Kebijakan Pemerintah dalam Pendidikan Inklusi pada Anak Usia Dini

Government Policy on Inclusive Education for Early Childhood

Authors

  • Asmil Ratna Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3483

Abstract

This article discusses the policy decision by the government in declaring inclusive education for early childhood. Inclusive education as an educational service system aimed at all children including children with special needs. This study is important to be studied because of the existence of an inclusive education policy. This type of research uses the SLR (Literature Review Study) method. The purpose of the research review is to conceptualize the research basis and framework of thought regarding problems in inclusive education. Research articles must meet the following criteria: a) the subject of the research is early childhood; b) inclusive education in Indonesia. This article finds that in Indonesia, the initial steps towards inclusive education have begun in 2000 through an integrated education program. As a policy taken, the government ensures that educational services are adjusted to the 1945 Constitution. This policy is based on several important policies, including Law Number 4 of 1997 concerning Persons with Disabilities, Law Number 23 of 2002 concerning Child Protection, Government Regulation Number 19 of 2005 concerning National Education Standards, Regulation of the Governor of DKI Jakarta Number 116 of 2007 concerning the Implementation of Inclusive Education. Although policies and regulations already exist, the implementation of inclusive education still faces many obstacles, including the unpreparedness of institutions, lack of understanding and special training for teachers and inadequate facilities and infrastructure in many schools.

 

ABSTRAK

Artikel ini membahas mengenai keputusan kebijakan oleh pemerintah dalam mendeklarasikan pendidikan inklusi pada anak usia dini. Pendidikan inklusif sebagai sistem layanan pendidikan yang ditujukan kepada semua anak termasuk anak berkebutuhan khusus. Studi ini penting untuk diteliti karena adanya suatu kebijakan pendidikan inklusif. Jenis penelitian ini menggunakan metode SLR (Studi Literature Review). Tujuan dari tinjauan penelitian ialah untuk mengonsepkan landasan penelitian dan kerangka pemikiran mengenai permasalahan dalam pendidikan inklusi. Artikel penelitian harus memenuhi kriteria berikut: a) subyek penelitian adalah anak usia dini; b) pendidikan inklusi di Indonesia. Artikel ini menemukan bahwa di Indonesia, langkah awal menuju pendidikan inklusif telah dimulai pada tahun 2000 melalui program pendidikan terpadu. Sebagaimana kebijakan yang diambil, pemerintah memastikan bahwa layanan pendidikan disesuaikan dengan Undang-Undang Dasar 1945. Kebijakan tersebut dilandasi dengan beberapa kebijakan penting, termasuk UU Nomor 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat, UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 116 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Meskipun kebijakan dan regulasi sudah ada, penerapan pendidikan inklusif masih menghadapi banyak kendala, termasuk ketidaksiapan lembaga, kurangnya pemahaman dan pelatihan khusus bagi guru serta sarana prasarana yang belum memadai di banyak sekolah.

References

Alderson, J. Charles & Wall, D. (1992). No Titleバイオフィードバックへの工学的アプローチ. Japanese Society of Biofeedback Research, 19, 709–715. https://doi.org/10.20595/jjbf.19.0_3
Amka, Mirnawati, Utomo, & Ekasari Kusumastuti, D. (2019). Kontribusi Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Dalam Implementasi Pendidikan Inklusi. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 5(2), 91–96. www.jurnalsagacious.net
ANANDA MUHAMAD TRI UTAMA. (2022). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 9(6), 356–363.
Ariani, E. (2022). Manajemen Pembelajaran Inklusi di TK Islam Al Hikmah Selokerto Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. Media Manajemen Pendidikan, 4(3), 448–461. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i3.10040
Ayu Zalni, Elna Yustiana, Resti Ayu Putri, & Opi Andriani. (2024). Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Inklusi. In Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 2, Issue 1, pp. 01–05). https://doi.org/10.47861/khirani.v2i1.739
Babk, S., Anak, M., & Dan, T. (2023). Masyarakat. 1, 90–94.
Chamidah, A. N. (2013). Mengenal anak berkebutuhan khusus. Magistra, 25(86), 1–10. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-atien-nur-chamidah-mdisst/mengenal-abk.pdf
Erva Karimatunisa, & Taufik Muhtarom. (2024). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif. Journal Innovation In Education, 2(3), 101–107. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i3.1369
Febriana Sulistya Pratiwi. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 7(8.5.2017), 2003–2005. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Iswari, M. (2007). Pendidikan Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Repository.Unp.Ac.Id. http://repository.unp.ac.id/1019/1/MEGA ISWARI_286_09.pdf
Izzah, A. (2022). Identifikasi Siswa Berkebutuhan Khusus. Ournal of Industrial Engineering & Management Research, 3(1), 229–237. https://doi.org/10.7777/jiemar.v3i1.297
Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632
Kismawiyati, R. (2018). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Paud Kabupaten Jember. HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 1–10. https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1456
Minawati. (2015). Identifikasi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Inklusi. In Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang (Vol. 3).
Mursidi, A. (2019). Identifikasi Dini Guna Mengoptimalkan Kemampuan Bahasa pada Anak Tuna Rungu Usia Pra Sekolah. Jurnal Psikologi, 6(1), 39–53.
Mustafidah, D. N. (2023). Identifikasi Kemampuan Berhitung Anak Tunagrahita Menggunakan Media Papan Magnet Di Kelas 1 Slb Negeri Jenangan …. http://etheses.iainponorogo.ac.id/23651/1/Dewi Nafisatul Mustafidah_203190029_PGMI.pdf
Rachmat, I. F. (2018). JURNAL JENDELA BUNDA Vol 6 No 1 Maret-Agustus 2018. Pengaruh Kelekatan Orang Tua Dan Anak Terhadap Penggunaan Teknologi Digital Anak Usia Dini, 6(1), 14–29.
Saputra, A. (2018). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3), 1–15. https://doi.org/10.14421/jga.2016.13-01
Shofa, M. F. (2018). Implementasi Manajemen Pendidikan Inklusi di PAUD Inklusi Saymara Kartasura. In At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/10.22515/attarbawi.v3i2.1337
Sholehah, A. M., & Putro, K. Z. (2022). Anak Berbakat (Jenius Atau Gifted Children). Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 304. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.996
Suryani, Y, E. (2017). Kesulitan belajar. Magistra, 73(22), 33–47.
Wahyudi, W., & Kristiawati, R. (2016). Gambaran Sekolah Inklusif di Indonesia: Tinjauan Sekolah Menengah Pertama. Gambaran Sekolah Inklusif Di Indonesia, xi – 95. http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_14D0F106-F4EE-486B-A74F-84A191B4AD25_.pdf
Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36–41.
Wicaksono, A., Nafi’ah, A., Winona, A., & Muhid, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Din, 4(2), 409–410. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/view/1635
Winarsih, S., Hendra, J., Idris, F. H., & Adnan, E. (2013). Panduan penanganan nak berkebutuhan khusus bagi pendamping (orang tua, keluarga, dan masyarakat). Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, 1–17. https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/b3401-panduan-penanganan-abk-bagi-pendamping-_orang-tua-keluarga-dan-masyarakat.pdf
Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). In Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran (Vol. 7, Issue 1, p. 143). https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3152
Yuliastut, P. R. (2019). Kompetensi Guru dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pendidikan Inklusif di Sekolah Inklusi Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” September, 358–367.

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Ratna, A. (2025). Kebijakan Pemerintah dalam Pendidikan Inklusi pada Anak Usia Dini: Government Policy on Inclusive Education for Early Childhood . Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 7(1), 143–155. https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3483

Issue

Section

Articles