Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Pada Kelompok A Di TK Wulele Sanggula II

Improving Children's Fine Motor Skills Through Collage Activities in Group A at Wulele Sanggula II Kindergarten

Authors

  • Firna Safitri Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Nensi Enchi Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Nur Jutira Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Musdalifa Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Wa Ode Nabila Irwan Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Nurzan Najmah Ibrahim Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Hapsah Alsa Putri Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Roni Amaludin Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3343

Abstract

Motor development is the process by which children acquire the skills and movement patterns necessary to perform various physical activities. Early childhood education (PAUD) also plays an important role in detecting and providing early intervention for various developmental problems that may occur in children. This research focuses on describing children's fine motor skills through collage activities, which are designed to improve both aspects simultaneously. The research techniques used are observation and documentation. Observation allows researchers to see phenomena directly, while documentation provides additional data that can be analyzed further. The results of the research can be proven to be an effective method for improving children's fine motor skills and encouraging their creativity. This activity involves hand-eye coordination as well as various fine motor skills, such as arranging and gluing, which supports children's fine motor development.

 

ABSTRAK

Perkembangan motorik adalah proses di mana anak-anak memperoleh keterampilan dan pola gerakan yang diperlukan untuk melakukan berbagai aktivitas fisik. Pendidikan anak usia dini (PAUD) juga berperan penting dalam mendeteksi dan mengintervensi dini berbagai masalah perkembangan yang mungkin terjadi pada anak. Penelitian ini berfokus pada mendeskripsikan kemampuam motorik halus anak melalui kegiatan kolase, yang di rancang untuk meningkatkan kedua aspek tersebut secara bersamaan. Adapun teknik  penelitian yang di gunakan adalah observasi dan dokumentasi, Observasi memungkinkan peneliti melihat fenomena secara langsung, sementara Dokumentasi memberikan data tambahan yang bisa dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian yang di dapat terbukti bahwa metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dan mendorong kreativitas mereka. Aktivitas ini melibatkan koordinasi mata dan tangan serta berbagai keterampilan motorik halus, seperti menyusun dan menempel, yang mendukung perkembangan motorik halus anak.

References

Arikunto, Suharsimi.(2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asmara, B. (2020). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting pada anak usia dini di kelompok A tk khadijah surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 11-23.

Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan fisik motorik anak usia dini. Caremedia Communication.

Latief, S. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Sebagai Pondasi Pembentukan Karakter Dalam Era Revolusi 4.0 Dan Society 5.0: Teknik Dan Keberlanjutan Pendidikan Karakter. Jurnal Literasiologi, 3(2).

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat pencapaian pada aspek perkembangan anak usia dini 5-6 tahun berdasarkan strandar nasional pendidikan anak usia dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52-65.

WINARTI, P. (2019). MENUMBUHKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN KERTAS LIPAT PADA KELOMPOK B TK DANA WARGA KECAMATAN SIMOKERTO SURABAYA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).

Yuliani, W., & Supriatna, E. (2023). Metode Penelitian Bagi Pemula. Penerbit Widina.

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Firna Safitri, Enchi, N., Nur Jutira, Musdalifa, Wa Ode Nabila Irwan, Nurzan Najmah Ibrahim, Hapsah Alsa Putri, & Roni Amaludin. (2025). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Pada Kelompok A Di TK Wulele Sanggula II: Improving Children’s Fine Motor Skills Through Collage Activities in Group A at Wulele Sanggula II Kindergarten. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 7(1), 166–172. https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3343

Issue

Section

Articles