Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Jawa Melalui Cooperative Play pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri 1 Kretek Bantul

Efforts to Improve Javanese Speaking Skills Through Cooperative Play in Children Aged 4-5 Years at Kindergarten 1 Kretek Bantul

Authors

  • Ulfa Hidayati Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3181

Abstract

This study aims to improve Javanese speaking skills through cooperative play in 45-year-old children at TK Negeri 1 Kretek. The type of research used in this study is Classroom Action Research (PTK) or Classroom Action Research collaboratively with teachers. This research was conducted in Group A of TK Negeri 1 Kretek with 15 children, consisting of 8 boys and 7 girls. The data collection methods used are observation and photo documentation. This study analyzed using qualitative descriptive analysis. The observations used were preliminary data on the ability to speak Javanese pre-action on the criteria developed very well with a percentage of 6%. After the implementation of cycle I actions on the criteria developed very well, increasing by a percentage of 33%. After the second cycle, the criteria developed very well, experiencing a significant increase of 80%

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jawa melalui cooperative play pada anak usia 45 tahun di TK Negeri 1 Kretek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research secara kolaboratif dengan guru. Penelitian ini dilakukan di Kelompok A TK Negeri 1 Kretek dengan jumlah anak ada 15 anak, terdiri dari 8 anak lakilaki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi foto. Penelitian ini menganalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil observasi yang digunakan berupa data awal kemampuan berbicara bahasa Jawa pra tindakan pada kriteria berkembang sangat baik dengan persentase 6%. Setelah dilakukan pelaksanaan tindakan siklus I pada kriteria berkembang sangat baik meningkat dengan persentase 33%. Setelah dilakukan siklus II kriteria berkembang sangat baik mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 80%

References

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 73-79.

Arfianingrum, P. (2020). Penerapan Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Sesuai Dengan Konteks Tingkat Tutur Budaya Jawa. Jurnal Prakarsa Paedagogja, 138-141.

Aulia, S., & Dimyati. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi, 1861-1862.

Bhakti, W. P. (2020). Pergeseran Penggunaan Bahasa Jawa Ke Bahasa Indonesia Dalam Komunikasi Keluarga Di Sleman. Jurnal Skripta, 29-39.

Kurniawan, H., Marwany, & TitiAnisatulLaely. (2020). Bermain dan Permainan Untuk Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munawaroh, H., Fauziddin, M., Haryanto, S., & dkk. (2022). Pembelajaran Bahasa Daerah Melalui Multimedia Interaktif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 4058-4060.

Noermanzah. (2019). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra, Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (pp. 307-308). Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 107-110.

Ramadhan, M. (2021). Upaya Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa pada Anak Usia 4-5 tahun di RA Cahaya Insani Bohar Taman Sidoarjo. Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Shalehah, A., Hidayatullah, M., & Rachmah, D. N. (2018). Penerapan Cooperative Play Dalam Bentuk Permainan Konstruktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kognisia, 84-85.

Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal Audhi, 5-9.

Utama, W. W. (2020). Revitalisasi Bahasa Daerah Untuk Anak Usia Dini di TK Pertiwi Puro Pakualaman Yogyakarta. Jurnal Skripta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPY.

Wulan, R., & Eny. (2021). Implementasi Pembelajaran Media Gambar Bahasa Jawa Halus Krama Inggil Terhadap Anak Usia Dini TK Islam Ar Rohman. Skripsi Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Yogyakarta, T. B. (2011). Kamus Bahasa Jawa (Basusastra Jawa). Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Hidayati, U. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Jawa Melalui Cooperative Play pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri 1 Kretek Bantul: Efforts to Improve Javanese Speaking Skills Through Cooperative Play in Children Aged 4-5 Years at Kindergarten 1 Kretek Bantul. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(2), 338–346. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i2.3181

Issue

Section

Articles