Manfaat Metode Pembelajaran Kewirausahaan dalam kegiatan Market days dapat Membangun Keterampilan Sosial Anak Usia Dini di PAUD

Benefits of Entrepreneurship Learning Methods in Market Days Activities Can Build Early Childhood Social Skills in PAUD

Authors

  • Mutia Lembayun Universitas Pendidikan Indonesia
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syifa Faujiyah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3533

Abstract

This research aims to examine the benefits of entrepreneurial learning methods through Market Day activities on the development of early childhood social skills in PAUD. Market Day activities are intended to allow children to interact, negotiate and cooperate with peers, which are important social skills. The research method applied is library research, by collecting relevant data and information from various sources, such as books, journals, encyclopedias, documents, magazines, and so on. The research results indicated that Market Day activities significantly improved communication skills, increased self-confidence, and strengthened cooperative attitudes among children. In addition, children also show progress in negotiation skills and basic understanding of business concepts. This research aims to build children's social skills in PAUD through Market days activities. This research concludes that the application of entrepreneurial learning methods through Market Day activities is effective in improving the social skills of young children, which can be the basis for the development of their character and entrepreneurial abilities in the future.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manfaat metode pembelajaran kewirausahaan melalui kegiatan Market Day terhadap pembangunan keterampilan sosial anak usia dini di PAUD. Kegiatan Market Day dimaksudkan untuk memungkinkan anak-anak berinteraksi, bernegosiasi, dan bekerja sama dengan teman sebaya, yang merupakan keterampilan sosial yang penting. Metode penelitian yang diterapkan yaitu penelitian kepustakaan atau library research, dengan mengumpulkan data dan informasi yang relevan dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal, ensiklopedia, dokumen, majalah, dan lain sebagainya. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kegiatan Market Day secara signifikan memperbaiki kemampuan komunikasi, meningkatkan rasa percaya diri, dan memperkuat sikap kerjasama di antara anak- anak. Selain itu, anak-anak juga menunjukkan kemajuan dalam kemampuan negosiasi dan pemahaman dasar mengenai konsep bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk membangun keterampilan sosial anak di PAUD melalui kegiatan Market days. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kewirausahaan melalui kegiatan Market Day efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini, yang dapat menjadi dasar bagi perkembangan karakter dan kemampuan kewirausahaan mereka di masa depan.

References

Asri Windarsih, C. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Ke-Cerdasan Intrapersonal Melalui Kegiatan Market Day. Jurnal Ceria ( Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 2714–4107.

Halim, S., Wahid, R., & Halim, T. (2018). Classroom Observation- a Powerful Tool for Continuous Professional Development (Cpd). International Journal on Language, Research and Education Studies, 2(2), 162–168. https://doi.org/10.30575/2017/ijlres-2018050801

Igamo, A. M., Azwardi, A., Yulianita, A., Sari, D. D. P., & Marissa, F. (2023). Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship melalui Kegiatan Market Day Bagi Anak Usia Dini di Kota Palembang. AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 8–19. https://doi.org/10.59431/ajad.v3i3.210

Lokita Purnamika Utami, I. G. A., Saukah, A., Cahyono, B. Y., & Rachmajanti, S. (2017). Levels of involvement in the english teachers’ CPD (Continuous Professional Development): The degree of professional enthusiasm. Journal of Asia TEFL, 14(2), 336–345. https://doi.org/10.18823/asiatefl.2017.14.2.10.336

Novita, D., Astuti, L. S., & Hikmah, R. (2023). Pengaruh Kegiatan Market Day dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Mata Uang pada Siswa TK Al-Barkah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 3.

Rifki, M. (2008). Pengaruh Rasa Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Islam Almaarif Singosari Malang. Skripsi, UIN Malang, 1, XVI. http://etheses.uin-malang.ac.id/4134/1/03160015.pdf

Saputri, O. (2023). Kemampuan Berkomunikasi Sebagai Indikator Keberhasilan Lobi dan Negosiasi. June, 1–2.

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Lembayun, M., Risbon Sianturi, & Syifa Faujiyah. (2025). Manfaat Metode Pembelajaran Kewirausahaan dalam kegiatan Market days dapat Membangun Keterampilan Sosial Anak Usia Dini di PAUD: Benefits of Entrepreneurship Learning Methods in Market Days Activities Can Build Early Childhood Social Skills in PAUD. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 7(1), 113–117. https://doi.org/10.35473/ijec.v7i1.3533

Issue

Section

Articles