Implementasi Pendidikan Seksualitas PAUD Berbasis Agama

Implementation of Religion-Based Early Childhood Sexuality Education

Authors

  • Dhiana Binantari Unversitas Negeri Semarang
  • Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto Universitas negeri Semarang
  • Diana Universitas negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3491

Keywords:

Pendidikan seksualitas; PAUD;Tinjauan Pustaka;pendidikan berbasis agama

Abstract

This article reviews the literature on the Implementation of Faith-Based Sexuality Education focusing on Early Childhood Education (ECED) schools in Indonesia. This systematic literature review (hereafter SLR) involved searching, screening and synthesizing articles on faith-based sexuality education published in the last ten years (2014-2024) from electronic databases namely SCOPUS, Google Scholar. The findings of this review identified 15 relevant articles and revealed that most of the relevant studies were conducted qualitatively with a focus on the implementation of faith-based sexuality education. In addition, the researcher applied the concept of sexuality education from various specific religions whose research topic mapping has been widely studied but received less attention, such as whether faith-based sexuality education is successful in the long run, whether it is accepted by various religious communities, and how it is best for early childhood education. In addition, the researcher used several conceptualizations of sexuality education involving educators, institutions, government agencies. This study suggests that further qualitative research is needed to understand the importance of implementing sexuality education in faith-based institutions by involving government agencies and educators to find out the forms of practices used in the delivery of sexuality education by educators.

 

ABSTRAK 

Abstrak. Artikel ini mengulas literatur tentang Implementasi Pendidikan Seksualitas Berbasis Agama yang berfokus pada sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia. Tinjauan literatur sistematis (selanjutnya disebut SLR) ini meliputi pencarian, penyaringan, dan sintesis artikel-artikel pendidikan seksualitas berbasis agama yang diterbitkan sepuluh tahun terakhir (2014-2024) dari database elektronik yaitu SCOPUS, Google Scholar. Temuan tinjauan ini mengidentifikasi 15 artikel yang relevan dan mengungkapkan bahwa sebagian besar penelitian yang relevan dilakukan secara kualitatif dengan fokus pada Implementasi pendidikan seksualitas berbasis agama. Selain itu, peneliti menerapkan konsep pendidikan seksualitas dari berbagai agama tertentu yang pemetaan topik penelitiannya sudah banyak dipelajari namun kurang mendapat perhatian, seperti apakah pendidikan seksualitas berbasis agama berhasil dalam jangka panjang, apakah diterima oleh berbagai pihak. komunitas agama, dan bagaimana cara terbaik untuk pendidikan anak usia dini. Selain itu, peneliti menggunakan beberapa konseptualisasi pendidikan seksualitas dengan melibatkan pendidik, lembaga, instansi pemerintah. Penelitian ini menunjukkan bahwa diperlukan penelitian kualitatif lebih lanjut untuk memahami pentingnya penerapan pendidikan seksualitas di lembaga berbasis agama dengan melibatkan instansi pemerintah dan pendidik untuk mengetahui bentuk praktik yang digunakan dalam penyampaian pendidikan seksualitas oleh para pendidik

 

References

Boonmongkon, P., Shrestha, M., Samoh, N., Kanchawee, K., Peerawarunun, P., Promnart, P., Ojanen, T., & Guadamuz, T. E. (2019). Comprehensive sexuality education in Thailand? A nationwide assessment of sexuality education implementation in Thai public secondary schools. Sexual Health, 16(3), 263–273.

Chandrasehgaran, M. C. A., & Ismail, H. H. (2024). The Impacts of Gamification on Student Engagement and Learning outcomes in Literature in Education: A Literature Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 14(8), 737–745. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v14-i8/22444

Chandrasekar, P., & Gurusamy, P. (2019). Role of Hinduism in Creating Awareness About Sex and Its Related Functions. Journal of Psychosexual Health, 1(2), 114–116. https://doi.org/10.1177/2631831819849363

Chapman, R. (2022). Moving beyond ‘gender-neutral’: creating gender expansive environments in early childhood education. Gender and Education, 34(1), 1–16. https://doi.org/10.1080/09540253.2021.1902485

Fajrin, L. P., Subar Junanto, & Kurniasari, D. (2020). Implementasi Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 78–87. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3873

Febriagivary, A. H. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seksualitas Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 8(2), 2021. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Gandeswari, K., Husodo, B. T., & Shaluhiyah, Z. (2020). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Orangtua Dalam Memberikan Pendidikan Seks Usia Dini Pada Anak Pra Sekolah Di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), 398–405. http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm%0A

Ismiulya, F., Diana, R. R., Na’imah, N., Nurhayati, S., Sari, N., & Nurma, N. (2022). Analisis Pengenalan Edukasi Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4276–4286. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2582

Kwirinus, D. (2022). Menyingkap Teori Seksualitas Psikoanalisa Sigmund Freud Dan Usaha Penerapannya Dalam Pendidikan Seksualitas. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 556. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.57871

Lišková, K., Jarska, N., & Szegedi, G. (2020). Sexuality and gender in school-based sex education in Czechoslovakia, Hungary and Poland in the 1970s and 1980s. History of the Family, 25(4), 550–575. https://doi.org/10.1080/1081602X.2019.1679219

Maulia, D., Rakhmawati, D., & Dewanto, F. M. (2021). Kontribusi Guru pada Pendidikan Seksualitas Anak Usia Dini. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 13(2), 234–246.

Maulia, D., Rakhmawati, D., & Dewanto, F. M. (2022). Kontribusi Guru pada Pendidikan Seksualitas Anak Usia Dini. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 13(2), 234–246. https://doi.org/10.15294/intuisi.v13i2.31846

Muslich, I. M., Ni’mah, M., & Kiromi, I. H. (2023). Pentingnya Pengenalan Pendidikan Seks Dalam Pencegahan Sexual Abuse Pada Anak Usia Dini. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 29–38.

Nila, A., Zahra Lubis, H., & Nur, S. (2022). Implementasi Pendidikan Seks Berbasis Konsep Islam Pada Anak Usia Dini Di Masa New Normal. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 42–56. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.1792

Pratiwi, H., Ismail, M., & Haida, R. N. (2023). Sexuality Education for Early Childhood: Themes, Methods, and Perceptions of Raudhatul Athfal (RA) Educators. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 35–55. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3786

Qosyasih, N. N. S., Amirullah, A., & Sari, Z. (2023). Hegemoni Maskulinitas: Konstruksi Gender pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 479–490. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3168

Utama, A. A., Hidayati, S. W., & Sari, I. F. (2022). Implementasi Pendidikan Seksual Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

Yuningsih, S. A., Wiji, R. N., & Nadia, F. (2023). Persepsi Orangtua dalam Memberikan Pendidikan Seksualitas pada Anak Usia Dini di Alumna Islamic School Pekanbaru. Healthcaring: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(2), 43–51. https://doi.org/10.47709/healthcaring.v2i2.2571

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Binantari, D., Kurniawati Sugiyo Pranoto, Y., & Diana. (2025). Implementasi Pendidikan Seksualitas PAUD Berbasis Agama: Implementation of Religion-Based Early Childhood Sexuality Education. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 7(1), 81–88. https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3491

Issue

Section

Articles