Dampak Negatif dan Positif Youtube terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (Studi Kasus di Lingkungan Pelita Kota Mataram)

The Negative and Positive Impacts of Youtube on Early Childhood Language Development (Case Study in the Pelita Environment of Mataram City)

Authors

  • Muhammad Abid Al Faqh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sigit Prasetyo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sibawaihi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Dini Septi Harianti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3505

Keywords:

Pendidikan Anak Usia Dini, Youtube, Perkembangan Bahasa

Abstract

This study aims to identify the impact of YouTube on the language development of early childhood in the Pelita area of ​​Mataram City. YouTube, as one of the most popular digital platforms, attracts not only adults but also children, who are increasingly involved in the content presented. Using a descriptive qualitative method, this study describes the conditions in the field in detail through interviews with parents and observations of children's behavior when they access YouTube content. Research shows that YouTube has a dual impact on children's language development. On the one hand, children who watch educational content tend to experience increased vocabulary, foreign language comprehension, and communication skills. However, on the other hand, children can also be exposed to indecent words and inappropriate content, which can affect the way they communicate. Therefore, parental supervision is needed so that the benefits of positive content are more optimal and the risk of negative content can be reduced.

 

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak youtube terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di lingkungan Pelita Kota Mataram. YouTube, sebagai salah satu platform digital yang paling populer, tidak hanya menarik perhatian orang dewasa tetapi juga anak-anak, yang semakin terlibat dalam konten-konten yang disajikan. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini menggambarkan kondisi di lapangan secara rinci melalui wawancara dengan orang tua dan observasi terhadap perilaku anak-anak saat mereka mengakses konten YouTube. Penelitian menunjukkan bahwa youtube memiliki dampak ganda pada perkembangan bahasa anak. Di satu sisi, anak yang menonton konten edukatif cenderung mengalami peningkatan kosakata, pemahaman bahasa asing, dan keterampilan berkomunikasi. Namun, di sisi lain, anak juga dapat terpapar kata-kata tidak senonoh dan konten kurang pantas, yang dapat memengaruhi cara berkomunikasi mereka. Karena itu, diperlukan pengawasan orang tua agar manfaat dari konten positif lebih optimal dan risiko konten negatif dapat dikurangi.

References

Adha, M. M., & Ulpa, E. P. (2021). PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK/PESERTA DIDIK DI ERA MODERN. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 90–100. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.5325

Aini Asmara, A., Yusnira, & Amalia, R. (2021). Meningkatkan Bahasa Reseptif Anak Usia 4-5 Tahun dengan Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Big Book di Kelompok Bermain Pelita Hati Ibu Sungai Pinang. In JPTR (Vol. 1).

Al-Harbi, S. S. (2019). Language development and acquisition in early childhood. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(1), 69–73. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i1.14209

Ansani, & H. Muhammad Samsir. (2022). Teori Pemodelan Bandura. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(7), 3067–3080. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i7.692

Baitur Rohmah, & Thorik Aziz. (2024). Perkembangan bahasa anak usia dini di era digital: dampak media youtube, peran pengasuhan, dan perubahan sosial. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 213–229. https://doi.org/10.24903/jw.v9i2.1796

Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516

Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). KAJIAN DAMPAK NEGATIF APLIKASI BERBAGI VIDEO BAGI ANAK-ANAK DI BAWAH UMUR DI INDONESIA. Communication, 10(1), 1. https://doi.org/10.36080/comm.v10i1.809

Dwi, A., Nasution, N., Suwarno, R., Hasibuan, H. M., Aritonang, I., & Sikumbang, A. T. (2024). Analisis Efektivitas Dakwah Channel YouTube Khalid Basalamah Official: Peran Interaksi dan Keterlibatan Audiens. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 14, 110–118.

