, K. (2020). Screens, Apps, and Digital Books for Young Children: The Promise of Multimedia. AERA Open, 6(1), 233285842090149. https://doi.org/10.1177/2332858420901494

Chang, C. J., Lo, C. O., & Chuang, S. C. (2020). Applying Video Modeling to Promote the Handwriting Accuracy of Students with Low Vision Using Mobile Technology. Journal of Visual Impairment and Blindness, 114(5), 406–420. https://doi.org/10.1177/0145482X20953269

Febriagivary, A. H. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seksualitas Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 8(2), 11–20.

Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift the Flap “Auratku.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33. https://doi.org/10.22373/equality.v7i1.8683

Flores, D. D., Rosario, A. A., Bond, K. T., Villarruel, A. M., & Bauermeister, J. A. (2020). Parents ASSIST (Advancing Supportive and Sexuality-Inclusive Sex Talks): Iterative Development of a Sex Communication Video Series for Parents of Gay, Bisexual, and Queer Male Adolescents. Journal of Family Nursing. https://doi.org/10.1177/1074840719897905

Haryono, S. E., Anggareni, H., Muntomimah, S., & Iswahyudi, D. (2018). Impelementasi pendididkan sex pada anak usia dini di sekolah. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 3(1), 24. https://doi.org/10.33366/japi.v3i1.839

Hewett, K. J. E., Zeng, G., & Pletcher, B. C. (2020). The Acquisition of 21st-Century Skills Through Video Games: Minecraft Design Process Models and Their Web of Class Roles. Simulation and Gaming, 51(3), 336–364. https://doi.org/10.1177/1046878120904976

Ismiulya, F., Diana, R. R., Na’imah, N., Nurhayati, S., Sari, N., & Nurma, N. (2022). Analisis Pengenalan Edukasi Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4276–4286. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2582

Jatmikowati et al. (2015). a Model and Material of Sex Education for Early-Aged-Children. Tri Endang Jatmikowati,Ria Angin, Ernawati, No. 03, 434–448.

Karni-Visel, Y., Hershkowitz, I., Lamb, M. E., & Blasbalg, U. (2021). Nonverbal Emotions While Disclosing Child Abuse: The Role of Interviewer Support. Child Maltreatment, 28(1), 66–75. https://doi.org/10.1177/10775595211063497

Mantilla, A., & Edwards, S. (2019). Digital technology use by and with young children: A systematic review for the Statement on Young Children and Digital Technologies. Australasian Journal of Early Childhood. https://doi.org/10.1177/1836939119832744

Nurhusni Kamil, E. A. H. (2023). Implementation of STEAM in Preschool as a 21st-Century Learning Innovation. 3(1), 54–65. https://doi.org/10.14421/joyced.2023.31-06

Nurhusni Kamil, H. (2023). Analisis Metode Scaffolding pada Pembelajaran di PAUD. Jurnal Educhild (Pendidikan Dan Sosial), 12(2), 34–39.

Purwasih, W. (2022). Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Di Paud Aisyiyah Cabang Kartasura. BUANA GENDER : Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(2). https://doi.org/10.22515/bg.v3i2.4920

Riney, L., Frey, T., Fain, E., Duma, E., & Chambers, P. (2020). Improving Communication With Families for Evaluation of Child Abuse. Journal of Patient Experience, 7(6), 827–829. https://doi.org/10.1177/2374373520950987

Spoyalo, K., Courtemanche, R. J. M., & Henkelman, E. (2020). Online Cleft Educational Videos: Parent Preferences. Cleft Palate-Craniofacial Journal. https://doi.org/10.1177/1055665620957215

Suhasmi, N. C., & Ismet, S. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 164–174.

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Nurhusni Kamil, Fadila Arnisa Harahap, Lilia Nurramadani, & Yuanita Anthon Sope. (2024). Implementasi Pendidikan Seks terhadap Perilaku Anak dalam Bergabung dengan Sesama Berbasis Video Animasi: Implementation Of Sex Education On Children’s Behavior In Associating With Peers Based On Animation Videos. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 32–39. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2961

Issue

Section

Articles