Pengembangan Instrumen Pengukur Keterampilan Guru dalam Mengajar Berbasis Media Pembelajaran (Loose Part) di Lembaga PAUD Jawa Tengah

Development of Teacher Skill Measurement Instruments in Teaching Based on Learning Media (Loose Part) in PAUD Institutions in Central Java

Authors

  • Dyah Kusbiantari Universitas Ivet Semarang
  • Sahrul Universitas Ivet Semarang
  • Sri Marfu’ah KB Mutiara Sari Soneyan Margoyoso Pati
  • Yeni Sundari Universitas Ivet Semarang
  • Salwa Asysyifaa Salsabila Universitas Ivet Semarang
  • Siti Sumarni Universitas Ivet Semarang
  • Yaniatu Hujjatunnafiah Universitas Ivet Semarang
  • Lukmarti Mujianah TK Islam Al Mansur Demak
  • Winanti Nike Apriliawan PAUD Raudlatul Falah Siti Luhur Gembong Pati

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3233

Abstract

Early childhood children are great imitators and active learners where children build knowledge by playing and always active in exploring new knowledge, and have a high curiosity. Game media loose parts is a game material that can be moved, combined, and redesigned in various ways. This research is research Research and development (R&D) by developing instruments to measure teacher skills in teaching based on learning media (loose parts)The aim is to find out valid and reliable instruments. The subjects in this research were 34 PAUD institution teachers located in Central Java. The statement instrument developed consisted of 10 items to be tested, the results of data analysis using the Jamovi application version 2.4.14  in items number 1 to number 10 it is more than (>) 0.3291, meaning that the instrument is said to be valid, based on the analysisdata Item Reliability Statistics from item 1 to item 10 it is more than(>) 0.6 then the instrument can be said to be reliable, seen from the tableScale Reliability Statistics Cronbach's α there is 0.761 with an Average (Mean) of 7.87%, then the instrumentmeasuring teacher skills in teaching using media (loose parts) good for use in the field and can be developed by students.

ABSTRAK

Anak usia dini sebagai peniru yang ulung dan pembelajar aktif dimana anak tersebut membangun pengetahuan melalui bermain dan selalu aktif menggali berbagai pengetahuan baru, serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi Media permainan loose parts merupakan suatu bahan permainan yang dapat dipindahkan, digabungan, dan dirancang ulang dengan berbagai cara. Penelitian ini merupakan penelitian Research and development (R&D) dengan mengembangkan instrumen pengukur keterampilan guru dalam mengajar berbasis media pembelajaran (loose parts),tujuannya untuk mengetahui instrumen yang valid dan reliabilitas. Subyek dalam penelitian ini guru lembaga PAUD berlokasi di jawa tengah dengan jumlah 34 orang. Instrumen pernyataan yang dikembangkan terdiri 10 item untuk diujikan, hasil analisis data menggunakan aplikasi Jamovi versi 2.4.14  pada item nomor 1 sampai dengan nomor 10 sudah lebih dari (>) 0,3291 artinya instrumen tersebut dikatakan valid, berdasarkan analisis data Item Reliability Statistics dari item 1 sampai dengan item 10 sudah lebih dari (>) 0,6 maka instrumen dapat dikatakan reliabilitas, dilihat dari tabel Scale Reliability Statistics Cronbach's α terdapat 0,761 dengan Rata-rata (Mean) 7,87%, maka instrumen pengukur keterampilan guru dalam mengajar menggunakan media (loose parts) baik digunakan di lapangan dan dapat dikembangkan pada siswa.

References

Anita Damayanti, Sriyanti Rahmatunnisa, & Lia Rahmawati. (2020). Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Steam Dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati, 7(2), 74–90. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1124

Badriyah, E. S. (2022). Penggunaan Media Loose Part dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3), 2.

Fransiska, Y., & Yenita, R. (2021). Penggunaan Media Loose Parts dalam Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(8), 5454–5462.

Kulsum, U. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Loose Parts. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1), 60–66. https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4046

Kurnia, A., & Nasrudin, D. (2022). Mengukur Efektivitas Pelatihan Implementasi Pembelajaran STEAM- Loose Parts pada Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3727–3738. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2372

Leonia, R. A., Handayani, T., & Putri, Y. F. (2022). Pengaruh Media Loose Part Terhadap Kemampuan Pra Menulis Anak Pada Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 9–17. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14058

Mita Oktavia & Abdul Karim Halim, 2022. Penggunaan Media Loose Part dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Tunas Harapan. DOI: https://doi.org/10.24036/jfe.v2i3.69

Nurjanah, S., & Muthmainah, M. (2023). Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3519–3536. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4434

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Rahma, B. A., Kustiono, K., & Setiawan, D. (2023). Penerapan Merdeka Belajar dengan Media Berbahan Loose Part pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3991–4001. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4926

Rosanaya, S. L., & Fitrayati, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2258–2267. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/785

Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40–52. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3645

Sahrul, et al, (2022) Development of Instruments to Measure Self-Confidence and Creative Thinking in Mathematics Learning for Vocational High School Students Journal of Research and Educational Research Evaluation JRERE 11 (1) 2022 81-92 http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere

Sahrul, et al, (2022) Evaluasi Hasil Belajar SiswaMata Pelajaran MatematikaPada SMPN 1 Sape Kabupaten Bima. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes.

Syaifudin Azwar 2017. Uji Validitas dan Reliabilitas. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Valentina Dewi, E. R., Hibana, H., & Ali, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Loose Parts terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 267–282. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3451

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Dyah Kusbiantari, Sahrul, Sri Marfu’ah, Yeni Sundari, Salwa Asysyifaa Salsabila, Siti Sumarni, Yaniatu Hujjatunnafiah, Lukmarti Mujianah, & Winanti Nike Apriliawan. (2025). Pengembangan Instrumen Pengukur Keterampilan Guru dalam Mengajar Berbasis Media Pembelajaran (Loose Part) di Lembaga PAUD Jawa Tengah: Development of Teacher Skill Measurement Instruments in Teaching Based on Learning Media (Loose Part) in PAUD Institutions in Central Java. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 7(1), 41–48. https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3233

Issue

Section

Articles