Etnawati, S. (2022). IMPLEMENTASI TEORI VYGOTSKY TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Fakhriyah, F. N. (2020). MEDIA YOUTUBE SEBAGAI SARANA PEMEROLEHAN BAHASA B2 ANAK USIA 3-5 TAHUN (STUDI KASUS DUA ORANG ANAK). Kadera Bahasa, 12(1), 48–57. https://doi.org/10.47541/kaba.v12i1.111

Firda Aprilia, E., & Thaib, G. (2024). Dampak Screen Time Berlebih Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(11), 15–32.

Fitri, A. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi YouTube Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Raudhah, 11(2), 106. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.2026

Herdiyana, R., Lestari, R., & Bahrum, M. (2023). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN SOSIAL TERHADAP EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI. In Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Vol. 1, Issue 1).

Herminingsih, H., Nurdin, N., & Saguni, F. (2022). Pengaruh Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Perkembangan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Siswa. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu, 1, 79–84. https://kiiies50.uindatokarama.ac.id/

Kartini, Elisa Damayanti, Nadya Dwi Ananda, Shafira Putri Zharifa, Nur Aida Nabila, Lia Zuraida, & Hafiz Mansyur. (2024). Memahami Dampak Media Sosial terhadap Komunikasi Interpersonal: Pendekatan Teori Komunikasi. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(1), 52–59. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i1.1423

Maharani, D., & Budiarti, E. (2022). Pengaruh Media Digital & Mutu Perangkat Terhadap Kemampuan Bahasa Pada AUD Melalui Konten Youtube. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(03), 429–434. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.240

Mudianti, H., & Cahyo, E. D. (2024). ANALISIS DAMPAK TAYANGAN YOUTUBE TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 6(2), 30–43. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v6i2.433

Nihwan, & Mudianti, H. (2023). Analisis Dampak Tayangan YouTube Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. In Journal of Early Childhood Studies (Vol. 1, Issue 1).

Panjaitan, P. U., Sulistia, I., Nuraini, I., & Noviyanti, S. (2023). Pengaruh Aplikasi Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Journal Of Social Science Research, 3, 7453–7460. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Permata, A. P., Sayekti, T., & Rusdiyani, I. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Raudhah, 11(2), 190. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.3047

Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 159–172. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.589

Ramadhini, F., Tanjung, R., Sari, D. M., & Dalimunthe, E. M. (2023). PERAN GURU DAN ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS III SD NEGERI 153071 SIBABANGUN KABUPATEN TAPANULI TENGAH. PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 1(2), 122–133. https://doi.org/10.56832/pema.v1i2.177

Rhamadanty, T., & Ulum, M. (2024). Language Development in Early Childhood: Psycholinguistic Approaches to English Language Education. Foremost Journal, 5(1), 48–58. https://doi.org/10.33592/foremost.v5i1.4575

Siska Anggraini, E. (2021). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain. Bunga Rampai Usia Emas, 7(1), 2502–7166.

Suhartining, Winda Fauzia, & Ramadha Tsulatsi Hajar. (2022). Perkembangan Bahasa Aud Dan Praktek Permainan Bahasa Anak. AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 98–103. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.584

Wati, N. S. (2018). PENGARUH STIMULASI MENDENGARKAN LAGU DAN BERNYAYI TERHADAP PERKEMBANGAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 75. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i1.1081

Yuliarsih, T., Santosa, S., & Mutiansi, D. (2024). KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR, PADA FISIK-MOTORIK, KOGNITIF, BAHASA, DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Pendas:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9, 328–6.

Yus, A. A., & Saragih, P. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1509–1517. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3186

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Muhammad Abid Al Faqh, Sigit Prasetyo, Sibawaihi, & Dini Septi Harianti. (2025). Dampak Negatif dan Positif Youtube terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (Studi Kasus di Lingkungan Pelita Kota Mataram): The Negative and Positive Impacts of Youtube on Early Childhood Language Development (Case Study in the Pelita Environment of Mataram City). Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 7(1), 57 – 64. https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3505

Issue

Section

Articles